√ 18 Cara Mengajarkan Anak Bisa Menulis Dengan Baik Dan Benar

Kemampuan anak untuk bisa menulis dengan baik dan tepat tentu saja tidak bisa dilakukan dalam sehari. sehingga peran orangtua sangatlah penting dalam mengajarkan anak bisa menulis. Oleh sebab itu, bunda jangan sampai ragu mengenalkan pada anak cara menulis, membaca dan berhitung di usia dini.

Menurut psikolog anak, Ana Surti Ariani, S.Psi, M.Si, Psi, calistung bisa diajarkan pada anak saat usia 7-8 tahun. Namun, apabila anak sudah terlihat mampu dan lulus dalam pra-calistung, orangtua boleh mengajarkannya sejak usia anak 5-6 tahun.


Cara Melatih Anak Menulis Dengan Baik dan Benar
Berikut ini, ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk mengajarkan anak bisa menulis.

1. Gunakanlah cara belajar yang menyenangkan
Tips agar anak tidak merasa cepat bosan. Sesekali, ajaklah anak untuk mencoret-coret di kertas gambar yang menarik agar ia bisa suka terlebih dahulu. Jangan terburu-buru menyuruh anak untuk menulis huruf ataupun angka.

Biarkanlah anak bunda berkreasi terlebih dahulu menggunakan pensil berwarna dan menuangkan semua imajinasinya dulu di kertas.

2.Ajarkanlah anak cara menggengam pensil 
Selanjutnya, bunda harus cek apakah ibu jari dan telunjuk anak tidak saling bertumpuk?
Kemudian cek apakah cara memegang pensil sudah bisa membentuk huruf "o", dan posisi pensil bisa bersandar di jari ketiga ataupun keempat? Dengan posisi seperti itu anak akan jauh lebih mudah dan nyaman ketika menulis.

3. Berikanlah pensil yang lebih pendek 
Sebagai langkah awal untuk berlatih menulis, sebaiknya bunda harus memberikannya pensil yang pendek. Sebab untuk memudahkan ketika digenggam dan seimbang dengan jari-jari anak.

4. Selain pensil, bisa gunakan krayon
Tujuan ini ialah agar anak tidak bosan ketika latihan menulis. Krayon berwarna-warni juga sangat ampuh membuat anak lebih antusias dan menyukainya. Sehingga ia akan belajar lebih giat.

5. Berlatih dan bermain
Bunda juga bisa mengajak anak berlatih menulis di tengah-tengah bermainnya. Misalnya saja ketika sedang pergi ke pantai, bunda bisa mengajak anak untuk menulis di pasir. Atau misalnya ketika anak bermain di taman, bunda bisa memanfaatkan batu untuk menulisnya di tanah.

6. Latihlah menulis dengan cara permainan
Bunda juga bisa membiasakan anak untuk menulis dengan cara permainan, Misalnya seperti permainan puzzle.  Bunda juga bisa memotong beberapa huruf dan menyuruh anak untuk menuliskannya kembali.

Cara ini tentu menjadi kegiatan yang seru untuk mendorong anak tetap menulis.

7. Jangan paksa
Memaksa anak hanya akan membuat si kecil merasa tertekan, serta enggan ketika diajak belajar lagi.

Maka Lakukanlah pelatihan menulis saat anak tidak merasakan lapar ataupun mengantuk agar bisa lebih maksimal saat mengajarinya menulis.

Sebaiknya, hentikan pelatihan menulis ketika anak sudah mulai merasakan bosan. Jika terus di paksa, hanya akan membuat anak tidak tertarik lagi.
.
8. Ajarkan anak menulis sesuai garis kertas 
Bantulah anak untuk memulai menuliskan huruf-huruf besar ataupun huruf kecil sesuai garis kertas. Apabila ada huruf yang terlihat miring atau tidak rata, bunda bisa meminta anak untuk menghapusnya dan mengulanginya kembali.

9. Latihlah anak untuk menebalkan garis-garis huruf yang putus 
Setelah berhasil mengajarkan anak menulis sesuai dengan garis kertas, selanjutnya ialah memberikan latihan cara menebalkan garis yang putus-putus.

Sediakanlah gambar huruf atau angka dengan garis putus-putus, dan ajaklah anak untuk menghubungkan garis-garis pada kertasnya.

10. Ajarkan anak untuk menebalkan gambar
Belajar menulis bisa dimulai dengan cara melakukan teknik menebalkan huruf atau angka. Biarkanlah anak memilih gambar yang ia sukai, misalnya bunga. Dengan begitu, maka bunda bisa mencarikan gambar-gambar bunga dan melatih anak untuk menebalkan gambar tersebut.

11. Mengenalkan huruf secara bergantian 
Selanjutnya ajarkanlah anak dengan huruf secara bergantian, misalnya huruf A Besar dan a kecil. Lakukanlah pelatihan menulis huruf ini sampai anak benar-benar sudah bisa dan memahaminya. Jika sudah hafal menuliskan huruf A besar dan a kecil, barulah ke tahap huruf B dan seterusnya.

12. Melatih menulis angka
Setelah anak bunda benar-benar sudah bisa menuliskan semua huruf dengan baik dan benar. Selanjutnya ajarkanlah anak untuk menulis angka.

Jelaskan pada anak tentang bentuk angka 1 sampai 10 terlebih dahulu. Jangan buru-buru mengajarkan anak dengan banyak angka sebab dapat membuat anak kebingungan. Lakukanlah dengan cara berurutan dari yang termudah dan lakukan sampai memahaminya.

13. Jangan pernah membatasi anak untuk menulis
Biarkanlah anak menulis tentang imajinasinya. Misalnya tentang manusia super, kerajaan di luar angkasa, ataupun mungkin saja kehidupan dibawah laut.

14. Latihlah tangan anak agar ia terbiasa
mintalah kepada anak untuk menuliskan kata sesuai yang bunda sebutkan, misalnya huruf A. Selanjutnya periksa apakah latihan tulisan tersebut sudah benar atau belum, sehingga bunda bisa mengetahui tingkat kerapian tulisan anak.

Jika anak bunda salah ketika berlatih, maka berikanlah contoh yang baik agar latihannya bisa menjadi kebiasaan anak pada nantinya.

15. Jangan menuntut kesempurnaan tulisan anak
Ketika anak merasa tulisan harus sempurna. maka, hal ini justru akan menyingkirkan minat, kreativitasnya dan juga keceriaannya, sehingga anak akan malas berlatih kembali.

16. ajaklah anak untuk selalu berkomunikasi
Hal ini merupakan langkah utama ketika bunda mengajarkan anak cepat bisa menulis.

Bunda juga akan lebih mudah mengajari anak untuk bisa menulis dari segala sesuatu yang telah mereka pelajari sebelumnya.

17. Tetap sabar
Mengajari anak agar bisa menulis tidaklah mudah, maka peran orangtua yang sabar sangat diperlukan saat bunda akan mengajari anak bisa menulis.

18.Berikanlah Pujian
Berikanlah dukungan atas tulisan anak, dan berikanlah sebuah pujian yang tulus dari hasil karyanya.

Hargailah apa yang sudah anak usahakan agar bisa menulis. Dan Lihatlah prosesnya, Baik ataupun buruk tulisan anak, bunda harus tetap memberikan penghargaan, misalnya memberikan pujian. Hal ini tentu saja bisa memotivasi anak agar menghasilkan tulisan-tulisan yang lebih baik lagi.

Baca ke tips selanjutnya: 12 Cara Agar Anak Bisa Menulis Dengan Rapi Dan Tepat

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2