√ Tips Mengatasi Anak Tidak Mau Menghabiskan Makanan-Nya, Lakukan Tips Berikut ini ...

Setiap ibu mungkin saja pernah menghadapi situasi di mana anak sulit sekali untuk makan. Alasannya yang disebutkanpun bisa jadi beragam. Mengapa beragam? Dimulai dari rasa makanan yang tidak disukai oleh anak, anak mulai bosan dengan rasanya, konsentrasi anak ketika makan terganggu, merasa malas untuk mengunyah, memilih-milih makanan dan sejuta hal-hal lainnya yang selalu menjadi alasan.

Ketika menghadapi kondisi yang seperti ini, setiap ibu bisa saja menjadi kesal. Tentu saja kesal karena makanan  menjadi terbuang dengan sia-sia, serta merasa khawatir kalau saja anak bunda tidak mendapatkan cukup makanan akan kekurangan gizi. Dan pada akhirnya seorang ibu akan miminta dan bahkan memaksa anak agar menghabiskan makanannya di piring meski dalam waktu lama.

Akan tetapi tahukah bunda, bahwa ada istilah seorang anak yang membutuhkan waktu lebih dari 30-60 menit untuk dapat menghabiskan makanan yang ada di piringnya. Mengapa demikian? Hal ini sering disebutkan dengan istilah slow eater dan merupakan hal yang sering terjadi pada balita di usia 1-3 tahun. Akan tetapi kebiasaan ini tidak seharusnya berlanjut.


Disampaikan oleh dokter anak dr.Conny, ketika anak tidak dapat menghabiskan makanannya dalam waktu setengah jam, sebaiknya tidak memaksa anak untuk melanjutkannya. Sebab durasi makan ini terkait dengan level gula darah.

Maka biasakanlah anak untuk disiplin makan tepat pada waktunya. Jangan memberi makan terus menerus hingga dua jam, karena gula darah akan naik terus. Ketika setengah jam anak makan tidak habis, sebaiknya stop saja. Kemudian tunggulah hingga jam makan berikutnya ketika anak sudah mulai lapar kembali.

dr.Conny memberi contoh. Misalnya ketika anak diberi makan ketika pukul 09:00, maka setidaknya anak harus sudah habis ketika pukul 09:30. Jangan sampai anak makan dengan melakukan aktivitas lain karena tidak nafsu makan, yang akhirnya dua jam baru selesai makan.

Sebab pada dua jam ia makan, gula darahnya akan naik karena terus-terusan memproses makanan. Hasilnya hormon insulin harus bekerja lebih keras untuk dapat mengembalikan level gula darah normal.

Tidak hanya ini kerugian yang didapat ketika memaksa anak yang susah makan. Memaksa akan menghabiskan makananpun akan menimbulkan dampak psikologis.

Menurut psikolog Ajeng Raviando, anak jadi berpikir makan itu tidak menyenangkan. Coba bunda bayangkan ketika bunda sudah merasa kenyang tetapi dipaksa terus makan? Tentu tidak menyenangkan ya, bund? Akibatnya, ketika anak melihat sendok ditangan bunda, ia sudah menjauh untuk melakukan gerakan menutup mulutnya.

Dari pada bunda memaksa anak yang susah makan, akan lebih baik membuat suasana makan yang menyenangkan bagi anak.

Tipsnya, Ajaklah anak makan sambil bermain ,tentunya hal ini boleh dilakukan. Tujuannya agar anak merasa rileks. Hanya saja tetap pastikan makanan yang berada di piringnya habis dalam waktu 30 menit. Janganlah sampai karena bermain malah membuat anak makan jadi lebih lama.

Selain itu, dr.Conny memberi saran agar tidak memberikan gadget ketika waktu makan. Sebab ketika anak bermain gadget, perhatian anak akan mudah teralihkan. Serta sesi makan pun akan menjadi lebih lama.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Tips Mengatasi Anak Tidak Mau Menghabiskan Makanan-Nya, Lakukan Tips Berikut ini ..."

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2