√ 7 Manfaat Mengajarkan "Maaf" Pada Anak Sejak Usia Dini

Sebagian orangtua ketika berbuat salah pada anak seringkali ogah-ogahan meminta maaf kepada anak. Misalnya, ketika telat menjemput anak, tidak menepati janjinya dan lain-lain sebagainya. Namun sebaliknya ketika anak berbuat kesalahan, orangtua mengharapkan anak untuk mengakui kesalahannya dan menunjuk untuk meminta maaf.

Tahukah bunda? bahwa ada banyak sekali manfaat ketika bunda mengucapkan kata maaf kepada anak.

Meskipun terlihat Jarang dilakukan oleh orang dewasa dan orangtua, namun yang sebenarnya, Anak-anak akan terus mengamati dan belajar dari perilaku orangtuanya, misalnya dari tindakannya, ucapannya, dan juga perilaku setiap hari orangtuanya.

Dengan Meminta maaf kepada anak secara tulus ketika bunda berbuat kesalahan, sebenarnya akan memperkuat ikatan antara orangtua dengan anak, selain itu, dapat membentuk anak menjadi individu yang baik.


Pentingnya Mengajarkan Maaf Kepada Anak Sejak Usia Dini
Apa sajakah manfaat dari mengucapkan kata maaf kepada anak? Berikut ini ruangdiary.com akan mengulas 7 manfaat penting mengucapkan kata maaf pada anak.

1. Dengan Maaf, Bunda akan membuat blue print pada perilaku anak

Setiap anak akan meniru tindakan dari orangtuanya lebih cepat daripada mendengar perkataan ataupun nasihat.

Mereka sangat mudah meniru dari janji-janji yang pernah dibatalkan, hukuman fisik, ataupun perilaku agresif orangtua terhadapnya.

Oleh sebab itu, ketika orangtua sudah meminta maaf atas perilakunya yang tidak baik pada mereka, maka anak-anak akan membangun cetak biru positif dalam pikiran mereka, selanjutnya mereka akan mengelola dan meniru tindakan kebaikan yang pernah dilakukan oleh orangtuanya ketimbang mengingat kesalahan yang dilakukan sebelumnya.

orangtua adalah panutan utama bagi mereka, kata maaf yang diucapkan oleh orangtua menjadi salah satu panduan penting bagi anak ketika melakukan sebuah kesalahan.

2. Dengan Maaf, Maka Bisa Membantu anak untuk bertanggung jawab
Ketika orangtua telah mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada anak, hal ini menunjukan pesan penting kepada pemikiran anak.

Tentunya Pesan ini merupakan pengajaran berharga bagi mereka, bahwa setiap manusia pernah melakukan kesalahan dan harus mau mengakuinya.

Permintaan maaf dari orangtua kepada anak akan membantu mereka untuk belajar akuntabilitas atas tindakannya tersebut.
.
3. Dengan Maaf, Akan Mengajarkan anak untuk menerima kesalahan orang lain
Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Masing-masing dari kita pernah berbuat kesalahan, mengucapkan satu atau dua kata kasar pada mereka, melakukan perilaku yang tidak menyenangkan bahkan tindakan yang salah pada mereka.

Permintaan maaf yang tulus dari orangtua setelah melakukan kesalahan kepda anak akan mengajarkan kepada mereka bahwa tidak ada orangtua yang sempurna mendidik anaknya.

Hal ini tentunya akan mengajarkan kepada anak untuk bisa menerima kesalahan dan kekurangan setiap orang dengan lebih baik.

4. Dengan Maaf, Maka akan Mengajarkan kepada anak tentang nilai kejujuran
Menyembunyikan kesalahan orangtua dan berbohong adalah tindakan yang salah, dan hal ini akan mengajarkan kepada anak untuk berbuat demikian.

Ketika bunda meminta maaf kepada anak, maka anak akan belajar tentang pentingnya hal yang sebenarnya.

Selain itu, dapat membantu perkembangan anak untuk bisa memahami pentingnya mengakui kesalahan sebelum terlambat.

Sebenarnya, Ketika orangtua mengakui kesalahannya, hal ini justru akan mengajarkan kepada anak untuk menghilangkan rasa keraguan tentang rasa malu ataupun stigma yang berkaitan dengan mengakui kesalahan dan harus berbicara dengan jujur.

5. Dengan Maaf, Akan Membantu Anak membangun harga diri yang positif
Ketika Seseorang Mengatakan yang sebenarnya dan menerima kesalahan oranglain, sebenarnya membuat orang tersebut merasakan nyaman dengan dirinya sendiri.

Dengan Meminta maaf atas perbuatannya, maka akan memberikan kesempatan baik bagi seseorang untuk bisa menebus kesalahannya dan berani menerima konsekuensi dari kesalahannya tersebut.

Perilaku ini sangat penting, karena berperan dalam membangun harga diri yang positif pada anak dan sebaiknya harus diperkenalkan sejak anak usia dini.

6. Dengan Maaf, Akan Mengajarkan Meningkatkan rasa saling menghormati
Ketika orangtua meminta maaf kepada anak, sebenarnya akan membantu mereka untuk bisa membedakan dan mengidentifikasi yang benar dan yang salah.

Dampak positif ini adalah tumbuhnya rasa saling menghormati dan memahami pentingnya memaafkan.

7. Dengan Maaf, Akan Mengajarkan Kepada anak bedanya minta maaf dan menyerah
Mengajarkan anak Meminta maaf dengan sopan sangatlah penting. Namun bantulah anak untuk bisa memahami Makna Maaf Yang Harus dilakukan, misalnya mengucapkan Maaf Dengan alasan yang tepat dan didepan orang yang tepat.

Hal ini akan mengajarkan kepada anak untuk bisa membedakan antara permintaan maaf dan juga kata menyerah.

Ajarkan juga Kepada Anak Untuk bisa Mengucapkan maaf dengan kondisi yang tepat. sebab mengucapkan Maaf tidaklah sama dengan menyerah ataupun tunduk kepada siapa-pun.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2