√ 4 Penyebab Anak Gemar Memilih-milih Makanan

Salah satu sifat anak ketika makan ialah gemar memilih-milih makanan yang dihidangkan orang tuanya. Hal ini terkadang membuat orang tua pusing, ketika akan menghidangkan makanan untuk anaknya. Harapan orang tua terkadang ingin anak memakan masakannya, akan tetapi pada akhirnya malah terbuang dengan sia-sia dikarenakan anak tidak ingin memakannya.

Dan ketika anak mau makan, tetapi ia hanya ingin memakan makanan yang itu-itu saja, bisa jadi dia dapat dikategorikan anak yang suka memilih makanan. Terdapat berbagai hal yang membuat anak suka memilih makanan. Hal ini bisa saja disebabkan karena faktor psikologis maupun fisiologis.

Maka, agar anak tidak gemar memilih-milih makanan, mari cermati dahulu penyebab utamanya ya bund. Simaklah poin-poin berikut :


Penyebab Anak Suka memilih Makanan

1. Berkembangnya Selera Makan
Salah satu penyebab anak memilih-milih makanan, dikarenakan ia sedang mengembangkan dirinya sebagai seorang individu yang mempunyai selera, cita rasa dan pendapat sendiri tentang jenis-jenis makanan tertentu. Akibatnya anak ingin memakan makanan yang itu-itu saja hingga ia merasa bosan.

2. Makanan Tidak Bervariasi
Hal lainnya yang menjadi penyebab anak menjadi sangat pemilih makanan karena bunda menghidangkan makanan yang itu-itu saja. Jadi, bagaimana anak bisa menyukai tahu dan tempe, sedangkan bunda jarang menghidangkan lauk tersebut di meja makan. Maka, buatlah makanan yang bervariasi baik lauk maupun sayuran. Yang dapat menunjang kebutuhan nutrisi dan gizi bagi anak. Dengan makanan yang bervariasi anak akan terbiasa memakan makanan yang berbeda dan tidak akan meminta makanan yang hanya itu-itu saja.

3. Kurang Menggugah Selera
Tidak jauh berbeda dengan orang dewasa, anak juga akan terdorong menyantap makannya ketika yang dihidangkan memiliki tampilan yang menggugah selera. Ingat bund, terkadang penampilan yang menarik pada makanan sering kali lebih memiliki peran penting daripada jenis makanan itu sendiri.

4. Tidak Memberikan Contoh
Sebagai orang tua perlu memberikan sebuah contoh yang baik ketika makan pada anaknya.  Sebab tidak mungkin meminta anak untuk memakan sayuran, ketika anda sendiri justru senang memakan makanan dari restoran cepat saji. Ingatlah bund, anak cenderung akan memakan apa yang biasanya orang tuanya makan. Dengan makan bersama-sama, anak dapat melihat dan mengamati makanan yang bunda makan. Dengan makan bersama juga bunda bisa mengajarkan anak memakan makanan yang dapat menunjang kebutuhan  nutrisi dan gizi anak yang selama ini anak tidak mau makanannya.

Ketika anak bunda mengalami salah satu hal di atas, segeralah memberikan penanganan yang tepat, agar ia tidak menjadi anak yang picky eater atau sangat pemilih hal yang menyangkut makanan.

Bagaimana bund, apakah anak bunda merupakan anak yang gemar memilih-milih makanan? Mari sharing pengalaman bunda, anak lebih suka memakan makan apa dan makanan apakah yang kurang diminati anak? Bisa tulis di kolom komentar ya bund. ^^

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ 4 Penyebab Anak Gemar Memilih-milih Makanan"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2