√ 5 Cara Melatih Anak Belajar Menggunting Kertas Untuk Mengasah Motorik Halus-Nya

Sebelum Anak Belajar Menulis, Ajarkan Dulu Anak Belajar Menggunting untuk melatih motorik halus-Nya

Salah satu kegiatan untuk mengasah kemampuan motorik halus pada anak ialah dengan kegiatan menggunting. Ketika proses menggunting, kekuatan dari otot tangan maupun jari-jari anak akan dilatih agar dapat mengikuti berbagai pola yang disediakan.

Pola tersebut haruslah disesuaikan dengan masa perkembangan usia anak. Dikarenakan, kegiatan menggunting pada dasarnya merupakan suatu proses untuk mempersiapkan anak menuju pada tahap pendidikan selanjutnya, yaitu kegiatan menulis.

Agar anak bisa menulis, dibutuhkan kekuatan dari otot-otot jari dan koordinasi dari mata serta tangan yang bisa kita latih melalui proses pembelajaran menggunting ini.


Berikut dibawah ini merupakan cara melatih atau mengajari anak belajar menggunting yang dapat dilakukan:

1. Menyiapkan gunting untuk anak Dengan Bentuk Yang Menarik



Langkah awal memberikan gunting pada anak, pilihlah gunting yang disediakan khusus untuk anak yang biasanya terbuat dari plastik hal ini dimaksudkan agar tidak membahayakan untuk anak, dan ajarilah anak bagaimana cara memegang gunting yang benar.

Jelaskanlah pada anak, jari manakah yang harus masuk ke lubang yang berada dibagian bawah dan jari manakah yang harus masuk ke lubang yang berada dibagian atas.

Setelah itu, mulailah praktekan bagaimana cara menggunting dengan baik dan benar dimulai belajar bagaimana cara menggerak-gerakan jari tangan dari atas ke bawah.

Usahakan ketika proses pembelajaran ini kita juga ikut turut memegang gunting dan mempraktekkanya.

2. Siapkan kertas untuk digunting



Menyiapkan sebuah kertas yang dapat digunting oleh anak bisa berupa kertas polos ataupun kertas yang tidak mempunyai pola, kertas yang mempunyai pola garis sejajar, kertas yang mempunyai pola garis zig-zag, kertas yang mempunyai pola garis lengkung, kertas yang mempunyai pola lingkaran dan kertas yang mempunyai pola-pola tertentu.

Kegiatan ini bisa dimulai dengan menggunting bebas. Barulah ketika anak telah mampu melakukannya, bunda bisa meningkatkan kemampuan anak dengan cara mencoba pola yang lebih sulit.

3. Melatih Anak Untuk Konsentrasi Dan Bersabar 
Ketika anak baru pertama kali menggunting, biasanya anak akan terlihat cenderung tidak sabar serta terkadang anak langsung menarik kertas yang telah dipegangnya hingga sobek.

Sebaiknya, Jelaskan dan mulailah ajarkan pada anak bahwa ketika ia memotong kertas yang dipegangnya dengan menggunakan gunting jika dilakukan dengan benar maka hasilnya akan terlihat jauh lebih bagus.

4. Jelaskan macam-macam kertas
Langkah selanjutnya, jelaskan pada anak tentang kertas apa sajakah yang boleh atau bisa ia gunting, contohnya kertas yang sudah tidak terpakai ataupun buku-buku yang memang pada dasarnya digunakan untuk aktifitas atau kegiatan gunting menggunting.

JIka tidak kita arahkan, ketika anak mempunyai kreativitas serta semangat yang telah menggebu untuk melakukan kegiatan menggunting, anak bisa saja menggunting apapun yang ia temukan.

5. Memberikan sebuah pujian
Ketika anak telah berhasil menyelesaikan latihannya, berikanlah sebuah apresiasi untuknya yang bisa berupa sebuah pujian yang wajar. Akan tetapi, ketika hasil yang telah dilakukan oleh anak tidak terlalu memuaskan, janganlah memberikan kesan ataupun komentar yang negatif untuknya, marilah terus arahkan anak untuk melatih kemampuan dalam dirinya hingga ia mampu untuk menggunting dengan baik.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2