√ Tips Menanamkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Sejak Kecil

Percaya diri merupakan salah satu keyakinan pada diri seseorang, seberapa besar menyukai dan juga menerima diri kita pribadi. Selain itu, rasa percaya diri bukanlah didasarkan dari pandangan orang lain terhadap kita, melainkan pandangan kita terhadap diri sendiri.

Sebagai orang tua, kita adalah tempat belajar anak yang paling utama, serta merupakan tempat anak untuk mempelajari berbagai hal. Salah satunya ialah rasa percaya diri, sebab rasa percaya diri itu tidaklah berkembang dengan sendirinya.


Tumbuhnya Rasa percaya diri pada anak yang sebenarnya membutuhkan peran dari orang tua didalamnya. Suatu Hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menanamkan rasa percaya diri yaitu melalui kata-kata ataupun tindakan yang dilakukan secara terus-menerus kepada anak.

Cara Mengajarkan Percaya Diri Pada Anak

1. Memberikan contoh positif pada anak
Rasa percaya diri dan pola pikir anak bisa berkembang dengan adanya perilaku orang tua yang bersikap positif terlebih dahulu.
Seperti apakah sikap orang tua untuk bisa memulainya?
Berikanlah contoh pesan-pesan positif dimulai dari diri sendiri, agar anak bisa mengikuti pesan positif yang diberikan oleh orang tua.

Sebagai panutan bagi anak untuk mencontohkan rasa percaya diri, maka kita harus bisa bersikap positif dengan pekerjaan yang kita lakukan tanpa adanya ucapan keluhan terhadap kondisi didepan anak.

Ketika anak melihat orang tua mengeluh, maka si kecil akan memperhatikan, sehingga pada akhirnya ia akan melakukan hal yang sama. Misalnya : Anak mulai mengeluh akan dirinya sendiri dilingkungan sekolah, mulai dari teman-temannya, guru-gurunya, pelajaran yang dihadapi, dan lain sebagainya.

Maka marilah kita tanamkan rasa kepercayaan diri dimulai dari diri sendiri dengan hal-hal positif, dan ajaklah orang-orang sekitar, seperti ayah dan juga anak-anak untuk tetap melakukan kegiatan dan berfikir positif dengan apa yang ada di sekitar.

2. Ajarkanlah Anak Untuk Tidak Berfikir Negatif
Ajarkanlah anak untuk bisa berpikir positif untuk menggantikan pikiran negatifnya, hal ini bisa dilakukan dengan cara penegasan perilaku positif untuk pembelajaran berharga pada anak. Seperti halnya dengan kita, anak pun akan mendapatkan rasa percaya diri dari apa yang mereka ucapkan.

Sebagai orang tua hendaklah bisa membantu anaknya dengan memberikan penegasan-penegasan perilaku positif. Bimbinglah anak secara perlahan untuk mengucapkan dengan tegas dan percaya diri pada dirinya.
Misalnya mengucapkan kalimat-kalimat berikut ini:

“Saya dapat mengerjakanya”
“Saya mampu melakukannya”
“Saya menyukai diri saya”
“Saya percaya pada diri saya”
“Saya percaya saya pasti mampu”

Dan selain hal itu, yang perlu orang tua lakukan ialah dengan memberikan sebuah dorongan kepada anak untuk bisa melawan pemikiran negatifnya.

Misalnya ketika anak berpikir dan mengatakan hal negatif pada dirinya, Contohnya “Saya tidaklah pandai,” maka dekatilah anak dan katakanlah dengan hal positif, seperti “Saya akan terus berusaha dengan sebaik mungkin. Dan akan mencoba sesuai dengan kemampuan saya, saya yakin suatu hari saya pasti bisa berhasil”.

3. Perhatikan tindakan positif pada anak
Kapankah terakhir anda melihat anak melakukan hal-hal positif dan memuji tindakannya? Seringkah anda melakukan hal tersebut?

Jika tidak, maka marilah kita perhatikan tindakan-tindakan yang telah dilakukan oleh anak. Carilah tindakan yang telah ia kerjakan dalam hal positif. Upaya dan usaha apakah yang baik yang terlihat dari anak.

Akuilah tindakan-tindakan positif anak dengan memberikannya sebuah pujian. Meskipun hal itu sederhana namun akan memberikan dampak yang besar pada anak.

Ketika kita tidak mengakui bahkan tidak menghargai usaha anak dalam hal positif, maka secara tidak langsung akan mengurangi kepercayaan diri pada anak. Ingatlah, sebuah perhatian kepada anak, akan berpengaruh dalam masa tumbuh kembangnya.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Tips Menanamkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Sejak Kecil"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2