√ Ketahui, 5 Tanda Anak Cacingan Sebelum Terlambat

Ketika Orang Tua Mendengar suatu kondisi cacingan yang bisa dialami oleh buah hati, tentunya akan membuat para bunda merasa khawatir.

Menurut Quensland's Government, orang-orang dari semua usia bisa saja mengalami cacingan. Akan tetapi di usia anak-anaklah yang sangat rentan dengan kondisi infeksi melalui telur cacing.

Terdapat beberapa jenis cacing yang seringkali menginfeksi pada usia anak-anak yaitu jenis cacing kremi, jenis cacing pita, jenis cacing tambang, dan juga jenis cacing gelang.

Pada kasus anak yang mengalami cacingan, maka bunda tidak boleh membiarkan begitu saja, sebab sangat berisiko pada kesehatannya.

Untuk itu, Segera kenali 5 tanda cacingan pada anak balita agar bunda segera mengatasinya.


Tanda-Tanda Anak Cacingan Yang Harus Bunda Ketahui

1. Anak tampak pucat dan lemas
Cacingan yang seringkali dialami oleh anak-anak sebenarnya bisa saja terjadi pada siapa pun. Akan tetapi, pada umumnya anak yang mengalami cacingan memiliki kondisi lingkungan yang kurang bersih.

Selain itu, Setiap jenis Cacing sebenarnya akan bertempat tinggal didalam usus, kemudian akan keluar melalui anus, akan tetapi cacing tersebut tetap meninggalkan telur didalam usus.

Pada kasus anak yang mengalami infeksi cacing tambang, jenis cacing ini akan menghisap darah pada bagian dinding ususnya.
Apabila infeksinya sudah cukup lama, anak tersebut bisa mengalami anemia yang membuatnya tampak pucat dan juga lemas.

2. Badan anak terlihat sangat kurus
Anak Kecil mudah sekali terpapar oleh infeksi cacing kremi melalui induk cacing ataupun telur cacing yang ada dalam mainan yang kotor. Misalnya, ketika anak memegang mainan ataupun menggigit mainan, maka telur cacing tersebut akan mudah masuk kedalam ususnya.
.
Untuk mengetahui gejala cacingan ini yakni perut anak akan terlihat membuncit, namun jika dilihat secara keseluruhan tubuhnya tampak sangat kurus. Hal tersebut terjadi disebabkan karena cacing yang ada didalam usus terus menghisap darah dan juga nutrisi tubuh anak. Dampaknya, zat nutrisi penting tersebut yang seharusnya digunakan untuk pertumbuhannya, akan tetapi dihisap oleh cacing yang ada dalam tubuh anak.

Maka dengan kondisi yang seperti ini, akan membuat berat badan anak sulit untuk naik dan bahkan cenderung tetap kurus.

Jika tanda seperti ini tidak segera diatasi, maka bisa berpengaruh pada berat badan anak dan juga pada pertumbuhannya.

3. Gatal di area anus
Tahukah bunda?
Bahwa telur cacing kremi ini mampu bertahan hingga 3 minggu lamanya. Akibatnya, telur-telur yang masuk ke dalam mulut anak dan bersarang di usus kecil akan matang menjadi cacing betina.

Apabila anak bunda terlihat sering menggaruk bagian anusnya, maka bunda perlu mencurigai jika hal ini kemungkinan besar si kecil mengalami infeksi cacing kremi.

Biasanya, Rasa gatal bisa dialaminya sepanjang hari, terutama saat malam hari.

Dilansir dari Quensland's Government, anak yang nenggaruk-garuk bagian bawah bisa saja menyebabkan ruam merah di sekitar anus dan dampaknya akan terinfeksi.

4. Keluhan pada pencernaan-Nya
Kondisi cacingan pada anak biasanya akan menyebabkan mengeluh pada bagian pencernaannya. Dampaknya, Sakit perut akibat cacingan ini biasanya akan terjadi ketika cacingan tersebut sudah menjadi parasit didalam usus anak.

Kondisi yang seperti ini, umumnya karena cacing sudah menginfeksi pada organ yang lainnya, sehingga anak akan mengalami sakit perut seperti diare, perut terlihat kembung atau begah, dan juga sakit perut yang tidak bisa dijelaskan oleh anak.

Tanda sakit perut yang disebabkan oleh cacingan biasanya muncul secara berulang-ulang atau kambuh-kambuhan.

5. Tidurnya menjadi terganggu
Cacingan pada anak merupakan salah satu masalah umum yang seringkali ditemui pada usia anak-anak. Namun Sayangnya, masih banyak orang tua yang tidak tahu dengan tanda-tandanya.

Rasa Sakit perut, gatal pada bagian anus tentunya akan membuat kegelisahan pada kondisi anak, dan tentunya hal ini bisa menyebabkan tidur si Kecil menjadi merasa sangat terganggu di malam hari.

Jika bunda menyadari akan tanda-tanda tersebut, maka perhatikanlah pada saat anak tidur merasa tidak nyaman, sebab telur cacing akan keluar pada saat malam hari. Sehingga anak bunda tidak akan bisa tidur dengan nyenyak dan terlihat sangat rewel.

Jika bunda sudah mengetahui 5 ciri-ciri cacingan pada anak di atas, cara terbaik untuk segera mengatasinya ialah membawa si kecil ke dokter untuk segera dilakukan pemeriksaan.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Ketahui, 5 Tanda Anak Cacingan Sebelum Terlambat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2