√ Cara Mengatasi Anak Malas Belajar, Terapkan 10 Langkah Efektif Agar Anak Giat Belajar

Masa anak-anak memang selalu dipenuhi oleh suatu keinginan untuk terus bermain. Akan tetapi efek dari anak-anak yang terus bermain membuat mereka malas dan lupa untuk belajarnya. Padahal belajar merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk perkembangannya.

Sebenarnya banyak sekali faktor yang bisa membuat anak malas untuk belajar, misalnya seperti terlalu asik bermain bersama teman-temannya, asik dengan mainan barunya, asik menonton TV, asik memainkan gadget, main Game, Waktu bermain yang tidak terkontrol, dan juga kegiatan lainnya yang bisa membuat anak menjadi malas belajar.  Jika hal ini dibiarkan begitu saja, tentu perkembangan anak dan prestasinya akan semakin menurun, bahkan anak bisa saja tidak naik kelas.

Untuk mengatasinya, perlu beberapa cara khusus yang harus bunda terapkan pada anak agar ia mau memulai belajarnya demi meningkatkan prestasi-Nya. Berikut dibawah ini cara yang bisa bunda terapkan pada anak bunda:


Cara mengatasi Anak Malas Belajar
Dibawah ini kami rangkum beberapa cara mengatasi anak malas belajar yang  bisa bunda terapkan dirumah.

1. Berikanlah cerita kepada anak tentang 'si pintar dan si bodoh'
Dengan memberikan cerita kepada anak tentang si pintar dan si bodoh, maka bisa membuat anak semakin memahami dampak dari malas belajarnya. Sebaiknya bunda memberikan cerita menarik untuk anak agar ia memahami dampaknya menjadi orang bodoh.

Selanjutnya, Selain memberikan cerita tentang anak si pintar dan si bodoh, Bunda juga bisa katakan kepada anak dengan kutipan berikut ini:
"Jika Adek/Kakak malas belajar tentu saja akan menjadi anak yang bodoh dan tidak disukai oleh teman-teman baik di sekolah ataupun saat bermain. Dan kamu juga akan dijauhi oleh teman-teman karena tidak bisa melakukan apa-apa. Akan tetapi jika adek/kakak rajin belajar maka akan menjadi anak yang pintar dan selalu disukai oleh teman-teman. selain itu Kamu juga bisa mendapatkan nilai yang bagus dan di senangi banyak teman dan guru di sekolah”.

Bunda bisa memberikan pemahaman seperti kutipan diatas atau dengan ungkapan kata-kata lainnya. Tentunya pemahaman ini agar anak bunda bisa mengerti maksud dari pentingnya belajar.

Dan jika anak disuruh untuk memilih antara anak pintar atau anak bodoh, tentu saja ia akan memilih untuk menjadi anak yang pintar. Dan cara ini sangat efektif untuk memberikan pengertian dan pemahaman pada anak.
------
Namun seringkali orangtua tidak pernah memberikan pemahaman pada anak, sehingga ketika orangtua menyuruh anak belajar, orangtua selalu berteriak dan memarahi anak. Tentu saja cara ini sangat salah dan bisa menjadikan anak semakin malas belajar karena mengira bahwa belajar adalah sebuah tuntutan tanpa pemahaman.

Sebenarnya jika orangtua memberikan pemahaman dan pengertian yang tepat pada anak, mereka akan berpikir dan mau belajar demi mendapatkan nilai yang bagus serta ingin mendapatkan prestasi.

2. Berikanlah motivasi secara terus menerus
Teruslah untuk mendorong dan memberikan motivasi pada anak agar mereka mau belajar setiap waktu.

Lakukanlah dengan berbagai cara dan usaha yang bisa bunda lakukan agar anak tetap mau belajar dan semangat mendapatkan prestasi. Dan jangan sampai mendorong anak terlalu keras untuk menyuruh anak belajar. Sebab mereka bisa hilang minat belajarnya.

Peran orangtua sebenarnya sangatlah penting dan berpengaruh dalam mendidik anak. Tergantung bagaimana orangtua menyikapi dan mengatasi anak yang malas belajar.
.
3. Aturlah jadwal bermainnya dan waktu belajar anak
Buatkanlah jadwal sederhana dan menarik untuk anak agar ia semakin semangat pentingnya menjalankan jadwal yang telah dibuat.

