√ Cara Mengetahui Gaya Belajar Anak Auditori Usia 4-5 Tahun Untuk Memudahkan Belajarnya ...

Setiap anak mempunyai panca indra yang dapat berkembang seiring stimulasi yang telah bunda berikan sejak anak masih dalam kandungan.

Begitu anak lahir, berbagai macam rangsangan yang diterima oleh anak semakin dalam dan semakin mempertajam kelima panca indra yang ia miliki.

Pada titik tertentu, khususnya ketika anak sudah mulai memasuki usia prasekolah atau sekitar usia anak 4-5 tahun, ia mulai menunjukan berbagai macam preferensi gaya belajar tertentu seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu visual, kinestetik, dan juga auditori. Tanpa orangtua sadari, sebenarnya anak belajar lebih mudah dengan metode salah satu gaya belajar tersebut.

Oleh sebab itu, orangtua perlu melakukan beberapa langkah pengamatan untuk mengenali gaya belajar anak.


Cara Belajar Anak Auditori Yang Harus Di Perhatikan Orang Tua
sebagian anak, panca indra pendengaran berfungsi lebih optimal jika dibandingkan dengan panca indra yang lainnya. Misalnya, berbagai informasi yang mereka dengarkan, informasi yang mereka terima, dan juga pada proses pembelajaran informasi yang lainnya. Dari situlah anak akan belajar tentang banyak hal, terutama pada saat ia mendengarkan dan memperhatikan.

Lalu, bagaimanakah cara belajar yang tepat untuk anak bergaya belajar auditori ini?

1. Kenali gaya belajar anak auditori
Pada umumnya, anak-anak dengan gaya belajar auditori ini sangat piawai dalam mendengarkan instruksi dan cukup peka dengan kata-kata yang orang lain ucapkan. Selain itu, Anak dengan mudah memperoleh berbagai informasi ataupun pengetahuan secara cepat melalui percakapan ataupun sekedar cerita.

Ciri-ciri anak gaya belajar auditori ialah:
A) Mudah Mengingat informasi dengan mengucapkan secara lantang.
B) ia harus bisa mendengarkan penjelasan secara lisan.
C) anak sedikit mengalami kesulitan mengikuti instruksi tertulis, biasanya anak lebih suka mengikuti instruksi yang disampaikan secara verbal.
D) anak seringkali bicara pada diri sendiri saat mempelajari sesuatu.
E) Anak Auditori Lebih menyukai berkelompok daripada bekerja sendirian.
F) Cukup Menjelaskan satu kata atau dua kata saja, anak bisa mengingat informasi tersebut.
G) pada umumnya anak auditori ini lebih mudah berkonsentrasi sambil mendengarkan music, atau seringkali mengucapkan sendiri dengan apa yang sedang ia pelajari.

2. Mungkinkah anak mempunyai lebih dari satu gaya belajarnya?
Tentu saja, Apalagi saat usia anak sudah memasuki prasekolah. Umumnya, metode belajar yang diterapkan disekolah selalu berupaya untuk memaksimalkan panca indra anak.

Metode belajar prasekolah yang disampaikan pada umumnya menggunakan beberapa pendekatan sekaligus, misalnya seperti membacakan cerita (auditori), bermain blok atau puzle (kinestetik), serta pengenalan tentang warna dan juga bentuk (visual).

Bunda juga tidak perlu khawatir tentang hal ini. Di sekolahnya, Anak-anak justru akan di ajarkan memaksimalkan semua indra yang dimilikinya agar anak bisa berkembang secara optimal.

3. Cara mendukung anak gaya belajar auditori
cara terbaik yang bisa bunda lakukan ialah, dengan cara mengenali apa minat anak dan memberikan beberapa sumber ataupun materi apa saja yang bisa anak pelajari dengan gaya belajar auditori.

Bunda harus bisa mengamati manakah aktivitas yang lebih disukai oleh anak, dan harus melakukan pendekatan belajar dari cara-cara tersebut.
Misalnya: Bunda telah mengetahui bahwa anak sangat cepat menghafal lirik lagu. Maka, gunakanlah cara bernyanyi untuk memperkenalkan informasi tersebut pada anak, misalnya seperti lagu doa-doa harian, lagu nama-nama warna dan bentuk, hingga lagu berhitung.

Selain itu, bunda  juga bisa menyediakan beberapa buku dengan suara ataupun sound book untuk membantu anak bisa belajar dari hal-hal baru. Begitu juga saat bunda menemani anak bermain dirumah. Sampaikanlah instruksi secara lisan, perlahan, dan juga dengan bahasa-bahasa yang mudah dipahami oleh anak.

Ketika bunda membacakan buku, lakukanlah dengan membaca secara lantang (read aloud). Setelah membacakan sebuah buku atau mendongeng cerita untuk anak, sebaiknya tanyakan kembali kepada anak tentang apa saja yang baru ia dengarkan. Sebab, hal Ini bisa membantu anak bisa lebih memahami sesuatu secara mendalam.

Selanjutnya, Ajarilah anak untuk bisa memaksimalkan gaya belajarnya ketika ia sedang mempelajari suatu hal dengan cara lain.

Misalnya, ketika anak merasa kesulitan memahami huruf-huruf yang ada di buku. Untuk mengajari anak auditori ini, bunda harus bisa mendorongnya dengan cara melafalkan setiap huruf secara lantang, agar ia bisa lebih mudah mengingatnya.

Itulah penjelasan untuk mengetahui anak belajar dengan gaya auditori dan cara mendukungnya.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Cara Mengetahui Gaya Belajar Anak Auditori Usia 4-5 Tahun Untuk Memudahkan Belajarnya ..."

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2