√ Kondisi Keluarga Yang Bisa Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak

Suatu keluarga adalah lingkungan yang pertama kali anak rasakan. Pada umumnya Lingkungan keluarga bisa membuat anak anda lebih mempercayai kemampuan dirinya sendiri ataupun tidak.


Faktor Yang Memengaruhi Percaya Diri Pada Anak

Terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kepercayaan diri pada anak. Faktor keberhasilan penunjang percaya diri pada anak diantaranya :

1. Mencintai anak tanpa syarat
Suatu rasa cinta tanpa syarat yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya merupakan sikap orang tua yang menerima sepenuhnya kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki oleh anak. Sikap ini merupakan tanda cinta orang tua yang tidak memiliki syarat apapun pada anaknya.

Salah satu pertanyaan untuk orang tua terhadap anaknya seperti : Ketika anak melakukan kesalahan diluar kendali orang tua apakah ibu dan ayahnya masih mncintai dan menyayanginya seperti sediakala?

Seorang anak akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan perkembangannya, dengan cinta tanpa syarat dari orang tuanya bisa mengembangkan rasa kepercayaan diri yang begitu kuat yang bersifat positif didalam diri mereka. Selain itu mereka akan menjauhi hal-hal negatif untuk keberhasilan dirinya dimasa depannya.

2. Membuat aturan-aturan yang Jelas dan Adil
Anak yang tumbuh dengan aturan-aturan yang jelas dan adil tentunya akan membuatnya tumbuh dengan percaya diri yang tinggi. Sebuah aturan yang baik haruslah aturan yang dibuat oleh kedua belah pihak, karena aturan yang dibuat secara bersama-sama antara orang tua dan juga anak, serta saling menyepakati bahwa aturan yang dibuat itu bersifat adil dan masuk akal. Buatlah aturan yang jelas dan dapat dipahami oleh semua pihak.

Hal terpenting lainnya aturan-aturan tersebut dapat dilaksanakan di dalam keluarga serta saling mengingatkan satu sama lain.

3. Perlakukanlah anak dengan rasa Hormat
Tunjukanlah rasa hormat kita sebagai orang tua kepada anak dengan mendengarkan dan menghargai pendapat dan berbagai ide-ide yang disampaikan oleh anak, ketika hal itu dilaksanakan maka anak akan tumbuh dengan rasa percaya diri.

Meskipun ketika mendengarkan pendapat anak tak harus selalu menyepakati hal itu, akan tetapi dampak dari mendengarkan anak dengan rasa hormat akan berpengaruh terhadap percaya diri anak dan mereka tidak akan mudah goyah untuk terus mempertahankan pendapatnya. Dampak lainnya ialah anak merasa bahwa mereka menjadi orang penting dari keluarga.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Kondisi Keluarga Yang Bisa Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2