√ Cara Melatih Kecerdasan Anak Visual Spasial

Kecerdasan Anak visual-spasial merupakan salah satu diantara 7 kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Kemudian, Jenis kecerdasan ini juga bisa dibilang masih langka atau hanya sedikit yang memiliki kecerdasan berupa visual-spasial ini.

Keistimewaan visual-spasial ini terletak pada kemampuan mereka berpikir, memahami dan juga mampu menerjemahkan pikiran ataupun imajinasi ke dalam bentuk secara visual. Untuk jenis kecerdasan ini selalu melibatkan warna, garis, ruang, bentuk, ukuran dan juga hubungan antara elemen-elemen tersebut.

Nahh, untuk anak yang memiliki kecerdasan visual-spasial ini biasanya ia mampu melihat suatu objek dari berbagai sudut pandangnya. Selain itu, Ia juga mampu merekam apa yang dilihatnya, dibayangkannya sebelum menuangkan kedalam bentuk berupa gambar yang detail.


Cara Mengetahui Kecerdasan Anak Visual - Spasial
Berikut dibawah ini ciri-ciri kecerdasan anak visual - spasial yang bisa bunda ketahui.

1. Mudah mengingat dan mampu menerjemahkan pikiranya sendiri.
Anak dengan kecerdasan visual-spasial ini dibekali dengan kemampuan yang lebih dibandingkan dengan anak-anak lainnya, misalnya dalam mengingat dan menerjemahkan isi pikirannya sendiri.

Seperti apakah indikator anak memiliki kecerdasan spasial ini?

A) Kemampuan anak menggambar diatas rata-rata. 
Ciri-ciri anak yang paling menonjol dari kecerdasan ini ialah kemampuan anak untuk menggambar sangat baik. bahkan anak juga mampu menggambar dalam bentuk tiga dimensi secara detail garis dan warna yang sangat baik.

B) Mudah mengingat dan menghafal jalan.
Sebaiknya Jangan sepelekan kemampuan anak yang mampu menghafal nama jalan. Sebab, anak dengan kecerdasan visual-spasial ini dapat dengan mudah mengingat maupun menghafal nama jalan hanya dengan sekali melewatinya.

C) Mampu menggambar denah rumah.
Kecerdasan yang dimiliki selanjutnya, anak mampu dengan mudah memvisualisasikan denah rumah. Misalnya ia bisa menjelaskan dan menggambar posisi ruangan yang ada di dalam rumah ataupun di kamarnya.

D) Mudah merangkai puzzle.
Anak-Anak yang gemar bermain puzzle mungkin sangat banyak, tetapi tentu tidak banyak anak yang mampu merangkainya dengan cepat.

Tipe anak visual-spasial dengan kecerdasan ini dapat dilihat dari kemampuannya ketika merangkai puzzle dengan tepat dan cepat. Bahkan Ia mampu mengingat bentuk dan juga posisi meskipun hanya sekali melihat.

2. Cara melatih kecerdasan Anak visual-spasial
Memang tidak semua anak di anugerahi dengan kecerdasan visual-spasial ini. Namun anak dengan kecerdasan ini bisa dilatih dan dikembangkan sejak usia dini.

A) Aktivitas seni dan menggambar.
ajaklah si Kecil untuk menggambar dan mewarnai dari yang mudah sampai warna yang rumit. Tentu, Aktivitas ini sangat berguna untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak.

B) Ajak Anak Untuk Membuat kerajinan tangan.
Selain bermanfaat untuk melatih motorik halusnya, bermain lilin ataupun pasir kinetik juga sangat berguna untuk mengembangkan kreativitas anak.

C) kenalkan geometri dasar.
Cara seru untuk mengenalkan geometri dasar ialah dengan mengajak anak bermain puzzle. Permainan ini juga mampu merangsang daya pikir anak untuk menemukan dan merangkai tiap-tiap kepingan puzzle menjadi sebuah bentuk gambar. Namun sesuaikanlah tingkat kerumitan puzzle dengan usia anak.

D) Belajar navigasi.
Mengenalkan arah jalan bisa dimulai dengan mengajari anak dengan cara membedakan tangan kanan dan tangan kiri.

Jika anak sudah mulai paham, bunda juga bisa mengajari anak dengan beberapa navigasi yang mudah, misalnya jalan untuk menuju dapur dan pintu masuk rumah.

E) Permainan konstruksi.
Selanjutnya, Kembangkan daya pikir dan imajinasi anak melalui beberapa permainan yang sifatnya dapat membangun. Misalnya yaitu seperti menyusun balok.
---------
Itulah beberapa aktivitas yang bisa bunda lakukan untuk melatih kecerdasan anak visual-spasial. tentunya harus di imbangi juga dengan asupan nutrisi makanannya. Pastikanlah anak bunda selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk perkembangan otaknya.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2