√ Do'a Agar Anak Cepat Bisa Bicara, Dan Jenis Makanan Yang Dapat Menstimulasi Anak Bisa Bicara

Tumbuh kembang pada setiap anak memanglah berbeda-beda. Namun jika anak bunda terasa sangat lambat dalam perkembangannya, bahkan ketika anak di usia yang sudah seharusnya namun belum bisa bicara atau tidak lancar bicara, bisa jadi ada sesuatu yang salah. Misalnya ketika anak usia 3 tahun belum bisa bicara ataupun masih kesulitan ketika ia bicara.

Keterlambatan bicara ini bisa saja terjadi karena suatu hambatan pada pendengaran, hambatan perkembangan otak-nya, dan juga minimnya komunikasi antara orangtua dan anaknya.

Untuk itu, disarankan bunda bisa lebih dulu mengecek kesehatan anak ke dokter. Selain itu, bunda juga harus senantiasa menstimulasikan melalui makanan atau percakapan.


Namun, selain usaha lahir, bunda juga perlu melakukan beberapa usaha batin yaitu berdoa kepada Allah SWT.

Bagaimana doanya agar anak bisa cepat bicara? Lalu, makanan seperti apakah yang bisa menstimulasikan-Nya?

Doa Agar Anak Cepat Bisa Bicara
Ada 2 urutan doa agar anak bisa cepat bicara. Doa yang pertama ialah sebagai berikut:

"Subhana man allamal insana ma lam ya'lam"
.
Artinya ialah: "Maha suci Allah yang telah mengajarkan Kepada manusia dengan sesuatu yang ia tidak ketahui"

Kemudian Tiupkanlah doa tersebut sebanyak 3 kali pada air minum-Nya. Selanjutnya, minumkanlah kepada anak bunda. Lakukan juga setiap kali ketika bunda selesai melaksanakan shalat fardu.

Setelah bunda membacakan doa tersebut, urutan doa yang kedua ialah dengan membacakan Asmaul Husna sesering mungkin setiap kali akan menidurkan anak. Sebab, Asmaul Husna dipercaya bisa menutrisi otak kanan dan kiri pada anak-anak.

Ketika bunda mengamalkan doa tersebut, lakukanlah dengan khusuk, maka dengan izin Allah anak bunda akan segera cepat bisa bicara.

Jenis Makanan Yang Dapat Menstimulasi Anak untuk Cepat Bisa Bicara
Selain mengamalkan doa-doa diatas dan sering mengajak anak untuk berbicara serta berinteraksi, bunda juga bisa melatih stimulasinya dengan beberapa asupan makanan tertentu, yaitu:

Makanan Yang Manis
Pada bagian titik ujung lidah berfungsi untuk menangkap rasa manis, sehingga dapat menstimulasikan ucapan dan artikulasi konsonan huruf ‘t’, ‘d’, ‘m’, ‘l’, dan ‘r’.

Beberapa jenis makanan yang bisa bunda berikan kepada anak ialah seperti madu, cokelat, ataupun es krim.

Makanan Yang Asam
Kemudian pada bagian titik samping kanan dan kiri bertugas untuk menangkap sensor rasa asam yang bisa menstimulasi ucapan dan bunyi konsonan dari huruf ‘c’ dan ‘j’.

Untuk bisa merangsangnya, anak bunda bisa diberikan berupa jenis makanan seperti buah jeruk ataupun buah asam yang lainnya.

Makanan Yang Asin
Selanjutnya pada bagian titik tengah lidah bertugas untuk menangkap sensor rasa asin serta dapat menstimulasi ucapan dari huruf konsonan ‘c’, ‘j’, dan juga konsonan ganda (sengau) seperti ‘ny’.

Untuk Jenis makanannya yang bisa merangsangnya ialah berupa keju parut dan juga mentega.

Makanan Yang pahit
Pada Bagian titik pangkal (bagian belakang) lidah juga bertugas untuk menangkap rasa pahit dan dapat menstimulasi ucapan dari konsonan huruf ‘k’, ‘g’, ‘x’, dan juga konsonan ganda ‘ng’.

Makanan yang dapat menstimulasi bunyi huruf ini ialah seperti sawi ataupun sayur-sayuran hijau lainnya yang terasa pahit.

Makanan Yang pedas
Yang terakhir, Seluruh bagian permukaan lidah mempunyai titik sensor yang keseluruhannya bisa menangkap rasa pedas.

Maka dari itu, bagian lidah tersebut bisa merangsang lafal konsonan huruf ‘f’, ‘ch’, ‘sh’, dan juga ‘s’.

Nah, itulah beberapa urutan doa agar anak bisa bicara beserta jenis-jenis makanannya yang bisa menstimulasikan-Nya.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2