√ 8 Cara Efektif Mengatasi Anak Stres Yang Harus Bunda Lakukan

Beban fikiran anak disekolah semakin bertambah seiring bertambahnya usia. Anak dituntut untuk bisa menyeimbangkan antara tugas sekolah, tugas rumah, ekstrakurikuler, soal-soal ujian, dan sosialisasi dengan teman lingkunganya. Bukan tidak mungkin, semakin banyaknya tugas, si anak akan mudah terkena stres.

Selain itu, Orang tua juga harus bisa mengetahui ciri-ciri stress yang ada pada anak. Menurut Adelle Cadieux, seorang ahli psikolog anak di Hellen DeVos Children's Hospital, ia mengatakan jika anak-anak yang mengalami stres akan mengalami beberapa perubahan mood dan juga perilakunya. Pada umumnya, Anak-anak akan cenderung lebih mudah untuk tersinggung, menangis, dan juga menolak beraktifitas.


Cara Mengatasi Anak Stres Yang Harus Dilakukan Orang Tua

Apa saja yang harus dilakukan oleh bunda agar anak tidak mudah stres?

1. Luangkan waktu untuk mengobrol
Sebaiknya Orang tua meluangkan waktu setiap hari, misalnya dimalam hari, untuk mengobrol dengan anak tentang kegiatanya selama seharian. Tanyakanlah apa yang membuatnya senang dan kesal. Berikanlah komentar dan juga solusi positif untuk anak anda.

2. Tidur yang cukup dan makan secara teratur.
Anak-anak yang cukup tidur cenderung memiliki kemampuan lebih untuk mengatasi stress dan tidak mudah tersinggung.

Selain hal itu, jika anak stres, ia lebih cenderung malas makan dan susah tidur. Dengan begitu, Pastikanlah anak anda selalu mendapatkan porsi makan dan tidur yang tepat.

Ajaklah anak anda untuk menjalani pola hidup sehat, misalnya dengan melakukan olahraga rutin supaya anak bisa tidur lebih nyenyak dan nafsu makan bertambah.

3. Latih anak untuk mengelola emosi
Berikanlah pemahaman jika ia merasakan emosi negatif seperti sedih ataupun kesal.
Bantu anak anda untuk bisa mengelola emosinya dengan baik. Setiap anak tentunya memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengelola emosinya.

Manfaat Olahraga juga merupakan salah satu cara yang tepat untuk melepaskan rasa kekesalannya.

4. Batasi bermain Handphone ataupun Gadget
Anak-anak yang menghabiskan waktu lebih dari 2 jam bermain handphone cenderung lebih mudah merasa stress.

Dalam hal ini, batasilah penggunaan teknologi gadget pada anak. Luangkan waktu sejenak untuk bermain di luar rumah.

Masih ingatkah bunda dengan permainan jadul? Itu lebih banyak manfaatnya loh bunda. Ajak Anak untuk memiliki kesempatan untuk bersosialisasi dengan teman di lingkungan rumah dengan memainkan permainan jadul.

5. Kurangi kegiatan di luar sekolah jika tidak terlalu penting.
Kesibukan yang over atau berlebihan akan membuat orang cenderung mudah mengalami stres.

Dengan mengurangi kegiatan di luar sekolah seperti ekstrakurikuler akan membuat mereka lebih cukup waktu untuk mengerjakan PR dirumah dan beraktivitas bersama keluarga.

6. Sediakanlah waktu yang cukup untuk bersiap-siap.
Melakukan sesuatu dengan cara terburu-buru merupakan salah satu pemicu stress. Sebaiknya Sediakanlah waktu yang cukup untuk bersiap. Misalnya, bangun lebih pagi untuk bersiap berangkat ke sekolah.

Hal Ini tentunya akan mengurangi risiko stres pada anak bunda.

7. Hindari kritikan
Meskipun bunda tidak setuju, janganlah katakan hal-hal negatif tentang PR, sekolah, ataupun guru di depan anak, sebab hal itu akan membentuk rasa ketakutan pada diri anak.

Alih-alih orang tua memberikan kritikan, bunda bisa memberikan saran ataupun dorongan untuk membangun semangat pada anak.

8. Melakukan hobi
Belajar secara terus-terusan juga tidak baik. Sebaiknya Luangkanlah waktu untuk melakukan hobi anak ataupun sekedar rekreasi.

Hal Ini tentunya akan membuat anak bunda lebih bersemangat lagi untuk sekolah ataupun mengerjakan PR sekolah. Sambil melakukan hobi, bunda juga bisa mengobrol bersama anak tentang hal-hal kesukaanya. Selain itu, hal Ini juga bisa menjadi salah satu sarana bonding antara bunda dan anak.

Jika anak bunda sudah menunjukan tingkat stres yang tinggi, sebaiknya bunda segera lakukan meminta bantuan pada ahli.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ 8 Cara Efektif Mengatasi Anak Stres Yang Harus Bunda Lakukan"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2