√ 7 Ucapan Meredakan Emosional Anak Yang Marah Dan Kecewa

Anak-Anak memang mudah sekali untuk sedih, kecewa dan marah karena sesuatu hal. Bahkan, ketika emosi mereka tengah memuncak para orangtua merasa kesulitan untuk mengontrol si kecil. Salah satu cara untuk menghadapi hal tersebut ialah dengan cara menenangkannya.

Sebaiknya, bantulah anak untuk bisa mengendalikan emosinya dan mengeluarkannya dengan baik. Salah satu caranya ialah menyampaikan ucapan kalimat positif untuk menenangkan anak ketika dalam keadaan emosi.

Cara Menenangkan Anak Marah (emosi Anak)
Cara yang bisa bunda lakukan untuk menenangkan emosi anak ialah dengan cara memberikan ucapan-ucapan yang bisa menenangkan fikiran dan perasaan mereka.

Anak-anak seringkali mengeluarkan emosionalnya cenderung sulit diprediksi. Bahkan,seringkali membuat orangtua merasa kebingungan dan kewalahan. Terlebih lagi saat emosi yang dikeluarkannya memuncak.

Ketika anak tengah emosinya memuncak biasanya orangtua merasa kesulitan mengontrol emosinya. Pada umumnya, Mereka akan mengamuk, menangis, atau melemparkan barang-barang yang ada disekitarnya.

Ketika emosi anak dalam kondisi memuncak, biasanya orangtua justru terpancing ikut emosi. Menghadapi keadaan yang seperti ini, hendaknya orangtua harus bisa berusaha tetap tenang dan juga mengontrol emosinya.


Ucapan Untuk Menenangkan Anak Marah
Berikut ini ada 7 ucapan kalimat yang bisa menenangkan ketika anak tengah emosi/marah. Apa sajakah itu? Berikut uraiannya:

1. "Kalau Marah, Coba Katakan Sama Bunda"
Biasakan anak dilatih untuk mengeluarkan serta menyampaikan emosinya dengan baik. Biasanya yang dialami oleh anak akan terasa membekas apabila emosinya tersebut belum dikeluarkan.

Jadi, ajarkan anak untuk bisa menyalurkan emosinya dengan baik, misal mengutarakannya pada orangtua tanpa harus marah-marah.

Saat anak belum mau mengutarakan apa penyebab anak emosi, sebaiknya bunda harus tahan diri untuk tidak terbawa emosi ketika anak marah-marah. Biasanya hal ini di sebabkan karena anak belum bisa menguasai emosionalnya dengan baik.

2. "Yuk Duduk, Dan Tarik Nafas Dalam-Dalam"
Salah satu cara yang bisa bunda lakukan untuk mengurangi level emosi ialah dengan cara duduk dan tarik nafas panjang. Selanjutnya, mengeluarkannya melalui mulut secara perlahan-lahan.

Cara seperti ini sudah bisa diajarkan pada anak balita berusia 3 tahun. Ajarkan pada anak untuk menarik nafas panjang ketika mereka suka menangis ataupun marah. Apabila anak berdiri, ajaklah ia untuk duduk terlebih dulu.

Dengan cara seperti ini, maka ia akan belajar bagaimana caranya untuk menenangkan dirinya sendiri.

3. "Boleh Marah Kok, Tapi Jangan Sampai Menyakiti Orang Lain Yaa"
Ucapan kalimat menenangkan ketika anak tengah emosi ialah mengarahkan agar ia tidak menyakiti orang lain.

Apabila anak tengah mengeluarkan emosinya, Misalnya seperti anak menangis, berteriak, hingga pada membuang barang-barang di sekitarnya, hendaknya bunda harus tetap mengarahkan ia agar tidak menyakiti orang lain. Misal, barang-barang yang di lemparkan oleh anak, harus tetap bunda awasi agar ia mengerti bahwa melukai orang lain adalah tindakan yang salah.

4. " Kamu Tidak Sendirian, Ada Bunda Di Sini"
Sesuatu hal yang paling dibutuhkan ketika emosi anak memuncak ialah kehadiran orang terdekat, sebaiknya jangan biarkan ia sendirian.

Bunda bisa menemani anak saat ia tengah sedih, marah ataupun kecewa. Tawarkan juga pelukan untuk anak agar bisa menenangkannya.

5. "Anak Bunda Yang Baik, Sini Mendekat Sama Bunda"
Apabila anak sedang marah, sedih ataupun kecewa, mintalah ia untuk mendekat kepada bunda. Sebenarnya, Anak sangat membutuhkan perhatian dikala ia sedang emosi, sedih ataupun kecewa.

Setelah emosinya sudah mereda, barulah bunda bisa menasehati anak. Pastikan untuk tetap menasehatinya dengan cara pelan, supaya anak bisa memahami apa yang seharusnya ia lakukan ketika ia marah.

6. "Kalau Kecewa, Bilang Sama Bunda Yaa, Jangan Marah-marah"
Memberikan pengertian agar anak bisa memahami apa yang sedang ia rasakan sangat perlu dilakukan. Jangan sampai membiarkan anak memendam perasaannya sendirian. Peran seorang ibu sangat dibutuhkan saat anak marah, kecewa, ataupun sedih. Jangan sampai bunda ikut terbawa oleh emosi apabila hanya karena hal sepele.

7. "Boleh Kok Marah, Tapi Jangan Lempar Barang-Barang Yaa, Nanti Bisa Melukai Orang Lain"
Biarkan anak untuk mengeluarkan emosi yang ia rasakan, namun katakanlah pada anak agar ia tidak melempar barang disekitarnya.

Berikan juga pemahaman kepada anak jika melempar barang bisa melukai orang di sekitarnya. Apalagi kalau barang-barang tersebut dilemparkan terhadap orang lain. Sebaiknya bunda segera ambil tindakan untuk menenangkanya, sebab Jika dibiarkan begitu saja, maka tiap kali anak emosi ia akan melakukannya kembali.

Jadi, cara untuk menenangkan emosi anak yang tengah memuncak, bunda harus bisa menggunakan ucapan kalimat menenangkan. Jangan sampai bunda ikut-ikutan emosi ketika anak tengah emosi.

penulis :

0 Response to "√ 7 Ucapan Meredakan Emosional Anak Yang Marah Dan Kecewa"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2