√ Cara Mengatasi Anak Selalu Melawan Dan Menjawab Balik Ketika di Tegur OrangTua ...

Dalam perkembangan anak, setiap dari mereka akan mengalami fase bahwa ia akan berusaha menjawab balik dan menentang ketika orangtua menegurnya.

Bunda, Tidak perlu menunggu ia beranjak remaja, perilaku menjawab balik dan menentang ini bisa terjadi saat anak sudah merasa besar di usia antara 3 hingga 4 tahun.

Perilaku anak yang Menjawab balik ataupun menentang ketika ditegur merupakan salah satu wujud protes si Anak terhadap orangtua-Nya.

Bunda tidak perlu khawatir, apabila hal ini terjadi hanya sekali saja. Akan tetapi bagaimanakah jika anak terus-terusan menjawab balik dan menentang setiap kali orangtua menegur-Nya?


Penyebab Anak Melawan, Menjawab Balik, Dan Menentang Ketika Di Tegur Orangtua
Pada umumnya, ada beberapa alasan yang bisa mendasari anak selalu menjawab balik atau menentang ketika orangtua menegurnya, misalnya saja karena hal-hal berikut ini:

a). Anak merasakan tidak berdaya karena ia tidak memiliki kendali atas perintah orangtuanya.
b). Terpengaruh oleh film ataupun kartun yang ia tonton, misalnya pada adegan tertentu membuat anak beranggapan bahwa perilaku membantah orangtua adalah salah satu tindakan yang lucu dan keren.
c). Anak Hilang kendali atas mood-Nya sendiri karena tekanan dari orangtuanya.
d). Anak berusaha mencari perhatian lebih dari kedua orangtua-Nya.
e). Perilaku anak atas bentuk dari reaksi perubahan hidupnya yang terjadi. Misalnya: ketika anak menghadapi situasi baru seperti sekolah baru, pindah rumah, guru baru, ataupun kondisi ibu dan ayahnya yang selalu bertengkar.
f). Penyebab yang terakhir karena Anak seringkali menerima tekanan ataupun intimidasi di sekolah dan sekitarnya.

Banyak sekali orangtua yang merasa marah ketika mendapati anaknya menjawab balik saat ditegur. Sebenarnya hal ini adalah salah satu reaksi yang normal dan juga wajar pada setiap orang, meskipun bisa dikatakan sikap ini bukanlah tindakan yang bijaksana. Oleh sebab itu, ada baiknya orangtua selalu mencoba melakukan pendekatan terhadap anak.


Cara Mengatasi Anak Selalu Melawan, Menjawab balik Dan Menentang Ketika Di Tegur Orangtua
Berikut dibawah ini langkah dan cara yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi anak yang suka menentang, menjawab balik ataupun suka melawan ketika di tegur:

1. Pahamilah penyebab utamanya
Seperti yang sudah dibahas diatas, ada beberapa alasan yang bisa mendasari kenapa anak seringkali menjawab balik, melawan dan menentang saat ditegur.

Jika hal itu terjadi karena pengaruh dari acara TV yang ia tonton. Sebaiknya bunda memberikan pengertian dan arahan kepada Anak "bahwa meskipun acara tv terlihat lucu, adegan yang seperti itu sebenarnya tidak boleh dipraktekkan dalam kehidupan nyata".

Begitu pula ketika anak bunda sering menjawab balik jika berasal dari perubahan kehidupannya. segeralah ajak anak untuk berbicara langsung dari hati ke hati dan bantulah anak untuk menyesuaikan diri dengan situasi barunya.

2. Jangan bertindak Secara berlebihan
Meskipun memang dirasa cukup sulit untuk dilakukan, tetapi orangtua harus bisa dan tetap berusaha untuk tidak bertindak secara berlebihan ketika anak selalu menjawab balik setiap komentar yang dilakukannya.

Dengarkanlah apa keluh kesah anak, mungkin saja bunda belum memahami apa keinginan anak selama ini.

3. Bereaksi secara Bijaksana
Apapun yang dikatakan oleh anak ketika menjawab balik, melawan ataupun menentang saat ditegur, bereaksilah secara bijaksana tetapi tegas ketika meresponnya.

Jika anak sudah melewati batas, segeralah tegur anak, misalnya dengan penekanan kalimat seperti, “Tolong, bicaralah lebih sopan dengan bunda yah, Kak.” Teguran yang seperti ini bisa menandakan bahwa bunda benar-benar serius dan tidak menyukai sikapnya.

Apabila kejadian yang seperti ini berlangsung ketika ditempat umum, bawalah anak ke tempat yang lebih tenang dan jangan sampai mengajaknya untuk berdebat di keramaian.

4. Ajaklah anak berbicara dari hati ke hati setelah ia tenang
Reaksi bunda yang meminta anak untuk bisa menahan diri dan berperilaku hormat sebenarnya bukanlah akhir dari sebuah perdebatan. Setelah semuanya terlewati dan anak bunda mulai merasa tenang, katakanlah padanya "bahwa bunda sebenarnya tahu bahwa ia sangat marah dan semua itu bisa dibicarakan dengan cara baik-baik tanpa perlu berdebat".

Ketika anak bunda sudah mengetahui bahwa orangtua peduli dengan apa yang dilakukannya, kemungkinan besar ia akan menahan diri untuk tidak membantah lagi ketika orangtua menegurnya.

5. Tetapkanlah aturan dan bersikap tegas
Sebenarnya, Sikap anak lebih cenderung terkendali saat ia sudah memahami aturan dasar yang berlaku setiap harinya. Misalnya: waktu untuk menonton TV, etika terhadap orang dewasa, etika di meja makannya dan lain-lain sebagainya.

Tanamkanlah secara terus menerus dengan aturan-aturan dasar ini, sehingga anak bisa mengetahui mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh untuk dilakukan. Libatkanlah ayah untuk menerapkan aturan dan didikan dirumah agar bunda tidak merasa kesulitan saat anak keluar dari aturan tersebut.

Umumnya, Ketika anak sudah memahami aturan dasar, maka anak bisa menyadari kesalahannya sehingga ia tidak akan melakukan perlawanan ketika ditegur.

Anak-anak pada umumnnya saat ditegur karena perilaku buruknya. Namun, terkadang orangtua juga selalu lupa untuk memberikan pujian dan penghargaan saat anak berperilaku baik, patuh, dan juga melakukan kewajibannya dengan tanggung jawab.

Jadi sebaiknya, bunda jangan sampai salah untuk  menentukan langkah yang tepat ketika menghadapi anak.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Cara Mengatasi Anak Selalu Melawan Dan Menjawab Balik Ketika di Tegur OrangTua ..."

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2