√ Tips Anak Hafiz Qur'an (Anak Pandai Membaca Al-Quran Sejak Usia Dini, Sebelum Usia 7 Tahun)

Seperti artikel-artikel sebelumnya di website ruangdiary.com ini kami berkomitmen untuk mengupdate postingan artikel dengan berbagai kategori yang sama, yaitu tips pendidikan umum dan Tips Mengaji agar anak bisa membaca ataupun menghafal alquran sejak usia dini.

Agar anak bunda bisa membaca dan menghafal Al Quran sejak kecil, sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, baik secara online ataupun secara offline seperti mengikuti kajian pembelajaran di TPA/TPQ dan madrasah.

Jika bunda ingin mengajarinya secara online, maka banyak sekali tips-tips yang bisa bunda lakukan agar anak bisa membaca dan hafal Al-Quran yang telah diberikan seperti melalui website, instagram, twitter dan facebook, bahkan ada juga yang memberikannya secara kursus online seperti mengajarkan cara menghafal Al-Quran, belajar membaca, dll.

Umumnya, untuk pembelajaran yang seperti ini bisa berbagai macam bentuk, bisa melalui teks ataupun tulisan artikel, seperti gambar dan juga video. Jadi, di era modern ini sudah banyak sekali yang membagikannya dengan berbagai macam cara tentang tips agar anak bisa membaca dan hafal Al-Quran yang bisa bunda atau ayah dapatkan secara gratis.


Cara Agar Anak Bisa Membaca Al-Quran Sejak Usia Dini Sebelum Usia 7 Tahun

Meskipun sudah banyak yang membagikan cara dan tips-tips mudah untuk menghafal Al-Quran, namun hal pertama yang harus bunda lakukan yaitu cara belajar membaca Al Quran dengan baik dan benar, agar nantinya ketika anak bunda sudah menghafal alquran tetap dalam lafaz bacaan yang benar dan tepat.

Di bawah ini merupakan salah satu tips agar anak bunda bisa menghafal Al-Quran seperti yang telah disampaikan oleh Syeikh Dr. Kamil Al-Labudi.

Tips berikut ini merupakan pengalaman beliau ketika mendidik anak-anaknya saat usia anak 1 hari sampai usia 4 tahun lebih. Dengan tips berikut ini, anak-anak beliau sudah bisa menghafal Al-Quran sejak usia dini.

Berikut Tipsnya Agar Anak Bisa Hafal Al Quran Sejak Usia Dini:

1. Ketika anak baru lahir ataupun saat usia 1 hari, perdengarkanlah anak dengan bacaan Al-Quran menggunakan audio, baik melalui ponsel ataupun secara langsung. Untuk bacaanya sebaiknya minimal 1 juz /surat-surat pendek setiap harinya, dan bisa diulang-ulang sebanyak 5x per hari. Misal sehabis shubuh 1x, sehabis dhuhur 1x, sehabis ashar 1x, sehabis maghrib 1x, sehabis isya' 1x.

Lakukanlah cara ini kurang lebih selama 1 bulan. Jika dihitung: maka dalam 1 bulan anak telah mendengarkan bacaan Al-Quran sebanyak 150x dalam 1 bulan.

Dengan melakukan cara ini, maka anak bunda sudah terbiasa mendengarkan bacaan Al-Quran, dengan begitu maka anak bisa mengerti tentang apa yang di dengarkan-nya tersebut, bahkan bisa mengingat apa yang ia dengarkan.

Lakukanlah secara kontinyu hingga anak semakin tumbuh besar.

2. Untuk memperdengarkan berupa audio Al-Quran, pilihlah dari audio para qori atau qoriah yang benar-benar fasih dan tepat dalam bacaannya. Hal ini bertujuan Agar anak bunda juga bisa menirukan dari suara audio tersebut dengan benar dan tepat.

3. Ketika anak sudah tumbuh besar dan telah terbiasa mendengarkan audio bacaan Al-Quran, selanjutnya cobalah bunda atau ayah ajak si kecil untuk menghafal setiap bacaan Al-Quran dari audio yang telah ia dengarkan selama ini.

Saat proses menghafalkan ini, sebaiknya hafalkan bacaan Al-Quran setengah halaman dulu atau bisa di ulang sebanyak 5x dalam sehari.

Selanjutnya, Saat proses menghafal Alquran ini, sebaiknya bunda dan ayah membuat metode belajar yang menarik dan tidak memaksanya, sebab dengan metode belajar yang menarik dan di sukai oleh anak tentunya membuat anak akan tetap mau belajar.

Untuk mencari metode belajar yang menarik, sebaiknya disesuaikan dengan keinginan anak dan berikanlah reward atau hadiah setiap anak mau menghafalkan alquran ketika berhasil.

4. Doakanlah anak agar dimudahkan untuk menghafal Alquran serta agar dimudahkan untuk membimbing anak.

Dengan cara-cara diatas, jika dilakukan sejak usia anak baru lahir, maka saat usia anak menginjak umur 2 tahun lebih, maka ia sudah bisa menghatamkan Alquran dengan metode mendengarkan bacaan Al-Quran tadi.

Selanjutnya ketika usia anak menginjak 2 tahun berikutnya, anak bisa menghatamkan alquraan seperti apa yang telah di dengarkan. Maka di usia anak yang ke 4 - 5 tahun, anak sudah benar-benar bisa menghafal Al-Quran.

Dan yang terpentingnya lagi saat membimbing anak untuk bisa menghafalkan Al-Quran tentunya tergantung dari niat dan juga ke-istiqomahan dari kedua orangtua-Nya.

Tentunya kedua orang tua harus kompak, harus sabar dan juga harus melakukan hal-hal yang sunnah serta menjalani segala kewajiban sebagai seorang muslim. Sebab, Keberhasilan anak juga tergantung dari pendidikan orang tua serta niat dan usaha dari kedua orangtuanya.

Itulah sedikit ulasan tentang tips dan cara agar anak bisa menghafal Al-quran sejak usia dini sebelum umur 7 tahun yang bisa saya sampaikan. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan untuk kita semua dalam mendidik anak-anak kita.
Aamiin.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Tips Anak Hafiz Qur'an (Anak Pandai Membaca Al-Quran Sejak Usia Dini, Sebelum Usia 7 Tahun)"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2