√ 7 Cara Mengajarkan Anak Bersikap Baik Pada Teman-Temannya

Mendidik anak agar bersikap baik pada teman-temannya memang bukan perkara yang mudah. Ada banyak faktor yang seringkali menyebabkan anak bersikap tidak baik pada temannya. Salah satunya ialah karena kurangnya pemahaman anak terhadap perilakunya, Dan hal ini juga bisa disebabkan karena orangtua kurang memberikan perhatian pada didikan anak untuk bersikap baik pada teman-temannya.

Sebagai orang tua, tentunya harus mengarahkan anak agar ia bisa bersikap baik pada orang lain. Jangan biarkan anak-anak kita menjadi pribadi yang tidak baik, karena hal ini tentu bisa membuat anak dijauhi oleh teman-temannya.

Bagaimanakah caranya mendidik anak agar bersikap baik pada teman-temannya?


Cara Mendidik Anak Agar Bersikap Baik Pada Teman-Nya
Mengajarkan anak agar bisa bersikap baik pada teman-temannya memang harus dilatih sejak usia dini. Ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk mengarahkan anak bersikap baik pada teman-temannya yaitu:

1. Berikan Contoh Atau Teladan Di Rumah
Langkah pertama, Bunda harus bisa memberikan contoh dan teladan yang baik untuk anak ketika berada di lingkungan rumah. Apabila bunda tidak bersikap baik pada anak, bagaimana ia bisa menjadi pribadi yang baik. Sebab, pendidikan anak paling utama ialah pada kedua orangtuanya.

Mengajarkan anak agar bersikap baik bisa dilakukan dengan beberapa contoh mudah. Misalnya kebiasaan bunda bersikap baik ketika bertemu dengan tetangga, teman ataupun saudara, hal ini tentu bisa membuat anak menerapkannya seperti apa yang ia lihat.

Jadi, tanpa orangtua banyak berkata-kata, anak tentu akan melihat sendiri bagaimana seharusnya ia bersikap.

2. Setiap Sikap Kurang Baik Jangan Di Jadikan Sebagai Bahan Lelucon
Jangan pernah sikap kurang baik dijadikan sebagai bahan lelucon, atau misalnya setiap sikap kurang baik yang anak kerjakan jangan pernah tertawakan. Sebab, Hal ini bisa membuat anak menjadi kesulitan untuk memahami arti dari sikap baik yang ia lakukan.

Apalagi anak-anak yang masih kecil harus selalu diingatkan setiap kali ia berbuat salah secara lembut. Jangan pernah menjadikan kesalahan sebagai bahan tertawaan karena anak akan menganggap bahwa perbuatan salah merupakan hal lucu.

3. Ajarkan Anak Dengan Sikap Baik Lewat Cerita
Secara umum, anak cenderung lebih menyukai musik dan cerita. Bunda bisa memilih buku-buku dongeng ataupun buku cerita untuk menunjukan perilaku baik yang dibacakan kepada anak. Biasanya, anak akan mengenali karakter-karakter baik yang ada dalam cerita tersebut. Kemudian alur cerita tersebut akan meresap dalam fikiran dan hati anak.

Sehingga Hal ini bisa memotivasi anak untuk menerapkan sikap baik yang ada dalam cerita tersebut kedalam kehidupan sehari-harinya.

4. Ajari Anak dengan Konsisten dan Tidak Marah-Marah
Cara mendidik anak agar bersikap baik pada teman selanjutnya ialah mengajarkan anak dengan sikap baik secara konsisten dan penuh kesabaran. Jangan mengajari anak bersikap baik dengan cara marah-marah.

Bunda harus bisa sabar menunggu perubahan anak agar ia bisa berperilaku baik sesuai apa yang harus ia lakukan.

5. Apabila Anak Telah Bersikap Baik, Berikanlah Pujian Tetapi Jangan Sampai Berlebihan
Rasanya tidak adil apabila anak tidak memperoleh sesuatu atas keberhasilannya yang sudah dilakukan, sementara seringkali kesalahannya selalu di ingat-kan.

Sebaiknya, bunda selalu berikan pujian apabila anak sudah mampu bersikap baik. Namun, pastikan bahwa pujian yang diberikan kepada anak tidak berlebihan.

6. Kenalkan Anak Dengan Nilai Moral Agama
Agama merupakan pilar utama atau pondasi yang sangat penting bagi seluruh ummat manusia. Bunda perlu mengenalkan anak dengan nilai-nilai moral agama sejak usia dini. Sebab, Nilai moral ini sangat penting untuk proses perkembangan dan kepribadian anak ketika ia beranjak besar nanti.

7. Tanamkan Dengan Ucapan Yang Baik
Anak-anak mudah sekali untuk meniru apa yang dilakukan oleh orang lain. Baik itu kata-kata ataupun perilakunya. Sebaiknya, Orangtua harus selalu mengawasi dan menanamkan dalam diri anak untuk senantiasa memilih kata-kata yang baik ketika berkomunikasi dengan teman-temannya ataupun orang lain.

Selain penjelasan tersebut, bunda juga bisa memberikan mereka peraturan. Misalnya, apabila anak menggunakan kata-kata yang tidak pantas, maka anak akan diberikan denda dari uang sakunya.

Mengajarkan anak untuk bersikap baik pada teman ataupun orang lain memang sangat penting dilakukan oleh para orangtua. Dan pastikan untuk tetap memberikan didikan yang baik kepada anak agar ia bisa bersikap baik terhadap orang lain sejak dini, dan supaya ia menjadi terbiasa hingga kelak dewasa nanti.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2