√ 5 Manfaat Membacakan Cerita Dongeng Sebelum Tidur Untuk Anak

Rutinitas dimalam hari sebelum tidur seringkali dijadikan momen penting bagi setiap orangtua untuk membangun bonding bersama anaknya melalui buku bacaan dongeng.

Tidak hanya untuk meningkatkan kualitas hubungannya saja, melainkan mendongeng juga bisa menstimulasi perkembangan anak untuk meningkatkan daya kemampuan bahasa, perkembangan berpikir menjadi lebih logis, perkembangan imajinasinya, serta dapat memperkuat daya ingatan anak hanya melalui cerita dongeng.

Meskipun terkesan sepele karena hanya melalui cerita saja, akan tetapi sebenarnya ada berbagai manfaat positif yang bisa membantu anak berkembang menjadi berprestasi.


Manfaat Cerita Dongeng Untuk Anak Sebelum Tidur
Di bawah ini ada beberapa manfaat mendongeng untuk anak yang bisa membantu perkembangan anak kedepannya.

1. Mengasah memecahkan masalahnya sendiri
Setiap orangtua tentunya menginginkan jika anaknya memiliki jiwa pemimpin dimasa depannya nanti. Akan tetapi perlu disadari, bahwa setiap anak tidak akan bisa berkembang menjadi sosok pemimpin yang diharapkan jika orangtuanya kurang mengasah kemampuan anak sejak kecil.

Anak kecil juga merupakan sosok peniru yang perlu ditanamkan dengan nilai-nilai pembentukan kepemimpinannya melalui sebuah cerita ataupun karakter tertentu. Apalagi anak-anak mudah sekali untuk meniru setiap karakter yang ia sukai.

Sesekali cobalah bunda mencarikan sebuah cerita yang menarik dan baik untuk si kecil.

Selain Membantu anak atau menentukan jalannya cerita, maka imajinasi anak juga akan berkembang. Ia pun akan mampu memiliki karakter tersebut untuk memecahkan masalahnya.

2. Meningkatkan rasa kepedulian agar anak mau berempati
"Rasa cinta orangtua saat mendongengkan anaknya menjadi salah satu kunci yang sangat penting untuk membentuk daya empatinya, dan rasa kepedulian terhadap sesama hingga pada kecerdasan mengelola emosinya,”

Moment kebersamaan antara orangtua dan anaknya memang sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan bonding yang baik dan berkualitas.

Jika ingin anak-anaknya tumbuh menjadi sosok yang peduli dan memiliki empati terhadap orang lain, maka hal ini perlu ditetapkan pada anak sejak kecil agar ada banyak karakter positif yang terbentuk pada kepribadian anak.

Membacakan cerita dongeng juga bisa menjadi salah satu stimulasi yang sangat tepat untuk anak, apalagi jika banyak pesan moral positif dalam cerita dongeng tersebut.

Bunda bisa mencarikan buku cerita dongeng untuk dibacakan sesuai dengan usia anak. Jika usia anak masih dibawah 5 tahun, usahakanlah tidak memberikan pesan moral yang terlalu berat.

Lakukanlah untuk menumbuhkan rasa empati dan kepedulian pada anak dengn cara-cara yang sederhana seperti bercerita.

Meskipun terkesan sepele, namun hal ini pesan moral dari cerita dongeng akan menempel di otaknya sehingga di usia dewasa nanti ia tumbuh menjadi pribadi yang menghargai perasaan orang lain.

3. Imajinasi menjadi terasah dan anak tampil kreatif
Ketika bunda akan membentuk karakter anak menjadi pribadi yang kreatif tentu saja perlu berbagai cara. Salah satu cara yang bisa bunda terapkan pada anak ialah dengan membacakan cerita dongeng.

Cara yang seperti ini tentu saja bisa membuat anak memiliki imajinasinya dan berusaha masuk ke dalam salah satu karakter yang ada dalam cerita dongeng.

Selain cerita, anak dengan segala imajinasinya bisa membantu karakter di dalam cerita tersebut untuk menemukan solusi yang tepat. Bahkan apabila solusi tersebut gagal, ia akan memiliki keterampilan mencari solusi lain yang lebih baik.

4. Dapat memotivasi anak untuk mengungkapkan perasaan-Nya
Menstimulasi anak agar lebih berani memecahkan masalahnya sendiri memang menjadi salah satu tantangan bagi orangtua. Oleh sebab itu, anak perlu di stimulasikan sejak usia dini agar ia memiliki karakter yang berani.

Untuk menciptakan anak dalam hal ini, bunda bisa memberikan contoh karakter yang baik melalui cerita dongeng. Apabila ada karakter di dalam cerita memiliki sikap yang baik, maka hal ini perlu ditanamkan ke pribadi anak. Tujuannya ialah agar karakter dalam cerita dongeng tersebut bisa melekat pada diri anak, sehingga karakter baik bisa ditiru oleh si Kecil.

5. Dapat memancing kecerdasan anak
" cerita dongeng ialah salah satu proses stimulasi yang sangat menyenangkan bagi anak dan juga bermafaat untuk mengembangkan daya imajinasinya, kemampuan bahasanya dan juga ekspresi emosi anak menjadi lebih baik.

Membacakan cerita 'Dongeng Aku dan Kau' juga bisa membantu mempererat hubungan antara orangtua dengan anak sambil menanamkan nilai-nilai positif untuk membentuk karakter Anak ke depannya," ungkap dra. Ratih Ibrahim, M.M., seorang Psikolog.

Selain itu, Ratih Ibrahim juga telah mengingatkan, bahwa dongeng bisa memberikan manfaat yang luar biasa efektifnya bagi anak, apalagi setiap orangtua pasti memiliki cita-cita agar anaknya tersebut tumbuh cerdas di masa depan.

Oleh sebab itu, Mendongeng cerita menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mengajak anak terampil berfikir, serta bisa menstimulasi anak.

Anak-anak yang terbiasa dibacakan dengan cerita dongeng oleh orangtuanya secara tidak langsung ia akan mendapatkan insight untuk berfikir logis dan juga kritis.

Sebaiknya, Orangtua perlu melatih anak-anaknya memiliki kecerdasan dalam berfikir agar anak mampu memecahkan masalahnya serta terampil membuat keputusannya sendiri.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2