√ Anak Sulit Konsentrasi Saat Belajar? Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasinya ...

Umumnya Anak-anak akan mengalami kesulitan untuk konsentrasi dalam memahami sesuatu, terutama pada materi pelajaran sekolah. Hal ini biasa terjadi bukanlah tanpa alasan. Namun Ada beberapa penyebab yang menjadikan anak menjadi kesulitan berkonsentrasi.

Apa sajakah penyebab anak tidak bisa konsentrasi?
Berikut dibawah ini akan dijelaskan 5 penyebab anak kesulitan berkonsentrasi dan tips cara meningkatkan konsentrasi anak.


5 Penyebab Anak Sulit Konsentrasi
Anak-anak yang mengalami kesulitan berkonsentrasi dipengaruhi oleh banyak faktor. Orang tua sebaiknya bisa mengidentifikasi anak kesulitan konsentrasi sejak usia dini agar lebih mudah mencari jalan keluarnya.

Berikut ini terdapat 5 penyebab anak sulit berkonsentrasi ialah:

1. Asupan Makanan
Asupan makanan bisa memengaruhi daya konsentrasi anak. Sebab, Anak bisa mengalami penurunan fungsi kognitifnya apabila mengkonsumsi makanan yang rendah nutrisi.

Sebaiknya, hindari anak mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula, garam, makanan dengan bahan pewarna, makanan siap saji dan makanan yang sejenisnya.

Lebih baiknya lagi, Apabila orangtua selalu membiasakan anak-anak untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran serta air putih.

2. Tekanan Emosi
Tekanan emosi yang sering dialami oleh anak juga bisa mengganggu daya konsentrasinya dalam proses belajar. Jadi, orangtua harus bisa mengetahui kondisi keseharian anak, termasuk pada mood mereka.

3. Elektronik
Munculnya berbagai macam elektronik misalnya seperti TV, gadget, ipad dan yang lainnya, apabila digunakan selama berjam-jam setiap harinya juga bisa memecah daya konsentrasi anak dalam belajarnya. Selain itu bisa melemahkan memori otak anak.

Orang tua harus bisa menyediakan cara alternatif untuk bermain anak, misalnya seperti buku cerita yang menarik, atau bisa juga alat-alat menggambar yang bisa menarik perhatian anak.

4. Kurang Tidur
Menurut penelitian, anak-anak yang dimalam harinya kurang tidur akan memiliki perilaku yang buruk di siang harinya. Hal ini tentu saja berpengaruh pada penurunan daya konsentrasinya.

Pada saat anak kurang tidur dimalam hari, maka jaringan otak anak akan berjalan lebih keras untuk melakukan perlawanan terhadap efek dari rasa kantuk akibat kurang tidurnya. Akibatnya otak anak akan menjalankan fungsinya yang lain sehingga menjadi kurang efektif.

5. Suasana yang Gaduh
Sebaiknya orangtua harus bisa membebaskan rumah dari suara bising yang dapat menurunkan daya konsentrasi anak.

Berikanlah anak belajar dengan suasana yang menyenangkan. Usahakan juga agar anak belajar di tempat yang lebih tenang dan memiliki cukup cahaya.

Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak
Setelah bunda mengetahui penyebab anak sulit untuk berkonsentrasi, yang selanjutnya ialah bunda juga harus mengetahui cara mengatasinya.

Ada beberapa cara yang bisa bunda terapkan pada anak untuk meningkatkan daya konsentrasinya.

1. Fokuskan Pada Satu Tugas Terlebih Dulu Dan Batasilah Penggunaan Gadget ataupun elektronik lainnya
Agar anak mudah untuk berkonsentrasi, biarkanlah ia fokus pada satu tugas terlebih dulu pada hari itu, dan batasilah penggunaan gadget ataupun penggunaan elektronik lainnya. Jika perlu hindarkan gadget/smartphone ketika anak sedang belajar.

Jangan biarkan anak bunda mengerjakan tugas yang dirasa sulit. Kerjakanlah pada soal-soal yang lebih mudah dahulu.

Jika terpaksa membutuhkan akses internet, maka bunda bisa mengawasi anak di sampingnya.

2. Luangkan Waktu Untuk Istirahat-Nya
Sebaiknya, selingi kesibukan anak dalam belajar dengan kegiatan-kegiatan bermain yang menyenangkan agar anak tidak terlalu stres.

Bunda bisa mengajak anak untuk berjalan-jalan keluar ruangan sekitar 10 menit. Atau bisa juga menyediakan makanan atau camilan dan minuman favorit anak.

3. Jadwalkan Tidur Secara Teratur
Konsentrasi bisa maksimal apabila istirahatnya cukup. Dengan begitu, sebaiknya berikanlah waktu tidur anak yang cukup.

Jangan sampai anak bunda mengalami kurang tidur, apalagi jika tidurnya setiap hari tidak teratur.

4. Mengkonsumsi Makanan Sehat
Berikanlah kepada anak dengan makanan yang sehat. Berikan juga asupan makanan bernutrisi seimbang. Sebab rasa lapar adalah salah satu penyebab konsentrasinya hilang.

Ada berbagai jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi anak yaitu seperti bayam, wortel, buah-buahan dan juga sayuran hijau.

Itulah ulasan penyebab anak sulit konsentrasi dan cara menatasinya.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2