√ 5 Penyebab Anak Kecil Memiliki Rambut Uban, Begini Cara Mengatasinya ..

Pada umumnya rambut yang berwarna putih atau uban identik dengan masalah penuaan. Akan Tetapi bagaimanakah jika anak kecil yang baru berusia 10 tahun telah memiliki rambut uban?

Rambut Uban bisa saja muncul karena faktor penurunan produksi melanosit yang berfungsi untuk pembentukan pigmen pada warna rambut.

Uban yang sudah muncul pada usia anak-anak disebut dengan uban prematur. Untuk mengatasi hal ini, maka bunda harus bisa mencari penyebab munculnya rambut uban pada anak.

Penyebab Anak Usia Dini Memiliki Rambut Uban

Apa sajakah penyebab anak usia dini mempunyai rambut uban?


1. Faktor Keturunan
Faktor keturunan adalah salah satu penyebab utama pada uban prematur. Apakah bunda & Ayah memiliki riwayat keluarga memiliki rambut beruban lebih awal??

Jika iya, Maka kemungkinan besar anak anda akan mewarisi sifat tersebut dari genetik ibu ataupun ayahnya.
Jika hal ini sudah diketahui, maka bunda tidak perlu khawatir kalau anaknya beruban sejak usia dini.

2. Faktor Ketombe
Terdapat Beberapa penelitian yang telah menunjukan bahwa ada korelasi positif antara ketombe dan juga rambut uban prematur. Namun, dalam hal ini tidak berarti ketombe menyebabkan rambut beruban. Tetapi lebih dominan karena munculnya banyak ketombe bisa menunjukan lebih tinggi untuk beruban lebih awal.

3. Faktor melanosit bekerja terlalu cepat
Ada sejumlah anak yang memiliki jadwal pematangan melanosit genetik secara prematur. Hal Ini artinya melanosit dalam folikel rambut yang ada pada anak akan berhenti bekerja lebih awal karena susunan genetiknya.

Biasanya, hal ini di sebabkan karena terkait erat dengan keturunan, baik dari pihak ibu ataupun ayahnya yang memiliki uban prematur.

4. Faktor Kekurangan vitamin
Rambut Yang Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan rambut lebih cepat beruban prematur pada anak. Biasanya, hal ini disebabkan karena anak anda kurang mengkonsumsi makanan hewani. Sebagian besar makanan hewani mengandung vitamin B12.

5. Faktor Gejala penyakit tertentu
Dalam beberapa kasus, Rambut beruban prematur merupakan salah satu gejala gangguan internal yang lebih serius.

Pada umumnya, Penyakit yang bisa menyebabkan rambut beruban secara prematur adalah:

- Penyakit Graves (penyakit Hashimoto) yaitu suatu gejala kelainan pada kelenjar tiroid.
- vitiligo yaitu suatu kondisi pada kulit yang memengaruhi pigmentasi.
- Sindrom Wardenburg, tubberous sclerosis, dan neurofibromatossis yaitu suatu penyakit yang bisa menyebabkan pigmentasi pada rambut menjadi menghilang.
- Anemia juga salah satu penyebab cepatnya rambut beruban secara prematur.
- Sindrom Vogt-Koyanagi, yaitu kondisi yang cukup langka lainnya yang dapat berakibat penuaan lebih awal.

Bagaimanakah cara untuk mengatasi masalah rambut beruban secara prematur pada anak?

Jika rambut beruban secara prematur disebabkan oleh masalah kesehatan, biasanya uban akan berkurang sedikit demi sedikit jika masalah kesehatanya sudah teratasi (membaik).

Ada beberapa cara pengobatan rumahan yang bisa bunda coba untuk mengaktifkan melanosit tersebut yaitu:

- Lidah Buaya
Caranya: Oleskan lidah buaya dengan lembut ke bagian kulit kepala. Biarkanlah selama 30 menit. Dan Selanjutnya bilas rambut dengan menggunakan air dingin yang mengalir.

- teh hitam.
Caranya masukanlah daun teh ke dalam air yang mendidih, diamkan beberapa saat, kemudian saring tehnya dan di dinginkan.

Selanjutnya, silakan gunakan sebagai pijat kulit kepala anak anda dengan daun teh tersebut dan biarkan selama satu jam. Jika sudah selesai, silakan Bilas dengan menggunakan air dingin tanpa menggunakan shampo.

- Campuran minyak almond dan perasan air lemon.
Caranya : Campurkanlah kedua bahan tersebut, dan oleskan dengan lembut ke bagian kulit kepala dan rambut anak anda. Selanjutnya, Biarkanlah hingga semalaman dan bilas esok paginya dengan menggunakan air dingin.

- Minyak Kelapa Murni
 silakan oleskan minyak kelapa murni di bagian kulit kepala anak anda, dan pijat secara perlahan. Kandungan pada Minyak kelapa dipercaya bisa menyehatkan rambut dan mencegah tumbuh uban prematur.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2