√ 7 Pendidikan Penting Yang Harus Di Ajarkan Pada Anak Usia 4-5 Tahun

Jika anak bunda saat ini berumur 4 tahun dan sebentar lagi akan menginjak usia 5 tahun, berarti si kecil akan memasuki ke jenjang usia yang baru, serta ia akan lebih mengenal lingkungan sosialnya lebih luas lagi.

Dan itu berarti Bunda harus bisa memberikan pelajaran penting kepada si Kecil tentang apa saja yang baik bagi anak di usia 4 tahun.

Meskipun beberapa anak telah masuk daycare pada usia 6 bulan, akan tetapi di usianya yang menginjak 4 tahun ini, si Kecil  tentunya akan memasuki lingkungan baru yang tidak hanya dipenuhi oleh bunda dan ayah saja.


Skill atau Kemampuan anak di usia 4 tahun bukanlah diukur dari seberapa ia sudah lancar menghitung, ataupun pandai menuliskan namanya.

Akan tetapi si Kecil yang sudah berumur 4 tahun harus tahu tentang 7 hal penting berikut ini:

Pendidikan Penting Untuk Anak Usia 4-5 Tahun

1. Anak usia 4 tahun harus mengetahui dirinya dicintai.
Hal penting untuk anak yang berumur 4 tahun ialah harus mengetahui bahwa dirinya di cintai oleh bunda dan ayahnya setiap hari, esok ataupun di masa yang akan datang.

Sebab, kasih sayang yang bunda dan ayah berikan padanya, bisa menjadikan si kecil menjadi pribadi yang penyayang lhooo bund.

Ia juga akan mengetahui bagaimana caranya mengekspresikan rasa cintanya kepada bunda dan ayahnya.

Selain itu, Tidak hanya mengetahui caranya mengekpresikan rasa sayangnya kepada bunda dan ayahnya saja, melainkan ia juga bisa bersikap manis dan lembut kepada orang-orang di sekitarnya.

2. Anak umur 4 tahun harus mengetahui tentang keamanan untuk dirinya.
Si Kecil yang sudah berumur 4 tahun harus mengetahui bagaimana standar aman untuk dirinya sendiri lhooh bunda. Si kecil juga harus diberikan bekal tentang pengetahuan bagaimana caranya untuk menjaga dirinya sendiri saat berada di tempat umum.

Selain itu, si kecil juga harus dilatih untuk mempercayai instingnya sendiri terhadap orang lain yang akan berniat buruk. Ia juga harus dilatih agar berani menolak untuk melakukan sesuatu yang bisa membahayakan dirinya sendiri ataupun orang lain.

Dan Si Kecil juga harus diberitahu kepada siapa ia harus bercerita apabila ia sedang menghadapi masalah.

3. Anak yang berumur 4 tahun harus mengetahui apa minatnya.
Pada umumnya anak-anak yang telah berusia 4 tahun sudah mulai mempunyai hobi seperti makanan kesukaan-nya, cita-citanya dll

Bunda harus memberitahukan kepada si Kecil bahwa ia bisa mengungkapkan ketertarikannya pada orang tua ataupun dengan orang terdekatnya.

4. Anak berumur 4 tahun harus mengetahui bagaimana menggunakan imajinasinya.
Anak bunda yang sudah berusia 4 tahun harus tahu bahwa ia boleh berimajinasi (membayangkan) terhadap hal-hal positif. Karena hal itu bisa membantu si kecil untuk berfikir lebih kreatif dan juga inovatif.

Jadi, biarkanlah anak bunda bertingkah semaunya, yang terpenting masih dalam batasan yang wajar dan boleh-boleh saja menggunakan imajinasinya selama untuk hal-hal positif.

Misalnya, Dalam kondisi yang seperti ini biasanya si kecil  akan senang menceritakan kembali buku yang sudah ia baca kemudian memberikan apa pendapatnya.

SeLebihnya terkadang ia mampu bermain sesuai peran dengan berbagai profesi dialog khayalan-Nya. Misalnya saja ia akan berperan sebagai polisi, dokter, ataupun seorang koki.

Jadi seandainya anak bunda yang sudah berumur 4 tahun suka dengan berimajinasi tentang pengetahuannya, sebaiknya dibolehkan dan dibimbing ya bunda..

5. Anak yang berumur 4 tahun harus mempunyai rasa ingin tahu.
Anak yang telah berumur 4 tahun biasanya akan memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar. Sehingga, tidak heran jika si kecil seringkali menanyakan semua hal yang tidak diketahuinya kepada bunda ataupun ayah.

Jika bunda mengalami hal itu, sebaiknya bunda atau ayah tidak boleh malas untuk menjawab hal-hal yang ingin ia tanyakan. Karena jika bunda atau ayah malas menjawabnya, maka si Kecil bisa saja akan kehilangan minat belajarnya.

Sebaiknya untuk bunda atau ayah harus sering mengajari si Kecil tidak hanya pelajaran di sekolah saja, melainkan belajar tentang kegiatan ataupun budaya yang ada di lingkungan masyarakat.

Hal itu tentunya sangat penting untuk perkembangan sosialnya anak di masa depan.

6. Anak yang berumur 4 tahun harus mengetahui bagaimana caranya untuk bersikap mandiri.
Di usia ini si kecil mulai senang dengan memilih baju sendiri, makan sendiri, serta berjalan tanpa selalu digandeng oleh bunda ataupun ayah. Jika sudah seperti ini, Berarti itu tandanya si kecil sudah mulai merasa bahwa ia sudah lebih besar dan dewasa dari bayi yang ia lihat.

Selain itu, si kecil akan mengetahui tentang perbedaan dirinya dulu dan sekarang. Hal itu tentu saja sangat baik, bisa menjadi bekal untuk dirinya sendiri kelak.

Jadi, bunda tidak perlu heran apabila suatu hari nanti si kecil bisa mendebat bunda dengan mengatakan “Aku kan udah gede”.

Jadi, alangkah baiknya lagi jika bunda jangan selalu memanjakan si Kecil. Agar ia berlatih menjadi anak yang mandiri.

7. Anak yang berusia 4 tahun harus mengetahui caranya untuk bersosialisasi.
Di usia ini biasanya si kecil sudah mengetahui bagaimana caranya untuk berteman. Bahkan ia sudah mulai bisa merespon perhatian dari temannya.

Selain itu, si kecil juga harus dilatih untuk mengetahui bagaimana caranya menyapa orang yang lebih dewasa, misalnya dengan tersenyum dan juga mengucapkan salam.

Bunda juga harus memberitahukan dan mengajarkan kepada si kecil, dengan ucapan kata “maaf”, “tolong”, dan “terima kasih” hal itu ialah suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tentu saja agar Anak bunda nantinya tumbuh menjadi pribadi yang menghargai dan juga menghormati orang lain.

Jika 7 hal penting di atas belum dicapai oleh anak bunda, maka bunda tidak perlu khawatir. Sebab, perkembangan setiap anak berbeda-beda sesuai dengan stimulasi dan juga bimbingan dari bunda dan ayah.

Setelah bunda mengetahui 7 hal penting di atas, Maka bunda bisa memberikan stimulasi yang tepat agar si kecil semakin bisa mengembangkan dirinya.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2