√ 7 Peluang Pekerjaan Guru Selain Mengajar Di Sekolah Untuk Mengembangkan Karier

Merasa jenuh ketika mengajar di sekolah adalah suatu hal yang seringkali dialami oleh seorang guru. Apalagi jika karier-nya tersebut tidak berkembang dengan baik. Perasaan bosan memang suatu hal yang wajar terjadi di segala profesi. Akan tetapi, untuk seorang guru, seharusnya rasa bosan ini bisa menjadi salah satu peluang karier dibidang lain yang lebih menjanjikan.

Profesi seorang guru memang bukan hanya untuk mengajar siswa di dalam kelas saja. Namun masih banyak peluang dan bidang lain yang bisa ditekuni, Misalnya seperti menjadi pegawai Dinas Pendidikan, atau bisa juga menjadi pengajar sistem online.


Peluang Pekerjaan Guru Selain Mengajar Di Sekolah
Berikut dibawah ini ada beberapa alternatif peluang pekerjaan profesi guru selain mengajar disekolah yang bisa anda coba, yaitu:

1. Sebagai Guru Online
Saat ini teknologi digital sudah sangat berkembang pesat, hendaknya bisa meningkatkan prospek mengajar. Sebenarnya, metode mengajar tidak harus bertatap muka secara langsung dengan muridnya. Sebagai guru online juga bisa dimanfaatkan oleh para guru untuk mengembangkan kariernya selain mengajar di sekolah.

Kegiatan belajar-mengajar yang maksimal ialah apabila dilakukan dengan cara individu. Sebab, guru lebih leluasa mengajar sesuai kebutuhan mereka. Oleh karena itu, Sistem guru online juga bisa dilakukan anda yang berprofesi sebagai guru. Dalam hal ini, guru bisa mengajar dalam jarak jauh hanya dengan 1 murid saja.

2. Menjadi Admin Blog Pendidikan
Saat ini, dampak positif dari internet sudah merambah sangat cepat dari segala bidang, termasuk "pendidikan". Sebab, dengan adanya teknologi tersebut, materi pelajaran sangat mudah didapatkan, bahkan bisa didapatkan secara gratis.

Bagi anda yang ingin sukses dalam berkarier dengan memanfaatkan teknologi, caranya ialah anda bisa membangun blog pendidikan. Hal itu sangat terbukti menggiurkan untuk para guru yang ingin meniti kariernya selain mengajar disekolah. Selain itu, saat ini juga sudah banyak guru-guru yang bekerja di bidang tersebut.

Dengan menjadi penulis blog pendidikan, maka manfaatnya juga sangat banyak. Salah satunya ialah, penguasaan materi pengajar lebih kuat, Dan dengan adanya profesi ini, maka guru bisa membangun relasi dengan guru-guru yang lainnya. Sehingga akan terjalin komunikasi kritis yang lebih harmonis.

3. Menjadi Penulis Buku
Apabila anda suka menulis, berkarier Menjadi penulis buku juga salah satu peluang yang sangat bagus bagi seorang guru.

Aktivitas ini harus di imbangi dengan rajin upload cuplikan deskripsi atau daftar isi ke beberapa media sosial agar orang lain mengetahui karya anda.

Dengan anda rajin menulis buku maka akan memiliki poin plus tersendiri bagi seorang guru. Bahkan, Anda juga akan di cap sebagai guru yang berkualitas.

Kegiatan positif ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan sosok diri kepada siswa ataupun orang lain. Bahkan apabila buku diterbitkan, ada rasa puas tersendiri.

4. Mengajar dengan Media Podcast
Mengajar dengan media podcast saat ini sudah mulai digemari. Sebuah aktivitas positif transfer ilmu dari guru kepada siswa-siswinya dengan cara menggunakan media audio. Dengan adanya teknik ini, maka proses belajar mengajar akan lebih mudah. Sebab, guru tidak perlu bertatap muka secara langsung dengan muridnya, melainkan hanya menyediakan rekaman suaranya saja.

Keistimewaan dari mengajar dengan cara media podcast ini adalah biaya operasionalnya cukup murah. Sehingga seorang guru tidak perlu merogoh kantong hingga jutaan rupiah. Meskipun begitu, metode ini juga cukup efektif dalam kegiatan mengajar dan banyak di minati oleh para orangtua.

5. Menjadi Guru Privat
Peluang Karier untuk seorang guru selain mengajar di kelas selanjutnya ialah menjadi guru privat.

Pola belajar mengajar dengan sistem bimbingan ini sangatlah disukai oleh siswa dan semua orangtua. Sebab, Keistimewaan dari metode belajar ini ialah, anak menjadi lebih fokus dan penguasaan belajar yang lebih maksimal.

Menjadi guru privat sebenarnya sangat menguntungkan bagi guru yang mau menekuninya. Selain dapat meningkatkan pengalaman dalam bidang mengajar, cara mengajar seperti ini juga tidak terlalu over. Bahkan dengan belajar privat ini, guru lebih leluasa mempraktekan berbagai metode belajarnya.

6. Menjadi Konselor Pendidikan
Jenjang sekolah yang cukup bagus disesuaikan dengan minat bakat siswa.

Namun Sayangnya, untuk merealisasikannya masih sangat sulit, karena siswa-siswi memiliki karakter-karakter yang berbeda-beda. Atas dasar itulah, dibutuhkan suatu peran konselor pendidikan yang dapat memahami karakter siswa.

Oleh sebab itu, profesi sebagai konselor pendidikan sangat cocok dikerjakan oleh seorang guru. Terutama untuk guru konseling, psikologi dan semacam-Nya.

7. Sebagai Penyiar Radio
Bagi Seorang guru pasti identik dengan suka berbicara. Oleh sebab itu, tanpa adanya kebiasaan ini, maka cara mengajarnya menjadi kurang maksimal.

Bagi seorang guru, Hal ini merupakan peluang yang bisa anda manfaatkan apabila ingin berkarier di luar mengajar. Caranya ialah dengan mendaftarkan diri sebagai penyiar radio.
---------
Itulah peluang karier guru yang bisa anda coba selain mengajar di kelas. Silakan anda pilih salah satunya sesuai bakat dan minat Anda untuk mengembangkan karier-nya selain mengajar di sekolah.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ 7 Peluang Pekerjaan Guru Selain Mengajar Di Sekolah Untuk Mengembangkan Karier"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2