√ Alasan Utama Anak Harus Cukup Umur Untuk Masuk Sekolah SD (Sekolah Dasar)

Anak bunda sudah tidak sabar ingin sekolah SD?

Bunda tentunya sudah mengetahui, bahwa umur menjadi salah satu syarat penting untuk mendaftarkan anak masuk SD. Aturan Dasar umur ini lebih ketat diterapkan pada sekolah SD negeri.

Bukan sekedar anak mampu membaca, menulis, dan berhitung saja, melainkan umur menjadi salah satu tolak ukur diterimanya untuk masuk anak SD.

Sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk anak yang ingin duduk di bangku kelas 1 SD, ia harus berusia 7 tahun Dan minimalnya 6,5 tahun. Tentu saja kebijakan ini bukanlah tanpa adanya alasan.


Usia Anak Untuk Masuk SD Yang Tepat
Berikut ini, Ada 5 Dasar alasan Utama tentang anak ketika ingin masuk dibangku sekolah SD.

1. Keterampilan motorik pada anak
Aspek fisik meliputi motorik kasar dan halus pada anak relatif lebih matang saat usia anak sudah menginjak 7 tahun.

Keterampilan Motorik kasar pada anak misalnya berhubungan dengan kekuatan fisik dan ketahanan fisik anak untuk bisa duduk tegak dalam waktu yang cukup lama.
Selain itu, ia juga memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik, sehingga anak bisa mengikuti pelajaran sekolah selama setengah hari.

Sedangkan pada keterampilan motorik halus pada anak ialah mereka sudah menguasai beberapa keterampilan dasar, seperti halnya memegang pensil dengan benar, menulis angka dan huruf (meskipun belum sempurna), bisa menggunting, dan juga menempel.

2. Rentang konsentrasi
Pada Usia 6 tahun ke atas, pada umumnya anak-anak relatif mampu bisa duduk dengan tenang dan bisa memperhatikan mata pelajaran yang di terangkan oleh Gurunya.
Selain itu, Rentang konsentrasi pada anak juga sudah cukup panjang antara sekitar 30 menit hingga 1 jam. Itulah alasanya kenapa jam pelajaran sekolah anak kelas 1 SD paling lama hanya 40 menit saja.

Dengan rentang konsentrasi yang demikian, maka anak lebih mampu memperhatikan dan memahami pelajaran yang disampaikan oleh gurunya.

Untuk perbandingannya, Coba Bandingkan saja dengan anak yang lebih kecil antara usia 6 tahun kebawah, misalnya usia 5 tahun atau 4 tahun. Ia hanya mampu pada Rentang konsentrasinya sekitar 10 menit hingga 25 menit saja. Tentu saja ia akan merasa kesulitan untuk mengikuti pelajaran karena mulai merasakan bosan ketika harus duduk lama.

3. Kematangan emosi
Kematangan emosi juga merupakan salah satu alasan yang menguatkan, bahwa anak-anak harus cukup umur ketika mereka akan masuk ke Sekolah Dasar (SD).

Sebab di bangku Sekolah Dasar, para guru tidak bisa memperhatikan anak satu per satu layaknya seperti di TK. Di sekolah Dasar ini, Anak harus mau dan mampu untuk mengatur dirinya sendiri, termasuk bisa memahami kebutuhan ataupun keinginannya sendiri.

Misalnya saja, ketika ia merasakan bosan di tengah-tengah pelajaran, anak harus mampu mengelola rasa bosannya dan bisa mengalihkan perhatiannya ke hal lain, sehingga anak tersebut tidak sampai mengganggu pelajaran ataupun teman yang lainnya.

Begitu juga saat anak bersosialisasi dengan teman-teman ataupun gurunya, ia harus mampu beradaptasi dengan teman baru ataupun bekerja sama dalam kelompoknya.

4. Faktor Aspek kognitif
Faktor Aspek kognitif di sini bukanlah sekadar bisa membaca, menulis, dan berhitung saja. Namun, ia juga harus bisa mengikuti setiap instruksi yang disampaikan oleh gurunya.

Apabila anak hanya bisa mematuhi instruksinya saja, namun ia mengalami kendala ketika menyelesaikan tugas-tugasnya, berarti anak tersebut harus bisa mengasah kemampuan kognitifnya lagi.

Lebih lanjutnya, kemampuan anak bisa memahami huruf dan angka akan membantu anak bisa beradaptasi dengan mata pelajaran di tingkat SD.

5. Anak Bisa mandiri
Kemandirian termasuk salah satu faktor utama yang paling menonjol dan menjadi salah satu alasan kenapa anak harus cukup umur ketika akan masuk ke sekolah Dasar.

Paling tidak anak harus mampu mengatur dirinya sendiri, memahami kebutuhannya dan bisa mengandalkan dirinya sendiri ketika menyelesaikan tugas sederhana.

Dalam hal ini kemandirian ialah anak bisa ke toilet sendiri, bisa makan dan minum tanpa disuapi, bisa membereskan perlengkapan sekolahnya, dan bisa mengerjakan tugas sekolah secara mandiri. Jadi, bunda bisa dengan tenang meninggalkan anak di sekolah tanpa merepotkan guru.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Alasan Utama Anak Harus Cukup Umur Untuk Masuk Sekolah SD (Sekolah Dasar)"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2