√ Ketahui, 7 Tingkah Unik Anak Yang Membuat Pusing Orang Tua

Bunda pernah tidak, melihat sikap anak yang membuat “geleng” kepala? Dan Melihat mereka meminta hal yang aneh-aneh?

Yaa, hal ini memang sikap alamiah pada anak, mereka selalu membuat permintaan yang aneh. Mereka selalu melakukan apa saja untuk mendapatkan hal tersebut dan yang paling sering saya lihat yaitu anak akan menangis agar permintaanya dikabulkan.


Berikut ini ialah hal yang sering diminta oleh anak. Benarkah bunda?

1. Ketika hujan turun anak meminta mandi di luar.
Sepertinya semua anak akan senang kalau hujan turun. Akan tetapi berbeda dengan hati seorang bunda, apalagi ketika anak sudah mulai cemberut dan ngambek ketika tidak diizinkan untuk mandi hujan. Kenyataannya mereka belum tahu dampak hujan bisa membuat mereka sakit.

Untuk mengatasinya Berilah pengertian kepada anak secara perlahan untuk tidak sering bermain hujan-hujanan, atau batasilah mereka bermain diluar ketika hujan dengan waktu yang di tentukan.

2. Meminta jajan yang banyak mengandung bumbu penyedap.
Tidak berbeda dengan bermain air hujan, anak-anak juga tidak paham jajanan yang mengandung terlalu banyak bumbu penyedap yang berbahaya bagi anak.

Yang mereka pikirkan hanyalah makanan tersebut enak, unik, dan lucu dengan tidak memikirkan makanan tersebut sehat atau sebaliknya. Marilah bunda buat makanan enak di rumah yang disukai oleh anak yang dapat menunjang gizi anak, agar anak tidak jajan lagi.

3. Mainan yang harganya mahal
Ketika kita mengajak mereka jalan-jalan dan anak melihat mainan yang menarik minat anak pasti mereka akan memintanya. Dan ketika kita tidak memberikan apa yang mereka mau, disinilah ujung-ujungnya mereka menangis agar dibelikan. Tetapi entah mengapa hal ini yang sering saya lihat sebagian besar anak akan menangis dan hanya sebagian anak saja yang cemberut dan ngambek.

Yaa kalau mainannya itu murah masih masuk akal ya bun, berbeda ketika mereka meminta mainan yang super mahal?

Untuk Solusinya kita bisa alihkan perhatian anak dengan mainan edukasi dengan harga yang terjangkau ataupun bunda bisa membuat APE yang dapat menunjang perkembangan anak dengan barang-barang dilingkungan sekitar.

4. Anak mogok makan jika bukan makanan cepat saji
Makanan cepat saji bukan hanya membuat anak sakit, akan tetapi bisa membuat anak mogok makan. Memang benar hal yang menyangkut makanan membutuhkan perhatian ekstra. Karena anak akan meminta makanan cepat saji ataupun makanan yang banyak mengandung bumbu penyedap. Marilah bunda membuat makanan serupa dirumah selain lebih sehat harganyapun bisa lebih murah loh bun.

5. Ingin mempunyai Mainan yang sama dengan temannya
Setelah selesai bermain atau pulang dari sekolah, pasti ada saja satu atau dua barang yang diinginkan anak dikarenakan anak melihat temannya sudah memilikinya. Benar tidak bun?

Yaa ternyata dalam diri anak sudah tertanam jiwa kompetitifnya, mereka tidak mau kalah dengan temannya. Dalam hal ini kita harus pintar memberikan pengertian kepada anak apabila anak sudah mempunyai mainan serupa karena jika kita harus memberikan mereka lagi, yang ada barang tersebut akan mubazir ya bun.

6. Menonton video pada HP
Zaman sudah berubah, pada masa kini anak-anak telah mengenal apa itu smartphone dan memaksa pada orang tuanya hanya agar dipinjanmkan HP untuk menonton video yang disukainya, padahal mereka bisa menontonya lewat televisi.

Mari bun ajak anak agar tidak terlalu bergantung menonton video lewat HP dengan menemani anak untuk menonton acara-acara TV. Ajaklah mereka untuk menonton tayangan sesuai usianya ataupun tayangan yang memberikan pengaruh baik untuk anak.

7. Bermain game lewat HP
Seperti halnya menonton video, anak juga terkadang menangis dan memaksa untuk bermain game lewat smartphone.

Di Zaman sekarang anak sudah tidak mau lagi bermain boneka ataupun mobil-mobilan bagi sebagian anak, yang mereka mau adalah memainkan game lewat Handhone. Mereka ingin memainkan semua game dalam satu genggaman mereka saja.

Marilah ajak anak agar mau bermain game edukatif yang dapat melatih perkembangan pada diri anak. Dengan memainkan permainan edukatif, maka pengertahuan pada anakpun akan berkembang untuk bekal dikemudian hari.

Bagaimana bun tugas ibu rumah tangga tidak semudah yang dibayangkan. Bagaimana jika anak meminta hal di atas, apa yang sering bunda lakukan? Bisa share pada kolom komentar ya bun..

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2