√ Kenapa Usia Anak Masuk SD adalah 7 Tahun? Inilah Alasan-Nya ...

Terkadang orang tua dengan semangatnya ingin segera memasukkan anaknya ke sekolah dasar. Meskipun belum tentu putra putrinya sudah cukup umur. Setiap Sekolah Dasar (SD) Tentunya memiliki kebijakan untuk anak harus sudah berusia 7 tahun, atau minimal usia 6 tahun.

Mengapa demikian, mungkin bunda bertanya-tanya. Mengapa untuk menyekolahkan anak di jenjang SD harus berusia 7 Tahun?
Padahal terkadang ada beberapa anak yang belum menginjak usia 7 tahun sudah bisa membaca, menulis hingga berhitung.

Penjelasan Usia Anak Masuk SD Adalah 7 Tahun

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mempunyai sebuah alasan tertentu ketika menyampaikan kebijakan tersebut. Berikut penjelasan yang telah dirangkum dari sebuah laman Sahabat Kemendikbud :

1. Anak Telah Siap Secara Fisik
Setelah memasuki sekolah dasar, anak mempunyai tuntutan untuk bisa tetap tenang ketika berada di dalam ruangan kelas dari pagi hingga siang. Dia harus mampu menulis dengan sendirinya tanpa adanya bantuan dari orang dewasa, bisa mengikuti pelajaran berupa olahraga, dan dapat dengan aktif bergerak kesana sini ketika dibutuhkan.

Maka dalam hal ini dibutuhkanlah anak dengan fisik yang kuat serta kemampuan motorik yang mahir. Pada usia 7 Tahun, fisik anak dianggap sudah siap untuk dapat mengikuti berbagai aktivitas di sekolah dasar.



2. Anak Mampu untuk Berkonsentrasi
Ketika anak yang masih berusia terlalu muda mempunyai rentang konsentrasi yang umumnya pendek. Anak dapat dengan mudah teralihkan konsentrasinya dikarenakan masih suka bermain. Menurut teori perkembangan anak, seorang anak baru bisa dapat berkonsentrasi ketika mereka mulai berusia 6 tahun.

Semakin usia anak bertambah, maka semakin baiklah kemampuan konsentrasi yang dimilikinya. Pada umumnya rentang konsentrasi anak ketika memasuki sekolah dasar dibutuhkan sekitar 30 hingga 45 menit. Ketika anak masih berusia terlalu dini, anak akan sulit berkonsentrasi dikarenakan masih sulit untuk mengembangkan kemampuan motoriknya.

3. Mempunyai Kemampuan Kognitif yang sudah Memadai
Salah satu kemampuan yang harus dimiliki anak ketika memauki SD ialah kemampuan dalam bidang kognitif, karena hal ini sangatlah diperlukan oleh anak.

Anak harus dapat menguasai untuk bisa mulai belajar membaca, menulis hingga berhitung. Serta anak harus mampu untuk memahami intruksi yang disampaikan oleh guru.

Hal ini tentu berbeda, ketika anak masih bersekolah di PAUD maupun TK, karena anak masih dimaklumi ketika anak lebih memilih bermain daripada belajar. Karena pada dasarnya pembelajaran di PAUD maupun TK ialah belajar sambil bermain maupun bermain sambil belajar dengan adanya APE yang dapat menunjang kemampuan Kognitif pada anak.

4. Dapat Mengelola Sebuah Emosi
Bukan hanya materi pembelajaran saja, akan tetapi di sekolah dasar (SD) anak harus belajar bagaimana mengelola emosinya ketika berhadapan dengan teman-temannya maupun dengan guru. Selain itu, anak harus dapat bersikap mandiri, berani berada di dalam kelas tanpa didampingi oleh orang tua hingga pergi ke toilet sendiri.

Maka dari itu, ketika anak telah berusia 7 tahun telah dianggap mampu dalam mengelola emosinya. Sementara untuk anak yang masih terlalu muda biasanya akan meminta dampingan orang tua ketika belajar, merasa kurang percaya diri (malu-malu) ketika berada di lingkungan yang baru, serta mudah untuk menyerah ketika diberikan sebuah tugas.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Kenapa Usia Anak Masuk SD adalah 7 Tahun? Inilah Alasan-Nya ..."

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2