√ Cara Melatih Anak Mengenal Huruf Dan Angka Sejak Usia Dini

Mengajarkan anak tentang huruf dan angka membutuhkan banyak kesabaran, terutama bagi anak ketika memasuki masa usia dini. Akan tetapi bunda tidak perlu khawatir.

Rasa ingin tahu pada anak dan pembelajaran yang menyenangkan akan membuatnya bisa mengingat huruf alfabet dan angka-angka dengan mudah.

Kapankah anak mulai belajar?

Bunda tidak perlu terburu-buru untuk mengenalkan alfabet pada anak yang masih kecil. Bunda bisa mulai mengenalkan pada anak tentang huruf ketika menginjak usia 3 tahun ataupun ketika bunda merasa anak telah siap.

Akan tetapi, ketika anak belum menunjukkan bahwa dirinya tertarik untuk mempelajari alfabet ataupun angka, sebaiknya bunda tidak perlu khawatir dan jangan memaksakannya. Karena beberapa anak biasanya mulai mengucapkan huruf-huruf alfabet ataupun angka ketika mereka berusia sekitar 4 tahun bahkan lebih.


1. Cara Mengenalkan Huruf Alfabet Pada Anak
Cara yang paling efektif ketika mengenalkan alfabet salah satunya dengan kegiatan bermain dan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Berikut dibawah ini merupakan aktivitas yang dapat bunda lakukan:

A. Mengenalkan melalui buku, bercerita dan lagu-lagu
Mengenalkan alfabet dan angka bukan berarti bunda langsung menunjukkan huru A,B,C, dan seterusnya. Mulailah ajarkan anak dengan cara sederhana contohnya membacakan buku, bercerita, dan menyanyikan lagu anak-anak.

Ketiga hal tersebut merupakan persiapan awal yang baik bagi anak ketika bertambah usia serta telah siap untuk belajar membaca dan menulis.

Ketika membacakan sebuah buku, mintalah anak menceritakan bagian manakah yang menjadi favoritnya. Serta bunda bisa melakukan tanya jawab pada anak mengenai cerita yang telah dibacakan. Ketika bercerita gunakanlah intonasi suara yang berbeda-beda untuk dapat menarik perhatian anak.

B. Menggunakan nama anak
Ajarkanlah anak tentang namanya. Tuliskan nama anak dengan jelas dengan menuliskan huruf-huruf yang ada dalam nama tersebut satu persatu. Cara lainnya dengan menggunakan huruf yang berupa hiasan alfabet ataupun kartu alfabet. Tempelkan nama anak di depan kamarnya (bisa di pintu kamar) serta sebutkan satu persatu susunan huruf tersebut.

C. Bernyanyi
Dengan mengajarkan melalui lagu dan mengajak anak untuk bernyanyi akan membuat anak lebih cepat mengingat melalui bunyi kata atau huruf yang didengarnya. Contohnya seperti berikut di bawah ini:

Ketika mengenalkan alfabet bisa mengenalkan dengan lagu berirama seperti ABC, A untuk apel A A  A, B untuk Bola B B B, C untuk cacing C C C dan seterusnya.

D. Memanfaatkan benda-benda yang ada disekitarnya
Mengenalkan huruf melalui tulisan yang ada di sekitar anak, seperti huruf yang ada di kotak susu ataupun sereal favoritnya, huruf yang ada di toko-toko, ataupun tempat lainnya.

2. Cara Mengenalkan Angka Pada Anak
Mengenalkan angka bisa menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan untuk anak. Berikut dibawah ini beberapa kegiatan yang dapat bunda lakukan agar anak mudah dalam mengingat angka.

A. Lagu dengan tema angka
Tidak hanya lagu alfabet, ada juga lagu yang bisa digunakan untuk dapat mengenalkan angka. Menyanyikan lagu mengenai angka seperti sayang semuanya dan lagu lainnya. Ketika bernyanyi, tunjukkanlah jari yang sesuai dengan tiap angka yang disebutkan.

B. Menghitung benda sambil jalan-jalan
Saat sedang berjalan-jalan hitunglah benda yang terlihat oleh anak, seperti pepohonan, rumah-rumah, ataupun hal lainnya.

C. Mengenalkan ketika melakukan aktivitas
Saat sedang mengajak anak untuk membereskan mainannya, mintalah anak untuk menghitung mainan-mainannya tersebut sambil memasukkannya kembali pada tempatnya. Meski hal ini terlihat sederhana akan tetapi kegiatan ini dapat dilakukan berulang-ulang dan bisa melatih kemampuan kognitif anak.

Bukan hanya mainan yang dapat bunda ajarkan, bunda bisa juga mengajarkan ketika bunda sedang menjemur pakaian. Mintalah anak untuk menghitung bersama baju-baju yang telah dijemur.

D. Menghitung ketika berbelanja
Ketika bunda mengajak anak untuk berbelanja, mintalah anak untuk mengambilkan 5 buah jeruk atau 3 bungkus snack favoritnya. Dengan kegiatan ini bunda tidak hanya mengajarkan anak tentang angka, akan tetapi bunda mengajarkan anak tentang tanggung jawab.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2