√ Cara Melatih Dan Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 8 Tahun, 9 Tahun Dan 10 Tahun

Anak-Anak yang mengalami gangguan konsentrasinya ia akan merasa kesulitan untuk fokus dalam kegiatan belajarnya. Selain itu, Kesulitan konsentrasi yang dialami oleh anak juga bisa menyulitkan ketika anak menyimak dan menyerap mata pelajaran yang ia terima.

Jika orangtua tidak membantu mereka dalam mengatasi permasalahan ini, justru akan berpengaruh pada prestasi anak di sekolahnya.

Sebagai orang tua, kita dapat membantu mereka dengan melatihnya dan meningkatkan daya konsentrasinya ketika belajar di rumah. Meskipun anak tidak bisa belajar dengan baik di sekolah, namun orangtua masih bisa membantunya dengan beberapa langkah.


Cara Melatih Dan Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Untuk Usia 8 Tahun, 9 Tahun Dan 10 Tahun
Berikut dibawah ini langkah-langkah yang bisa bunda terapkan untuk melatih konsentrasi Anak untuk usia 8 tahun, 9 tahun dan 10 tahun.

1. Berikanlah Anak Makanan Kaya Protein dan Antioksidan
Apa yang dimakan oleh anak tentu bisa berpengaruh terhadap daya konsentrasinya. Terlebih lagi jika anak bunda keseringan makan junkfood dan kekurangan mengkonsumsi makanan nutrisi.

Langkah pertama yang bisa bunda lakukan untuk membantu meningkatkan kinerja otak anak ialah, dengan membiasakan anak untuk mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayur-sayuran.

Selain hal tersebut, berikan juga makanan yang kaya akan protein pada menu harian seperti daging tanpa lemak, almond dan juga telur.

Kandungan Protein dalam makanan tersebut akan membantu meningkatkan level konsentrasi dan daya tingkat kesadaran anak sehingga ia menjadi lebih fokus terhadap mata pelajaran.

2. Ciptakanlah Lingkungan yang Tenang dan juga Nyaman
Anak-anak yang kurang konsentrasi, sebenarnya sangat membutuhkan lingkugan yang tenang dan juga nyaman agar konsentrasi yang telah ia dapatkan tidak pecah atau tidak terganggu.

Beruntung, jika bunda berada di lingkungan perumahan yang asri dan juga tenang serta jauh dari suara bising dan keramaian setiap hari Anak akan dengan mudah bisa konsentrasi belajar dirumah.

Akan tetapi, bagi bunda yang bertempat tinggal dilingkungan yang penuh hiruk pikuk misalnya di dekat jalan raya, dekat pasar, pabrik ataupun dekat keramaian yang lainnya, maka lingkungan yang seperti ini bisa saja mengganggu konsentrasi anak dan menyulitkannya ketika ia akan berkonsentrasi.

Untuk memecahkan masalah tersebut, kita harus bisa menciptakan ruangan khusus untuk anak yang nyaman dan tenang. Misalnya ialah, dengan membuatkan ruangan khusus belajar kedap suara sehingga anak bunda bisa belajar lebih tenang dan nyaman.

3. Istirahat Yang Cukup (Siang dan Malam)
Cara melatih konsentrasi anak usia 8 tahun sampai 10 tahun ialah, dengan mencukupkan waktu tidurnya baik dimalam hari ataupun di siang harinya.

tidur siang merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan daya konsentrasi anak sebelum ia belajar dirumah. kita juga perlu membantu anak untuk membuatkan jadwal hariannya, sehingga waktu istirahat anak menjadi cukup dan juga teratur.

Misalnya bunda bisa membantu anak dengan membuatkan jadwal belajarnya, bermainnya, waktu istirahatnya, dan waktu makannya dengan tepat.

4. Harus Memahami Metode Belajar Anak
Setiap anak pasti memiliki cara belajar yang berbeda-beda seperti tiga kategori, yakni visual, auditori, dan juga kinestetik.

Apa itu Visual, auditori dan kinestetik?

Gaya belajar visual ialah anak lebih fokus dan memahami dengan belajar dari apa saja yang ia lihat. Misalnya seperti anak lebih fokus belajar dengan materi yang disertai dengan gambar-gambar ataupun ilustrasi yang lebih mudah dipahami.

Gaya belajar auditori ialah anak lebih mudah memahami dan fokus dengan materi apa saja yang ia dengar. Misalnya Seperti gaya belajar dengan berdiskusi ataupun di dikte.

Sedangkan gaya belajar kinestetik ialah anak lebih mudah memahami mata pelajaran dan bisa lebih fokus ketika ia bisa merasakannya secara langsung, misalnya seperti belajar sambil praktek.

Dengan memahami gaya belajar  yang seperti ini akan lebih mudah bagi orangtua untuk membantu anak lebih konsentrasi dalam belajarnya.

Nah, termasuk kategori manakah anak bunda?

5. Berikanlah deadline pada anak
Pada usia anak yang ke 8 tahun, anak-anak sudah sering diberikan tanggung jawab untuk mengerjakan PR dirumah.

Naah, di tahapan ini orangtua harus bisa melatih anak untuk bisa menyelesaikan tugasnya dalam waktu tertentu. Lakukanlah dengan cara penuh perhatian dan jangan sampai bunda memarahinya jika anak belum selesai mengerjakannya. Terus dukung anak agar ia semakin fokus dan konsentrasi dalam belajarnya.

6. Bantulah anak agar ia lebih percaya diri
Di usia ini, anak bunda bisa saja merasakan rendah diri karena selalu dibanding-bandingkan hasil belajarnya dengan teman-teman sebayanya.

Umumnya anak akan sering merasa rendah diri ketika gagal menyamai kemampuan teman-temannya. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh besar pada daya konsentrasi anak karena merasa tidak mampu.

Oleh sebab itu,orang tua harus bisa memberikan motivasi kepada anak setiap hari, "bahwa setiap manusia pasti memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Dan kamu pasti memilikinya"

Jika kepercayaan diri pada anak telah berhasil ditingkatkan, maka kemampuan otaknya untuk konsentrasi, daya ingatnya dan fokusnya menjadi lebih meningkat.

7. Berikanlah pelatihan secara berulang-ulang
Cara yang selanjutnya ialah, dengan memberikan latihan dengan cara berulang-ulang. Sebaiknya, Tidak usah diberikan latihan yang berat-berat karena hal itu justru bisa berpengaruh buruk pada kemampuan anak.

Berikan saja pelatihan yang sederhana dan mudah terlebih dahulu tapi secara berulang-ulang sampai anak bunda bisa mulai memahami.

8. Hindarilah penggunaan gadget secara berlebihan
Sebaiknya anak-anak jangan dulu diberikan fasilitas gadget. Sebab, penggunaan gadget bisa memengaruhi kinerja otak anak yang masih dalam masa-masa pertumbuhan.

Jika sudah melebihi batas, dikhawatirkan anak akan berdampak buruk terhadap perkembangannya, terutama pada perkembangan otaknya.

Cobalah bunda memperketat pemakaian gadget pada anak. Atau tidak memberikannya agar anak bisa pintar cerdas dan berprestasi karena fokus dengan mata pelajaran.

Itulah beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk meningkatkan daya konsentrasi anak untuk usia 8 tahun, 9 tahun Dan 10 tahun.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2