√ 9 Cara Melatih Anak Berjiwa Wirausaha Dan Pebisnis

Saat ini ada banyak sekali orang-orang yang lebih memilih untuk menjadi seorang wirausaha daripada menjadi pekerja diperusahaan. Bahkan Rasulullah, keluarga, dan para sahabat-sahabatnya lebih memilih membangun bisnis sejak ia masih kecil.

Rasulullah juga diajarkan berdagang ketika ia masih kecil. Jadi, orangtua boleh mengajarkan anak-anaknya untuk mengenalkan berbisnis meskipun anak kita masih kecil.

Ada beberapa tips khusus bagaimana cara mendidik anak berjiwa wirausaha sejak usia dini. Selain menciptakan kemandirian, mengajarkan anak berjiwa wirausaha sejak kecil juga sangat bermanfaat menguatkan mental anak. Untuk cara memulai mengenalkan jiwa wiarausaha pada anak ikutilah langkah-langkah berikut ini:

9 Cara Mendidik Anak Berjiwa Wirausaha
Apabila orangtua menginginkan anak-anaknya berjiwa wirausaha, pastinya setiap orangtua akan lebih memilih langkah terbaik. Di artikel ini ada 9 langkah cara mendidik anak berjiwa wirausaha yang bisa orangtua terapkan dirumah:


1. Ajarkan Membuat Visi dan Misi
Orangtua perlu mengajarkan kepada anak untuk membuat peta hidup-nya yang bisa diraih oleh mereka. Sebagai contohnya, anak ingin memiliki Tas baru dengan harga yang cukup mahal, Maka ajarkanlah kepada anak untuk belajar menabung terlebih dulu supaya uangnya terkumpul dengan jumlah harga Tas tersebut.

Jangan lupa, berikan semangat dan juga daftar langkah-langkah untuk bisa mencapai visi dan misi yang sudah ditulis tersebut.

2. Biarkan Anak Berkreasi
Orangtua juga perlu membiarkan anak untuk berkreasi, yang selanjutnya dihubungkan antara kreasi tersebut dengan ide pemasaran.

Sebagai contohnya, Ajaklah anak untuk mengamati spanduk, iklan, poster, dan jenis iklan lainnya. Biarkan anak berkreasi untuk membuat tulisan ajakan pemasaran yang serupa. Sebab, Anak sangat membutuhkan kreativitasnya apabila ingin membangun usaha.

3. Berikanlah Apresiasi
Orangtua juga perlu memberikan apresiasi pada saat anak menemui masalah meskipun itu kecil. Lalu bimbinglah mereka. Berikan pujian kepada mereka meskipun ia tidak mampu menyelesaikan masalahnya.

Kebiasaan ini merupakan salah satu brainstrom solutions yang akan memberikan pelajaran berharga kepada anak agar ia lebih fokus pada solusi dari masalah itu sendiri.

Jadi, pada saat anak menjadi seorang wirausahawan, ia akan mencari solusi pada masalah yang tengah ia hadapi.

4. Jangan Pernah Menghukum
Apabila anak memperoleh nilai yang jelek di sekolahnya, sebaiknya orangtua jangan pernah memberikan hukuman.

Dan Solusi yang tepat ialah berbincanglah kepada anak mengenai penyebab nilai jelek-nya tersebut. Biasakan mengajarkan kepada anak untuk mengevaluasi kesalahan-kesalahannya supaya tidak terulang kembali. Selanjutnya, susunlah rencana berikutnya terkait apa saja yang harus di lakukan oleh anak dan yang tidak boleh dilakukan oleh anak.

5. Berikan Kebebasan Untuk Berpendapat
Orangtua juga harus selalu mendengarkan ketika anak berbicara, simaklah dengan baik dan dengarkan apa keinginan anak.

Hal ini tentu salah satu upaya untuk menanamkan sikap rasa percaya diri pada anak. Dan anak-pun akan merasa bahwa orangtua selalu ada dan mendukung keinginannya.

Dengan mendengarkan anak bicara bukan berarti Anda harus menuruti apa keinginan anak. Namun orangtua juga perlu memahami baik dan buruknya keinginannya tersebut.

6. Selalu Ajarkan Sopan Santun Pada Anak
Dalam transaksi jual beli, komunikasi merupakan salah satu langkah awal yang sangat penting diperhatikan.

Biasakanlah antara orangtua dan anak memiliki banyak waktu untuk berdiskusi. Kemudian ajaklah anak untuk bisa mengemukakan pendapatnya serta keinginannya dengan bicara sopan dan santun.

Jadi, kemampuan anak dalam berkomunikasi akan semakin berkembang dengan baik.

7. Ajak Anak Ikut Berjualan
Ajaklah anak untuk berjualan dan melatihnya agar ia terbiasa dengan berbisnis. Sebagai Contohnya anda bisa mengajak anak dengan media permainan transaksi jual beli. Atau bisa juga mengajak anak untuk ikut berdagang apabila Anda ataupun kerabat memiliki bisnis.

8. Ajarkanlah Bersedekah
Setiap orangtua perlu mengajarkan kepada anak untuk bersedekah sejak ia masih kecil.

Dengan bersedekah, maka bisa memberikan suatu kebahagiaan hidup. Ajaklah anak anda untuk membagi keuntungan dari bisnisnya kepada orang lain yang membutuhkan. Ajarkan juga kepada anak, bahwa harta yang ia miliki itu terdapat sebagian yang bukan miliknya.

9. Ajarkan Tentang Kepemimpinan
Karakter kepemimpinan sangat perlu dibangun sejak anak masih kecil. Hal ini karena wirusahawan pastinya harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.

Orangtua bisa melatih jiwa kepemimpinannya dengan cara memberikan sebuah tanggung jawab. Sebagai contohnya, anak harus dibiasakan merapikan tempat tidurnya sendiri setelah ia bangun tidur. Dan menaati semua jadwal yang sudah dibuat dirumah.

Terapkanlah langkah-langkah mendidik anak berjiwa wirausaha tersebut secara perlahan-lahan, dan jangan terlalu memaksakan. Buatlah anak bunda merasa nyaman dan bersemangat dalam mempelajarinya.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ 9 Cara Melatih Anak Berjiwa Wirausaha Dan Pebisnis"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2