√ Cara Melatih Anak Mengenal Warna Dengan Cara Menyenangkan

Bagi orang dewasa dalam mengetahui perbedaan warna antara merah, biru dan kuning merupakan suatu hal yang sangat mudah, akan tetapi bagi anak-anak hal ini merupakan langkah yang sulit bagi mereka ketika baru memulai mengenal warna.

Proses pembelajaran mengenalkan warna sejak usia dini pada anak memang harus diperkenalkan, pastinya agar dalam masa perkembangannya bisa bertahap dengan baik. Dalam hal ini peran orang tua sangat diperlukan.

Cara Mengajari Anak Mengenal Warna Dengan Cara Menyenangkan
Dalam mengenalkan warna bagi anak melalui permaian, tentu akan menarik minat anak, berikut merupakan kegiatan yang bisa bunda ajarkan untuk mengenalkan warna pada anak:

1. Permainan mencari benda sesuai dengan warnanya
Dalam kegiatan ini bunda perlu menyiapkan sebuah kertas ataupun mangkuk dengan berbagai warna, bisa juga menyediakan matras dengan bermacam-macam warna.


Jika hal ini telah siap, bunda bisa mengajak anak untuk mulai bermain.

Untuk kertas yang ukurannya kecil ataupun wadah-wadah yang tidak berukuran besar, bunda bisa meminta anak untuk mencocokan benda yang telah bunda siapkan, misalnya kancing-kancing, bola-bola kecil atau benda lainnya sesuai dengan warna pada kertas ataupun mangkuk.

Jika bunda bisa menyediakan matras dengan berbagai warna, bunda bisa mengajak anak untuk bermain mengambil barang-barang yang ada di sekitar rumah dan mencocokannya dengan warna yang ada pada matras.

Permainan ataupun kegiatan ini akan membuat anak mengenal warna, dikarenakan ia harus bisa menyesuaikan antara benda yang telah diambilnya dengan warna yang ada di kertas, mangkuk ataupun matras.

2. Membuat susunan makanan sesuai warnanya
Pada masa perkembangannya, anak memang harus diajarkan tentang warna. Orang tua bisa memulai mengenalkan warna dari berbagai kegiatan sederhana.

Pembelajaran mengenai warna juga tidak hanya diajarkan ketika bermain saja, akan tetapi bunda bisa mengenalkan warna ketika bunda berada di dapur.


Saat mengenalkan warna di dapur, bunda bisa mengajak anak agar memilah buah ataupun sayuran kedalam sebuah kelompok warna. Setelah itu ajaklah anak untuk memotong buah-buahan ataupun sayuran tersebut sesuai dengan warnanya masing-masing.

Hal ini merupakan cara cerdas untuk bunda dalam mengenalkan warna pada anak, selain itu anak akan mengetahui macam-macam makanan sehat yang harus di konsumsinya.

3. Belajar untuk memilah warna pada permen jelly bean



Setiap anak-anak pasti senang ya bun jika diberikan permen.

Dari sebuah permen yang telah kita belikan untuknya, anak bisa kita ajarkan mengenai warna. Jelly bean merupakan permen yang memiliki banyak warna, warna yang ada dalam permen ini juga bisa dipakai untuk mengenalkan berbagai jenis warna-warna pada anak.

Bunda bisa meminta kepada anak untuk mengelompokkan jelly bean kedalam beberapa kelompok warna.

Buatlah hal ini menjadi suatu permainan yang seru agar anak menjadi semakin tertarik.

4. Menyortir berbagai benda
Setiap benda yang ada, tentu memiliki sebuah warna yang berbeda-beda. akan tetapi ketika dikumpulkan ataupun dikelompokkan pasti terdapat benda yang memiliki warna yang serupa. Bunda bisa mengumpulkan beberapa atau berbagai benda dengan warna yang serupa agar bisa dijadikan sebuah permainan untuk anak.


Berikanlah sebuah panduan peraturan pada anak, lalu mulailah bermain. Dengan kegiatan seperti ini, anak akan merasa tertantang ketika ia bermain dan memulai untuk mengumpulkan berbagai benda sesuai dengan kelompok warna-warnanya.

Bagaimana bun, tertarik untuk mencoba dan bermain dengan anak dengan berbagai permaian atau kegiatan yang telah dijelaskan diatas. Selamat mencoba yaa bun..

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2