√ Tips Melatih Anak Bangun Pagi Tepat Waktu Agar Tidak Kesiangan

Saat pagi hari, bisa saja bunda mengalami gugup dan menegangkan. Mulai dari menyiapkan sarapan pagi, bersiap-siap untuk menyiapkan ayah bekerja, dan membuat semua anggota keluarga supaya berangkat tepat waktu.

Ketegangan pun akan  bertambah, saat bunda mengalami kesulitan membangunkan anak-anak.


Cara Melatih Anak Bangun Pagi Tepat Waktu
Untuk mengurangi rasa gugup ataupun ketegangan di pagi hari saat anak-anak sulit dibangunkan, dibawah ini ada beberapa tips yang bisa bunda lakukan, yaitu:

1. Pastikan anak cukup tidur
Saat ini, mulailah untuk mengevaluasi jadwal tidur anak. Kebanyakan anak-anak mengalami susah bangun pagi karena mereka kurang tidur.

Menurut National Sleep Foundation, bayi ataupun balita biasanya memerlukan waktu tidur kurang lebih sekitar 12 jam pada saat malam hari, untuk anak yang prasekolah memerlukan waktu hingga 11-12 jam, sedangkan untuk anak-anak yang berusia 5-12 tahun membutuhkan waktu tidur antara 10 hingga 12 jam.

Jika bunda merasa anak tidak cukup tidurnya, mulai saat ini ubahlah rutinitasnya. Selain akan memudahkan pekerjaan bunda di pagi hari, anak-anak yang tidur cukup akan membantu pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak.

2. Biarkanlah anak tidur lebih awal
Cobalah meminta mereka untuk tidur 30 menit lebih awal, dari jam tidur yang biasa mereka lakukan.

Simpan semua mainan, gadget ataupun matikan TV. Biarkanlah anak bunda merasakan nyaman dengan baju tidurnya. Bunda juga bisa meminta kepada anak untuk membaca buku cerita sebelum tidur.

Dengan membaca bacaan ringan sebelum tidur, maka akan membuat anak bunda merasa nyaman dan santai, sehingga mereka lebih cepat mengantuk dan bangun pagi dengan tepat waktu.

3. Membuat jadwal
Untuk bunda, bangunlah di pagi hari 1 jam lebih awal sebelum jadwal anak untuk bangun, sehingga bunda akan memiliki waktu yang cukup untuk bersiap-siap. Buatlah jadwal yang harus bunda kerjakan saat mengawali aktifitas di pagi hari secara rutin, tentu untuk memudahkan pekerjaan rumah pada pagi harinya.

4. Ajarkan anak bangun pagi secara alami
10 menit sebelum jadwal anak bangun pagi, bunda bisa nyalakan lampu dan biarkan pintu kamar terbuka. Cobalah biarkan anak bangun sendiri secara alami.

Meskipun godaan membangunkan anak cukup besar, tetapi biarkanlah anak bangun sendiri.

Jangan lupa untuk membuka tirai dengan membiarkan sinar matahari masuk melalui jendela. Biarkanlah anak bunda mendengarkan suara burung berkicau, kucing ataupun ayam yang ada di sekitar rumah.

Semakin sering anak bunda bangun dengan cara alami, maka anak akan semakin bahagia dan juga nyaman. Sebab, mereka bangun dengan sendirinya atas kemauannya tanpa mengalami kekesalan karena tidur nyenyaknya terganggu.

5. Berikanlah hak istimewa untuk memberikan semangat
Jika anak-anak mengetahui bahwa mereka akan mendapatkan lebih banyak hak istimewa apabila mereka bangun pagi tepat waktu yang telah ditentukan, maka anak anda akan cenderung untuk bersemangat bangun pagi tepat waktu. Setidaknya Mereka mengetahui ada yang menunggu jika mereka bangun tepat waktu.

Beberapa hak istimewa yang mungkin bisa bunda berikan ialah seperti sarapan kesukaannya atau bunda bisa menyiapkan bekal unik untuknya.

Sebaiknya bunda Cari tahu bagaimana memotivasi anak seperti dimulai dari hal-hal yang disukainya.

6. Buatlah perlombaan
Bunda bisa mengadakan kompetisi untuk bangun pagi tepat waktu, bunda juga bisa menciptakan pagi hari yang seru dan ceria.

Cobalah mengatakan kepada mereka "Siapa yang bangun pertama kali, maka ia akan mendapatkan sesuatu istimewa dari bunda/ayah."

Anak-anak pada dasarnya mempunyai sifat kompetitif, jadi gunakanlah naluri tersebut untuk membantu memulai hari yang menyenangkan.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Tips Melatih Anak Bangun Pagi Tepat Waktu Agar Tidak Kesiangan"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2