√ 5 Jenis Permainan Yang Mampu Mengasah Kecerdasan Otak Anak

Anak-anak di usia 5 tahun pertama adalah masa-masa kritis untuk pembelajarannya. Selain hal tersebut, Otak balita juga masih sangat fleksibel dan mampu merespon dengan baik pada stimulasinya.

Untuk mengajarkan anak membuatnya pintar dan cerdas, orangtua bisa melakukannya dengan cara permainan sederhana yang bisa membantu meningkatkan pertumbuhan otak anak.

Cara Melatih Kecerdasan IQ Anak
Berikut dibawah ini terdapat 5 permainan untuk mengasah dan meningkatkan IQ anak yang bisa bunda coba dirumah.

1. Bermain balok susun



Sebenarnya sejak anak di usia 1,5 tahun ia sudah mampu bermain balok susun secara bebas, kemudian berlanjut pada permainan susun  balok yang lebih rumit, misalnya meniru gambar pola ataupun meniru gambar bentuk.

Manfaat dari permainan susun balok ini bisa meningkatkan daya kecerdasan otak anak.

Selain Kegiatan bermain susun balok untuk anak balita yang positif ini juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengenalkan kemampuan memecahkan masalah, daya pikir anak dan mampu meningkatkan IQ anak.

2. Mencari jalan keluar di labirin



Permainan sederhana ini juga bisa meningkatkan IQ anak. Yaa, bermain labirin bisa mengasah imajinasinya, kemampuan memecahkan masalah, mengembangkan motorik visual dan juga kemampuan dalam koordinasi mata dan tangan-nya.

Anak bunda bisa di ajarkan bermain labirin interaktif yang terbuat dari kardus, papan kayu ataupun bola gelinding.

Dalam permainan edukatif maze ini anak-anak juga berusaha mencari jalur keluar pada bagian-bagian maze.

3. Mencocokan gambar ataupun bentuk



Permainan selanjutnya untuk meningkatkan IQ anak ialah mencocokan gambar ataupun bentuk.

Anak bunda juga bisa mencocokan gambar melalui beberapa permainan bentuk alfabet dan juga gambar bertema hewan ataupun buah-buahan.

Melalui permainan sederhana ini mintalah kepada anak untuk mencocokannya dengan kategori yang sesuai.

Dalam kegiatan positif ini juga akan mengembangkan daya memori otak dan mempertajam refleks anak.

4. Bermain Puzzle



Permainan seperti puzzle tentu mampu menstimulasi otak anak untuk berfikir dan berimajinasi. Cobalah bunda melatihnya untuk menyelesaikan gambar pada puzzle mulai dari yang termudah hingga pada tingkat level yang lebih sulit.

Secara perlahan-lahan, permainan puzzle ini jadi cara yang ampuh untuk melatih otak anak saat ingin meningkatkan IQ-Nya.

5. Menari



Mengasah daya kecerdasan anak memang dibutuhkan peran ekstra dari orangtuanya. Untuk meningkatkan daya IQ anak, bunda bisa mengajak anak menari.

Siapapun pasti menginginkan buah hatinya tumbuh pintar dan cerdas. Dengan menari maka akan melatih kecerdasannya untuk melakukan gaya tarian tersebut.

Anak yang suka bergerak aktif diiringi menari nyatanya bisa meningkatkan IQ-nya dan mampu memberikan lebih banyak oksigen untuk otak anak.

--------

Memang menjadi suatu hal yang sangat penting untuk memilih permainan khusus untuk pertumbuhan otak anak. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan banyak pelajaran dengan cara-cara yang menyenangkan.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ 5 Jenis Permainan Yang Mampu Mengasah Kecerdasan Otak Anak"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2