√ Cara Jitu Mengajarkan Anak Tidur Di Kamarnya Sendiri

Ketika anak mulai menginjak umur enam tahun, berarti sudah saatnya untuk bunda mulai menasihati ataupun mengajarkan kepada anak untuk bisa tidur sendiri. Terlebih lagi, rasulullah juga telah mengarahkan agar anak yang telah berusia tujuh tahun, maka ruang kamarnya harus dipisahkan dengan orangtuanya.

Cara menasehati anak agar mulai tidur dengan sendiri dikamarnya tidaklah mudah, terlebih lagi apabila anak yang selalu bersama kedua orangtuanya. Pada dasarnya untuk anak yang sudah terbiasa tidur dengan kedua orangtuanya dari bayi hingga mereka berusia 3-4 tahun, akan sulit bagi mereka terlepas untuk tidur sendiri di kamar.

Sebagian anak ketika ia baru memulai untuk tidur di kamar, ia akan menemui banyak kesulitan. Seperti ketika ia terbangun malam hari dan mulai mencari orang tuanya, ia mulai menangis karena merasa takut, dan berbagai hal lainnya.


Cara Melatih Anak Tidur Di Kamarnya Sendiri
Direktur Yale Pediatric Sleep Center, menerangkan bahwa beberapa cara untuk bisa menasehati dan mengajarkan anak agar memulai tidur di kamar sendiri ialah seperti berikut ini:

a. Melakukan pelatihan dan percobaan untuk tidur sendiri
Ketika kita memulai untuk mengajarkan kepada anak agar tidur sendiri bisa dilakukan melalui sebuah latihan terlebih dahulu. Latihan ini dapat dimulai dengan tidur siang di kamarnya.

Percobaan yang pertama, mari ajak anak agar tidur di kamarnya ketika waktu jam tidur di siang hari. Temanilah ia hingga terlelap, setelah itu tinggalkanlah ia ketika dalam keadaan tertidur dengan pulas. Dan lihatlah seberapa lamakah ia bisa bertahan tidur di kamarnya hingga ia terbangun.

Hal ini bisa dilakukan pada anak berulang kali, hingga ia merasa terbiasa untuk tidur siang di kamarnya sendiri. Setelah itu barulah, melatih anak untuk tidur malam di kamarnya sendiri. Dan lakukanlah hal serupa seperti mengajarkan pada saat tidur siang, dengan menemaninya hingga ia terlelap kemudian lihatlah seberapa lamakah ia bisa bertahan.
.
Dengan melakukan hal ini akan membantu anak mulai terbiasa dengan tidur sendiri dikamarnya. untuk mengajarkan anak agar mau tidur sendiri dikamarnya memang sangat melelahkan. Akan tetapi, semua ini akan terbayar ketika kita melihat ia berhasil tidur sendiri dikamarnya tanpa adanya sebuah kendala.

b. Memberikan waktu untuk anak mulai terbiasa
Setelah berhasil melalukan latihan serta percobaan agar ia tidur sendiri, cara lainnya ialah memberikan sebuah waktu jeda pada anak. Waktu jeda ini berupa pemberian waktu pada anak untuk ditemani di kamarnya.

Saat telah masuk pada waktu anak untuk belajar tidur malam sendiri di kamarnya, berilah waktu untuk anak agar mulai terbiasa di kamarnya. Bunda dapat menemaninya sebelum waktu tidurnya tiba, serta buatlah suasana kamar menjadi menyenangkan untuknya.

Cara ini tentu bisa membuat anak terbiasa tidur sendiri secara teratur dan tepat. Saat telah masuk waktu tidurnya, sebaiknya bunda jangan meninggalkannya begitu saja di kamar. Akan tetapi berilah waktu jeda untuknya agar membiasakan diri dengan suasana barunya.

Temanilah ia sejenak saja di dalam kamar, dan lihatlah apakah ia telah terlelap ataukah belum. Selain itu jangan lupa untuk memberitahu padanya, “jam 08:00 nanti lampunya dimatikan yaa” ataupun “jam 08:30, nanti bunda keluar sebentar yaa” atau bisa juga hal-hal lainnya. Akan tetapi inti dari hal ini ialah, janganlah bunda meninggalkan anak di dalam kamar tanpa memberitahukan padanya terlebih dahulu, karena hal ini bisa membuat anak ketakutan bahkan membuat anak trauma.

c. Jangan lupa dengan kata permisi
Mengajarkan anak untuk bisa tidur sendiri sangatlah cocok diajarkan pada anak yang sedikit rewel yaitu bisa dimulai seperti cara-cara diatas dengan menerapkan tidur siang hari, kemudian dilanjutkan dengan malam hari. Akan tetapi ketika cara diatas tidak berhasil, bunda bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

Latihlah anak agar mau tidur sendiri di kamar dengan cara meninggalkannya dalam waktu yang singkat. Selain itu, mintalah izin kepada anak terlebih dahulu pada saat melatih anak untuk tidur sendiri.

Contohnya, ketika pukul 08:00 ia harus sudah tidur, maka mari kita ajak anak untuk bisa tidur di kamarnya sekitar pukul 07:30 serta tidak lupa untuk membuat suasana hati anak merasa senang.

Sebelum jam menunjukkan pukul 08:00, mintalah izin pada anak untuk sekedar keluar kamar dengan sebentar, seperti bunda pergi ke kamar mandi ataupun mengangkat sebuah telepon. Akan tetapi perlu diperhatikan, bunda harus kembali ke kamar anak serta jangan terlalu lama meninggalkan anak ketika melatih anak.

Lakukanlah cara ini secara berulang kali, sampai anak mulai terbiasa. jangan lupa untuk selalu memberikan pujian pada anak ketika ia tidak menangis saat anak bunda meninggalkan kamarnya.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Cara Jitu Mengajarkan Anak Tidur Di Kamarnya Sendiri"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2