Berikan juga apa konsekuensinya jika anak melanggar peraturan jadwal tersebut. Namun jangan lupa jika anak mampu menjalankan tugas jadwalnya berikan hadiah kesukaanya, misal makanan kesukaannya, minumannya ataupun hadiah yang lainnya.

Dan apabila anak tidak mau menjalankan tugas jadwalnya, bunda bisa menerapkan hukuman seperti memotong uang jajannya atau menyuruh anak untuk membereskan kamarnya.

Dengan adanya jadwal seperti ini, tentu saja akan membantu anak untuk bisa semangat dalam belajarnya karena jadwal merupakan langkah awal untuk mengatur waktu yang tepat dan menjadikan anak disiplin.

4. Berikanlah hadiah yang ia sukai apabila anak naik peringkat
Selanjutnya, katakanlah pada anak apabila ia naik peringkat dan bisa mendapatkan nilai yang tinggi dari sebelumnya, maka ia akan mendapatkan suatu hadiah.

Dan apa-pun hadiahnya itu tergantung bunda, bisa diberikan sepatu baru, tas baru ataupun bentuk hadiah yang lainnya.

Sebab memberikan reward bisa menjadikan suatu pendorong bagi anak untuk terus meningkatkan prestasinya.

5. Sebaiknya dampingi anak selama ia belajar dirumah
Terkadang anak sangat malas untuk belajar sendiri. sebaiknya, bunda terus mendampingi anak dalam belajarnya dan pada saat ia mengerjakan tugas-tugas sekolahnya.

Selain ia bisa lebih fokus untuk belajar, anak juga bisa meminta bantuan kepada bunda apabila ia merasa kesulitan menyelesaikan tugas sekolahnya.

6. Belikanlah media buku-buku edukatif yang menarik dan diminati oleh anak
Saat ini, banyak sekali buku-buku edukatif dengan bentuk yang sangat menarik dan unik, sehingga bisa mendatangkan minat anak untuk membacanya.

Saat ingin membelikan buku untuk anak, Belikanlah sesuai karakter yang disukai oleh anak. Hal ini tentu saja akan menjadi media pertama yang bagus untuk menarik anak membacanya. Sehingga lama-kelamaan anak akan terbiasa untuk membaca dan belajar.

7. Sediakanlah ruangan yang nyaman dan tenang ketika anak belajar dirumah
Sebaiknya bunda menyediakan ruangan khusus untuk anak belajar, misalnya didalam kamarnya sendiri ataupun di ruangan khusus lainnya.

Bunda juga Jangan pernah mengajak anak belajar diruangan keluarga sambil menonton TV.  Meskipun bunda tidak mau ketinggalan episode sinetron yang disukai. Sebab, Hal ini bisa mengganggu konsentrasi anak dan bisa membuat anak tidak akan tertarik dengan belajarnya karena terganggu oleh acara televisi.

8. Berikanlah metode belajar yang menyenangkan
Selanjutnya, Buatlah suatu metode belajar yang menarik dan menyenangkan agar anak bunda tidak merasakan bosan karena harus belajar dan belajar.

Sesekali bunda bisa selingi dengan cara permainan yang menarik dan menyenangkan untuk anak.

9. Kenalilah penyebab anak malas belajar
Anak yang malas belajar pasti ada alasannya, bisa disebabkan karena kelelahan setelah ia bermain ataupun karena rasa kantuk yang bisa membuatnya menjadi malas.

Sebaiknya bunda harus bisa mengatasi yang menjadi penyebab anak menjadi malas belajar. Untuk langkahnya bunda bisa batasi waktu bermainnya dengan membuatkan jadwal bersama-sama agar ia menyetujui dan mengingat waktu jadwalnya.

10. Tetap Sabar
Terkadang pasti ada saja anak yang bandel dan susah untuk di atur, dalam hal ini sebaiknya bunda tetap sabar dalam memberikan motivasi pada anak.

Bunda Jangan pernah membentak anak, berusahalah untuk tetap sabar ketika menghadapi anak yang malas belajar.

Lakukan cara-cara diatas dengan rutin dan konsisten, dengan begitu anak bunda akan mengerti dan memahami pentingnya belajar untuk dirinya sendiri.

Demikianlah beberapa cara mengatasi anak malas belajar yang bisa bunda terapkan dirumah.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2