√ Cara Melatih Anak Disiplin Waktu Sejak Usia Dini

Kemampuan dalam mengatur waktu merupakan salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh setiap orang. Apabila setiap orang memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik, Maka seseorang tersebut telah memiliki disiplin yang bisa menolong kehidupannya kelak.

Masalahnya, kemampuan untuk memiliki manajemen waktu ini tidak bisa dikuasai dalam waktu semalam saja. Apalagi jika baru dilakukan oleh anak yang memulai beranjak dewasa.

Di usia dini, banyak sekali orang tua yang merasa memiliki otoritas mengontrol penuh jadwal keseharian anak-anaknya. Padahal, anggapannya itu tidaklah benar.

Demi kesuksesan si kecil dimasa depan-Nya, sebaiknya anak perlu dilatih untuk mengatur waktu dan juga belajar untuk menentukan prioritas dengan baik sejak usia dini.


Cara Agar Anak Disiplin Terhadap Waktu

berikut ini tips yang bisa bunda lakukan untuk melatih anak me-manajemen waktu, dimulai dari hal-hal yang mudah dan sederhana untuk dilakukan.

1. Atur waktu tidur
Disiplin waktu tidur merupakan suatu aktifitas termudah yang bisa  bunda ajarkan pada anak sejak usia dini. Maka dari itu ajarilah anak bunda untuk mematuhi waktu tidurnya yang harus mereka kerjakan setiap hari.

Anak-anak yang berusia 5-12 tahun pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 11 jam tidur per-harinya. Aturlah waktu tidur ini secara konsisten dan juga rutin, terutama ketika di hari-hari sekolah.

Misalnya, Jika anak bunda harus tidur di jam 20.00, pastikanlah anak bunda sudah berada di tempat tidurnya 30 menit sebelum waktunya, sehingga ia tahu untuk mengondisikan saat tidurnya.

2. Tetapkan jam makan
Meskipun terlihat sepele, akan tetapi dengan menetapkan jadwal makan secara rutin dapat membantu anak mengenal me-manajemen waktu secara disiplin.

Dengan penetapan jadwal makan seperti ini, maka akan menjadi bagian pembelajaran bagi anak tentang prioritas kesehatan-Nya. Anak akan mulai belajar memahami bahwa sesibuk apapun ia dimasa depan-Nya, kesehatan tetap menjadi bagian keutamaan yang tidak bisa tergantikan.

Selain hal itu, menetapkan durasi makan juga perlu diajarkan kepada anak. Misalnya saja : waktu makan malam bersama keluarga membutuhkan waktu selama satu jam. Di saat yang seperti ini, anak bunda harus bisa mematuhinya tanpa ada distraksi gadget ataupun peralatan elektronik yang lainnya, dan tentunya harus fokus pada kegiatan makan.

3. Membuat jadwal pribadi
Selain jadwal pelajaran dan rutinitas di sekolah, ajaklah anak bunda untuk membuat jadwal yang berisi tentang kegiatan-kegiatan yang akan ia lakukan setelah sepulang sekolah.

Jadwal ini bisa bunda ajarkan berupa tabel sederhana berisi tentang jenis-jenis kegiatan dan waktu, mencakup rutinitas yang berhubungan dengan kegiatan belajar hingga waktu untuk bermain.

Jadwal pribadi ini sangatlah efektif untuk melatih dan mengajarkan anak untuk disiplin dengan hal-hal yang harus dilakukan sehingga tidak ada yang terlewatkan.

Manfaatnya, Dengan membuat jadwal pribadi ini, maka anak bunda lambat laun akan memahaminya, bahwa segala aktifitas bisa diselesaikan dengan cara yang baik dengan perencanaan waktu yang baik pula.

4. Berlatih Untuk Mengukur Waktu
Di usia anak yang ke 6 hingga 12 tahun, anak-anak sudah mengetahui kapan saatnya ia harus melakukan aktifitas yang telah direncanakannya. Akan tetapi, bisa jadi ia belum memahami bagaimana caranya untuk mengukur durasi waktu yang tepat tentang menyelesaikan kegiatan tersebut.

Tugas bunda, Latihlah anak untuk mengukur waktu yang tepat dengan menentukan waktu dalam berkegiatan-Nya.
Contohnya seperti kegiatan menyapu selama 5 menit, kegiatan mencuci piring selama 10 hingga 15 menit.

Nah, untuk semangat si kecil, Tidak ada salahnya untuk menghadiahi anak sebuah jam tangan sebagai salah satu media agar ia bisa memulai segala sesuatunya sesuai dengan jadwal.

5. Latihlah anak untuk bertanggung jawab dan disiplin.
Alih-alih melatih dan mengajari anak untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun rutinitas sehari-hari, ajaklah Anak bunda untuk bersama-sama membuat jadwal pribadi yang mencakup tentang berbagai macam aktifitas dan tugasnya sesuai dengan usianya.

Ajarkanlah si Kecil tentang bertanggung jawab untuk menyelesaikan jadwal pekerjaanya yang telah dibuat. Dengan cara ini, maka anak bunda akan belajar tentang disiplin terhadap apa yang telah direncanakannya sendiri.

Melatih anak untuk mengatur waktu mungkin bukan suatu hal yang mudah bagi setiap orang tua. Akan tetapi, bagaimanapun keadaannya, biarkanlah anak bunda belajar dan berproses secara mandiri dan bertanggung jawab. Yang tak kalah pentingnya yaitu anak akan selalu melihat role model dari orang terdekatnya. Oleh sebab itu, berikanlah contoh langsung kepada anak.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Cara Melatih Anak Disiplin Waktu Sejak Usia Dini"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2