√ Cara Melatih Konsentrasi Anak Usia 4 Tahun dan 5 Tahun

Konsentrasi merupakan salah satu kemampuan diri pada seseorang untuk bisa fokus ataupun tetap memusatkan perhatian pada satu titik.

Umumnya, Kemampuan untuk bisa konsentrasi ini sangat dibutuhkan oleh semua orang dalam kehidupan sehari-harinya agar bisa bekerja secara maksimal dan bisa belajar dengan baik.

masalahnya, pasti ada saja yang bisa mengganggu pusat konsentrasinya akibat adanya hal lain yang bisa mengganggu pikiran ataupun menarik perhatiannya.

Begitu juga pada anak-anak usia 4 tahun dan 5 tahun yang merasa kesulitan untuk bisa konsentrasi dalam mempelajari sesuatu hal, karena memang dalam pikiran mereka selalu dipenuhi oleh suatu keinginan untuk terus bermain dan juga berimajinasi.

Jika anak bunda tetap dibiarkan tidak mampu dalam konsentrasi dan fokusnya, maka yang dikhawatirkan ialah membuat perkembangan anak menjadi sangat lambat dalam belajarnya.


Cara Melatih Anak Konsentrasi Dan Fokus Belajar
Untuk melatih konsentrasi anak di usia 4 tahun dan 5 tahun, simaklah beberapa tahapan yang bisa membantu anak bisa konsentrasi dalam belajarnya berikut ini:

1. Berikanlah Waktu Belajar Dalam Rentang Waktu Yang Singkat.
Anak-anak usia 4 tahun dan 5 tahun tentunya lebih aktif untuk bergerak dan sangat sulit untuk bisa diam.

Ketika bunda ingin melatih konsentrasi dan fokus pada anak, berikanlah waktu belajar yang singkat saja, dan jangan sampai memberikan waktu yang banyak, sebab anak usia 4 tahun dan 5 tahun tentunya hanya bisa fokus dalam rentang waktu yang sedikit. Umumnya hanya 15 menit dan 25 menit.

Selain itu, Jika bunda memberikan pembelajaran dalam waktu yang lama, tentunya akan membuat anak menjadi jenuh dan belajarnya tidak akan selesai-selesai. sebab, konsentrasi dalam mengerjakan tugas belajarnya telah hilang karena se-usia mereka masih ingin tetap bermain.

2. Jauhkanlah Anak Dari hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasinya
Anak yang fokus dalam belajarnya bisa saja terganggu oleh sesuatu yang menarik perhatiannya. Misalnya Seperti adanya mainan yang menarik ataupun sesuatu hal lain yang ia sukai.

Sebaiknya, bunda jauhkan semua hal-hal tersebut yang dapat mengganggu konsentrasi dan fokus anak.

3. Berikanlah latihan secara berulang-ulang.
Agar anak bunda bisa konsentrasi dalam belajarnya, sebaiknya anak sering dilatih agar ia terbiasa fokus dalam belajarnya. Misalnya, dengan cara yang paling mudah ialah belajar mewarnai, melukis dari bentuk yang ia sukai, kemudian dalam tahapan ini sebaiknya harus dilakukan secara berulang dan juga konsisten untuk mengasah daya fokus anak.

4. berikanlah suasana yang nyaman
Ruang belajar dan suasana belajar juga merupakan salah satu hal yang harus di perhatikan untuk proses belajar anak, tentunya agar anak bunda bisa melatih dirinya bisa konsentrasi dan fokus terhadap sesuatu.

Misalnya, ruangan belajar yang bersih, tidak gaduh karena musik dan nyaman bisa membuat anak menjadi lebih betah dan nyaman serta tetap semangat untuk belajar.

5. Terapkan Metode belajar sambil bermain
Anak-anak yang masih berumur 4-5 tahun pada umumnya memiliki karakter yang hampir sama, yakni mudah sekali untuk bosan dan selalu ingin bermain.

Oleh sebab itu, cara yang tepat untuk melatih anak bisa konsentrasi dan fokus adalah memasukan metode bermain dalam belajarnya. Sebab, Hal ini bisa mendorong anak bunda bisa konsentrasi dalam belajarnya.

Selain itu, belajar sambil bermain sangatlah menarik bagi mereka tanpa kehilangan waktu belajarnya.

6. Posisikanlah anak saat belajar dengan Baik dan Benar
Meskipun hal ini terdengar sangat sepele, ternyata hal ini juga bisa memberikan dampak bagi si anak untuk bisa konsentrasi.

Misalnya, anak yang belajar dengan posisi kepala bersandar akan membuat mereka menjadi mudah mengantuk dan kehilangan konsentrasinya.

Sebagai contohnya lagi, apabila posisi punggung anak tidak tegak selama belajar bisa membuat mereka lebih cepat lelah dan kurang nyaman, dan pada akhirnya membuat anak mudah untuk mengeluh karena kehilangan konsentrasinya.

Jadi hal-hal kecil yang sepele ini pun bisa memengaruhi konsentrasi pada anak.

7. Berikanlah mainan yang bisa mengasah konsentrasi anak.
Sebenarnya Banyak sekali mainan yang bisa melatih konsentrasi dan fokus anak, misalnya seperti mainan pasel.

Di permainan ini, Si anak akan belajar tentang membedakan pola, belajar berimajinasi dan juga belajar fokus untuk merangkai mainannya tersebut. Mainan yang seperti ini sangatlah bagus untuk mengasah otak anak.

dalam tahapan melatih konsentrasi anak, jauhkanlah ia dari game yang ada dalam gadget, sebab bisa merusak konsentrasi anak.

8. Jangan memaksa
Ketika bunda melatih anak usia 4-5 tahun agar mereka bisa konsentrasi terhadap sesuatu hendaknya dikerjakan dengan cara yang sabar, bertahap, konsisten, dan juga dilakukan secara berulang-ulang.

memaksakan anak untuk bisa konsentrasi dalam belajarnya juga tidak baik, sebab ada batasan-batasan dalam kemampuan setiap anak untuk menyerap pelajaran yang mereka terima. Sebaiknya, sesuaikanlah dengan kapasitas kemampuan anak.

9. Sabar
Cara mendidik anak usia 4-5 tahun agar bisa konsentrasi dan fokus juga tidak boleh dengan cara yang keras.

Sebaiknya, bunda jangan terlalu menuntut anak untuk bisa mengikuti apa yang bunda inginkan, sebab kemampuan setiap anak tentunya berbeda-beda dan dengan daya fokus yang berbeda pula.

Kita harus mengetahui karakteristik anak di usia dini dalam tahapan belajarnya, dan ikutilah alurnya agar anak bisa menyerap dan mudah menerima dengan baik.

10. Berikanlah Reward / Hadiah sebagai motivasinya
Setiap Anak pasti senang jika ia mendapatkan suatu hadiah. Jadi, Kita bisa memberikan mereka hadiah apabila anak berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Sehingga anak bunda akan tetap bersemangat dan berusaha untuk bisa fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan tugasnya. Tentunya pemberian reward ataupun hadiah sebagai alat motivasi bagi mereka agar tetap fokus dan konsentrasi dalam belajarnya.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Cara Melatih Konsentrasi Anak Usia 4 Tahun dan 5 Tahun"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2