√ 6 Langkah Mudah Mengatasi Telinga Anak Kemasukan Air

Air yang masuk kedalam telinga anak ketika berenang ataupun mandi memang terdengar cukup sepele. Akan tetapi, ternyata hal ini cukup berbahaya karena air yang masuk kedalam telinga bisa saja menyebabkan peradangan ataupun infeksi.

Selain hal itu, tentunya anak bunda merasakan tidak nyaman dan mengalami kesulitan untuk mendengarkan secara jelas. Jika sudah seperti ini, sebaiknya bunda lakukan untuk mengatasinya.

Coba terapkan beberapa langkah berikut ini untuk mencegah dan mengatasinya.


Cara Mengatasi Telinga Anak Kemasukan Air

Ada 6 langkah mudah yang bisa bunda lakukan untuk mengeluarkan air yang masuk kedalam telinga anak. Apa sajakah itu?

1. Memiringkan kepala
Memiringkan kepala anak merupakan salah satu metode pertolongan pertama yang harus bunda lakukan, sebab cara ini bisa segera mengeluarkan air dari telinga anak.

Hal pertama yang perlu bunda lakukan ialah menyuruh anak untuk memiringkan kepalanya ke bawah ke arah bahunya, selanjutnya goyangkan cuping telinga secara lembut.

Selain itu, Bunda juga bisa menggelengkan kepala anak ke samping saat berada dalam posisi miring.

2. Membuat vakum dari telapak tangan
Cara yang selanjutnya ialah dengan metode membuat vacum dari telapak tangan bunda ataupun si anak.
Metode ini bertujuan untuk menarik keluar air di dalam telinga anak dengan membuat ruang hampa.

Caranya pun cukup mudah, bunda hanya perlu memiringkan kepala si anak ke samping, selanjutnya tutuplah rapat-rapat telinganya menggunakan telapak tangan yang ditangkupkan.

Setelah itu, doronglah tangan bunda maju dan mundur dengan gerakan yang cepat ke telinga anak. Dengan begitu, maka bunda bisa memaksa air untuk mengalir keluar dari telinga si anak.

3. gunakan hair dryer atau pengering rambut
Meskipun terdengar cukup aneh, ternyata hair dryer juga diketahui bisa membantu mengeluarkan air didalam telinga anak, lhoo bund.

Namun sebelum menggunakanya, pastikan dulu untuk mengatur pengering rambut ke pengaturan yang terendah. Untuk memegangnya juga setidaknya pada jarak sekitar 30 cm dari kepala anak.

Setelah dirasa sudah cukup hangat dan pengaturan jarak yang sudah tepat, biarkan hair dryer tersebut bertiup ke telinga anak.

Gerakanlah hair dryer tersebut ke arah bolak-balik sambil menarik daun telinga anak ke bawah secara perlahan.

4. Meneteskan minyak zaitun
Minyak zaitun yang hangat juga merupakan salah satu pilihan yang baik ketika bunda hendak mencoba mengeluarkan air di dalam telinga anak.

Caranya pun cukup mudah, masukanlah beberapa tetes minyak zaitun hangat ke dalam telinga anak, selanjutnya baringkanlah anak di sisi yang lain selama 10 menit.

Setelah itu, miringkanlah kepala anak ke arah bawah supaya airnya bisa mengalir keluar.

5. Menekan hidung
Menekan hidung merupakan salah satu metode yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang.

Caranya pun cukup mudah, bunda hanya perlu menyuruh anak untuk menekan hidungnya, selanjutnya tiuplah udara dengan lembut dari hidung anak.

Apabila si anak sudah mendengar suara letupan dari dalam telinga, ini artinya tabung eustachius pada telinga anak sudah terbuka.

6. gunakan hidrogen peroksida
Hygrogen peroksida yaitu obat tetes telinga. cara yang pasti untuk tujuan bunda ialah membuat telinga anak lebih bersih dari kotoran telinga, ataupun air yang terperangkap.

Caranya cukup mudah, bunda hanya perlu menuangkan 2-3 tetes hidrogen peroksida kedalam telinga anak.

Setelah dituangkan, selanjutnya tunggulah selama 2-3 menit, kemudian miringkanlah kepala anak supaya airnya mengalir keluar dari telinga.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ 6 Langkah Mudah Mengatasi Telinga Anak Kemasukan Air"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2