√ Hidung Anak Mimisan? Ketahui, Mimisan Yang Normal Dan Berbahaya Pada Anak

Mimisan seringkali diartikan sebagai perdarahan pada bagian hidung. Gangguan kesehatan yang seperti ini dalam dunia medis biasa dikenal dengan istilah epistaksis.

Saat anak mimisan, darah akan keluar melalui salah satu atau kedua lubang hidungnya. Pada umumnya, mimisan tersebut biasa terjadi hanya beberapa detik saja, atau dalam rentang waktu kurang lebih 1-3 menit.


Meskipun mimisan cenderung tidak berbahaya, akan tetapi jika anak bunda mengalami mimisan, pasti bunda merasakan panik dan juga khawatir. Untuk itu berikut ini akan uraikan penyebab mimisan.

Penyebab Hidung Mimisan
Anak dibawah usia 13 tahun, lebih cenderung mengalami mimisan jika dibandingkan dengan orang dewasa. Berikut Ini terdapat beberapa masalah yang seringkali terjadi pada anak mimisan:

a. Pembuluh darah hidung anak lebih sensitif dan juga rentan.
b. Beberapa ahli juga mengatakan "faktor genetik juga bisa memengaruhi penyebab anak mudah mengalami mimisan".
c. Anak memiliki pembuluh darah hidung yang sangat sensitif. Jadi, normal saja saat mereka mengalami mimisan ketika kelelahan ataupun saat terserang alergi dan juga pilek.
d. Terbentur saat beraktifitas dan bersin terlalu keras.
kedua hal ini juga merupakan salah satu pemicu mimisan pada anak yang paling umum.
e. Faktor Udara kering yang dapat membuat selaput hidung menjadi kering dan juga gatal, sehingga menyebabkan hidung anak rentan dengan mimisan.
Saat gatal, biasanya hidung akan di garuk-garuk menggunakan jari tangan secara berlebihan, sehingga dapat menyebabkan perdarahan ataupun iritasi.
f. Penyebab lain yang paling umum dan  menyebabkan anak rentan mimisan ialah faktor pilek yang membuat hidung menjadi iritasi.
.
Cara Mengatasi Hidung Mimisan
Saat anak Mimisan, Sebaiknya Bunda Jangan panik. Untuk pertolongan pertamanya, bunda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Mintalah kepada anak untuk duduk dengan posisi kepala normal, arahkan agar kepala tidak mendongak.
Salah satu kesalahan yang seringkali terjadi ialah, anak mengalami mimisan diminta untuk mendongakan kepalanya dengan tujuan untuk menghentikan perdarahan pada mimisan tersebut. Dampaknya, darah akan masuk ke dalam saluran pernafasan.

Yang benar ialah, mintalah kepada anak untuk sedikit membungkuk ke arah depan dan bernafas melalui mulut. Selanjutnya, Cubit perlahan pada bagian lunak hidungnya, yaitu diantara lubang hidung. Bunda juga bisa menempelkan ice pack ataupun es yang dibalut dengan handuk, setelah itu tempelkan pada batang hidung anak.

2. Mintalah kepada anak untuk tetap duduk dengan tegak, hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah hidung.

Ciri-Ciri Hidung Mimisan Yang Berbahaya
1. Meskipun mimisan termasuk kondisi yang cukup normal dan sering terjadi, akan tetapi mimisan pada anak perlu bunda waspadai jika ia mengalaminya lebih dari 1x dalam seminggu. Sebab, mimisan juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit yang berbahaya, meskipun jarang terjadi, seperti penyakit leukemia.

2. Anak-anak yang seringkali mengalami mimisan kemungkinan besar menderita gangguan pembekuan darah (hemophilia). Bunda harus Waspada dengan gejala tersebut, terutama ketika anak mengalami mimisan yang tidak berhenti lebih dari 3 menit.

3. Bunda perlu mewaspadai dan segeralah bawa anak ke dokter jika ia seringkali mimisan, dan jika terjadi pada anak yang masih berusia di bawah 2 tahun.

4. Perdarahan lebih dari 10 menit. Jika darah yang keluar dari hidung jumlahnya sangat banyak, maka Anak akan mengalami kesulitan bernafas.

5. Mimisan yang disertai dengan pusing, mual, dan juga muntah.Tanpa disengaja akan terminum hingga mengalami muntah.

6. Terlihat pucat dan juga lemas.
7. Mimisan disebabkan karena cedera berat, seperti kecelakaan ataupun terbentur.
--------
Mimisan yang disebabkan karena pembuluh darah masih sensitif pada anak, biasanya akan menghilang dengan sendirinya seiring anak bertambah besar, biasanya diantara usia 10 hingga 12 tahun.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Hidung Anak Mimisan? Ketahui, Mimisan Yang Normal Dan Berbahaya Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2