√ Cara Mengatasi Anak Keseringan Bermain Gadget / Handphone

Anak bunda sangat lengket dengan gadget? Nah, Di artikel ini akan membahas tips cara agar anak tidak lengket dengan gadget atau (trik agar anak tidak ketergantungan bermain gadget).

Pada saat ini, Gadget memang menjadi salah satu kebutuhan primer yang tidak bisa ditinggalkan dalam kegiatan sehari-hari.

Bahkan, tidak hanya orang dewasa saja yang suka memainkan gadget. Anak-anak pun sudah banyak bermain gadget hingga lupa waktu, karena kebanyakan dari mereka diberikan fasilitas gadget oleh orangtuanya.

Fenomena saat ini, sudah banyak anak-anak yang menjadi rewel ketika dilarang untuk memainkan gadget-nya. Padahal, para peneliti sudah sering menegaskan bahwa gadget sangat berdampak untuk anak-anak usia dini.

Apa sajakah bahayanya? dan bagaimanakah trik agar anak tidak lengket dengan gadget-Nya?
Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut ini:


Dampak Bahaya Gadget untuk Anak Usia Dini
1. Anak Sulit Tidur
Bahaya yang paling umum dari gadget ialah anak menjadi sulit tidur. Hal ini di sebabkan karena gadget mengeluarkan sinar blue light yang bisa membuat otak anak menjadi bingung karena gadget mengirimkan sinyal cahaya seperti di siang hari. Akibatnya anak akan kesulitan tidur karena terpengaruh oleh sinar tersebut.

2. Kurang Gerak
Bahaya selanjutnya yang paling umum terjadi ialah anak menjadi malas bergerak. Padahal anak-anak sangat membutuhkan kondisi tubuh untuk selalu aktif bergerak agar melatih fisik tubuhnya menjadi kuat.

Apabila anak-anak sudah sering memainkan gadget, maka mereka cenderung lebih banyak duduk daripada bergerak. Akibatnya anak-anak justru bisa terancam obesitas, merasa sakit dibagian tertentu dan lain-lain sebagainya.

3. Konsentrasi Anak Menjadi Pendek
Dampak selanjutnya yang sering terjadi pada anak ialah ia akan kesulitan untuk berkonsentrasi.

Umumnya, Konsentrasinya tergantikan oleh banyak fitur yang ada didalam gadget karena terbayang ingin segera memainkannya kembali.

Tentu saja, Konsentrasi yang pendek ini sangat merugikan anak-anak ketika menerima pelajaran disekolah karena terganggu adanya fikiran pada fitur gadget.

Untuk membaca lebih dalam tentang dampak gadget silakan simak di tautan bawah ini:
>> Inilah 5 Dampak Fatal Jika Anak Keseringan Bermain Game
>> 14 Dampak Buruk Jika Anak Keseringan Bermain Handphone / Gadget

Selanjutnya bagaimanakah cara mengatasi anak ketergantungan bermain gadget?
Berikut dibawah ini ada 7 trik agar anak tidak lengket bermain gadget yang bisa bunda terapkan:

1. Alihkan Anak Untuk Bermain Bersama
Cara pertama, Ajaklah anak untuk bermain bersama di halaman rumah ataupun tempat terbuka.

Temani anak untuk bermain sesering mungkin supaya anak bisa melupakan gadget-Nya. Meskipun tidak sepenuhnya bisa terlepas, namun cara ini bisa mengurangi anak bermain gadget yang perlu bunda lakukan.

2. Kenalkan Buku Yang Menarik Perhatian
Cara kedua, bunda bisa kenalkan buku yang dapat menarik perhatian anak, misalnya buku berwarna dan didominasi oleh gambar-gambar lucu yang di sukai oleh anak.

Sebaiknya, Kenalkanlah kepada anak dengan gambar-gambar yang ada didalam buku, dan ajaklah anak bermain tebak-tebakan.

Apabila cara ini sering dilakukan, maka bisa membuat anak menjadi lebih gemar membaca buku daripada bermain gadget.

3. Menonton Acara Favoritnya
Apabila si kecil terus merengek meminta bermain gadget, maka bunda bisa mengajaknya untuk menonton acara favoritnya, misalnya seperti film kartun kesukaanya. Dalam hal ini, sebaiknya bunda ikut menonton acara tersebut bersama anak. dan pastikanlah rengekannya tersebut reda.

Biasanya anak akan Larut dalam acara yang di tonton, apalagi jika film itu adalah kesukaanya, Semakin lama bunda menemani anak, maka ia akan teralihkan perhatiannya dari gadget.

4. Jauhkan Gadget dari Penglihatannya
Cara yang selanjutnya ialah letakan gadget di tempat yang jauh dari jangkauan anak, tantu agar anak tidak bisa melihatnya. Tujuan ini adalah supaya anak tidak bisa mengambilnya kembali. Jadi, ketika gadget jauh dari penglihatan anak, maka ia akan lebih memilih mainan yang lainnya.

Apabila si kecil terus menangis meminta bermain gadget, ajaklah ia bermain di luar ruangan atau bujuklah ia supaya tidak menangis lagi dengan mainan kesukaannya. Atau bunda juga bisa mengajaknya untuk menemukan kesenangan baru pada mainan yang lain-Nya.

5. Ajak Anak Mencari Teman
Cara selanjutnya, Ajaklah anak untuk mencari teman-temannya. Bunda bisa mengajak anak untuk keluar ke rumah tetangga yang memiliki anak kecil. Biarkanlah mereka bermain bersama-sama dengan memberikan pembicaraan kecil dan mainan yang menarik.

6. Lepas Baterai
Langkah selanjutnya, bunda bisa mencabut baterai gadget apabila anak keseringan bermain gadget tanpa ingat waktu.

Cara ini sangat ampuh apabila anak tidak mengetahui, bahwa bunda telah mencabut baterainya. Karena gadget dalam kondisi mati setelah baterai di lepas, bunda juga harus memberikan penjelasan kepada anak "bahwa Gadgetnya mungkin lelah" atau "rusak". Alasan tersebut sangat perlu bunda terapkan apabila berbagai cara sudah di lakukan.

7. Jangan Bermain Gadget Di Depan Anak
Penyebab anak ingin memainkan gadget, karena anak terlalu sering melihat orang-orang terdekatnya sibuk dengan gadget-Nya. Hal ini tentu bisa membuat anak merasa ingin memiliki bahkan ingin bermain dengan gadget daripada bermain dengan teman ataupun mainan-nya. Sebaiknya, bunda ataupun ayah tidak memainkan gadget saat bersama anak.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi anak ketergantungan bermain gadget.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Cara Mengatasi Anak Keseringan Bermain Gadget / Handphone"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2