√ 9 Cara Melatih Keterampilan Sosial Anak Yang Perlu Di Terapkan Sejak Usia Dini

Pendidikan yang tak kalah pentingnya ialah melatih keterampilan sosial anak. Keterampilan sosial pada anak perlu dipupuk sejak usia dini, mengingat dalam kehidupan sehari-hari kita bergantung pada orang lain (makhluk sosial).

Setiap orang tua harus memberikan pemahaman pada anak mengenai pentingnya keterampilan sosial saat anak sudah berbaur dengan teman-teman ataupun orang lain di sekitarnya.

Berikut ini akan dijelaskan tentang beberapa cara yang bisa orangtua lakukan untuk melatih keterampilan sosial anak. Tetapi sebelum itu, bunda juga perlu memahami apa pengertian dari keterampilan sosial itu sendiri.

Pengertian Keterampilan Sosial
Keterampilan sosial ialah salah satu bentuk dari sosialisasi yang cukup penting dimiliki oleh setiap anak-anak di usia dini. Kata lain dari keterampilan sosial itu ialah sebuah interaksi sosial yang dilakukan oleh orang lain yang didalamnya tersebut mengandung suatu pelatihan.

Tujuan dari pelatihan ini ialah untuk mengajarkan anak untuk melakukan interaksi dengan orang lain. Sebab, keterampilan sosial dalam kehidupan sehari-hari sangat penting dimiliki oleh setiap anak agar nantinya bisa hidup menjadi orang yang bersosialisasi dan harmonis.


Cara Melatih Keterampilan Sosial Anak
Ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk melatih keterampilan sosial anak sebagai berikut ini:

1. Lakukan pembinaan dengan Orang Lain
Berikanlah pembinaan tentang cara berkomunikasi yang baik agar anak mampu bersosialisasi baik dengan orang lain dan sekitarnya.

Ajarkan juga pada anak tentang bagaimana seharusnya ia lakukan terhadap orang-orang yang lebih dewasa, teman seusianya ataupun terhadap anak-anak yang lebih muda darinya.

2. Kenalkan Anak Dengan Emosi Yang Baik
Selanjutnya, ajarkan pada anak untuk bisa mengenali emosinya sendiri sejak usia dini.

Setiap anak perlu memahami emosinya sendiri agar ia lebih mengetahui tentang pengendalian yang harus dilakukannya. Pengenalan dan pengendalian emosi ini bertujuan agar anak bisa bersikap baik terhadap lingkungannya.

3. Pengenalan Diri
Pengenalan diri tentu sangat diperlukan oleh setiap anak agar ia bisa menjalin hubungan sosial yang baik di lingkungan masyarakat.

Sebaiknya, setiap orangtua harus bisa mengajarkan anak untuk mengenali berbagai macam identitas yang dimiliki oleh anak. Misalnya yaitu seperti mengetahui namanya, nama orangtuanya, tempat tinggalnya, saudaranya dan juga identitas penting yang lainnya.

4. Mengajarkan Rasa Empati
Latihlah anak agar ia memiliki rasa empati terhadap orang lain dan juga lingkungan sekitarnya.

Melatih keterampilan sosial pada anak untuk bisa berempati sangatlah penting. Sebab, dengan rasa empati maka anak akan lebih menghargai orang lain dan juga perasaan diri sendiri. Selain itu, rasa empati juga bisa mencegah adanya kesalahpahaman terhadap orang lain dan sekitarnya.

5. Kenalkan Rasa Simpati
Rasa simpati merupakan salah satu keterampilan sosial yang sangat penting dan harus dipupuk pada anak sejak usia dini.

Perasaan simpati ini pada umumnya dipengaruhi oleh rasa iba dan rasa belas kasih terhadap orang lain. Hal inilah yang harus dimiliki oleh setiap anak agar kelak besar nanti sudah terbiasa memiliki rasa simpati.

6. Memberi Pemahaman Sikap Positif
Agar anak memiliki keterampilan sosial yang baik, setiap orangtua perlu memberikan penanaman sikap positif pada anak sejak usia dini.

7. Latih Anak Untuk Menolong Sesama
Ajarkan anak agar ia tolong-menolong terhadap sesama. Dengan mengajarkan sikap menolong sesama tentunya bisa menumbuhkan kesadaran dalam diri anak tentang pentingnya rasa kepedulian sosial.

8. Mengajarkan Anak Untuk Berbagi
Mengajarkan anak untuk berbagi sejak usia dini juga sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya ialah agar anak memiliki rasa kebersamaan. Jadi, pada nantinya anak akan belajar mementingkan orang lain dan tidak hanya mementingkan kepentingan dirinya sendiri saja. Dan pada nantinya anak juga akan memiliki sifat pemurah dan sifat saling bertenggang rasa terhadap orang lain.

9. Rasa Bersaing
Selanjutnya, ajarkan anak untuk memahami rasa bersaing dalam kegiatan yang bermanfaat.

Hal ini bertujuan agar anak bisa melihat kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya. Bunda juga harus mengajarkan kepada anak agar ia memiliki rasa bersaing dalam kebaikan, agar anak pada nantinya selalu berbuat baik pada orang lain.

Itulah beberapa cara untuk melatih anak tentang keterampilan sosial yang bisa bunda ajarkan pada anak sejak usia dini.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2