√ 3 Cara Mengatasi Anak Hanya Makan Camilan Saja

Setelah Lepas dari usia balita, biasanya memilih-milih makanan merupakan suatu hal yang wajar pada anak. Apalagi, jika selama ini si kecil hanya dibiasakan dengan makan-makanan penunjang perkembangan dan pertumbuhan saja.
Tentu saja, akan menjadi pengalaman baru bagi si kecil saat mengenal dengan camilan yang manis, gurih, dan yang di sukai oleh anak.

Nah, yang jadi masalahnya, jika dikemudian hari si kecil menolak semua makanan yang diberikan dan hanya mau makan camilan saja.


Cara Mengatasi Anak Hanya Mau Makan Camilan Saja

Bagaimanakah cara untuk mengatasinya?
Simak penjelasan berikut ini:

1. Terapkan pola makan terjadwal
Tidak masalah jika anak bunda ingin makan camilan, tapi jangan membiarkan si kecil melakukan semaunya.
Bunda harus bisa menyiasatinya dengan menetapkan jadwal waktu makan dan juga jadwal camilan secara teratur. Misalnya:

07.00: Sarapan Pagi
09.00: Makan camilan
11.30: Makan Siang
15.00: Makan camilan
18.30: Makan malam

Dalam jadwal ini Artinya si kecil boleh menikmati makan camilan yang mereka inginkan hanya di jam-jam tertentu saja yang sudah ditetapkan oleh orang tua. Misalnya, sesudah ia menghabiskan makanan utamanya seperti sayuran dan juga buah-buahan yang biasanya dihindari oleh anak.

Dengan Penerapan pola jadwal makan yang seperti ini, maka akan membuat sikecil tidak mudah lapar sehingga bisa mengontrol keinginannya untuk ngemil.

Dan tentu saja dengan adanya jadwal makan yang teratur akan memudahkan bagi bunda untuk mengatakan “tidak” saat siKecil mulai rewel dan meminta camilan sebelum jadwal waktunya.

2. Batasi stok camilan
Memang benar, anak-anak sangat suka memilih-milih makanan merupakan suatu hal yang wajar. Akan tetapi, jika hal ini terus-terusan dilakukan tentu saja akan berbahaya bagi perkembangan dan juga pencernaannya.

Sayangnya, saat ini justeru banyak sekali orang tua yang sengaja menyetok berbagai macam camilan yang disukai oleh anak dengan alasan sebagai persediaan utama kalau saja anak merasa lapar karena menolak makanan yang telah disediakan.

Padahal, hal ini justeru akan memberikan kesempatan kepada sikecil untuk memegang kendali atas makanan apa saja yang ia inginkan.

3. Hindarilah makanan dengan cara dan waktu Yang berbeda
Bunda, Cobalah untuk berhenti berfikir bahwa sekali anak menolak satu jenis makanan, maka ia tidak mau makan jenis makanan itu lagi di lain waktu.

Bukan bermaksud untuk memaksa, akan tetapi bunda harus tetap menghidangkanya secara berkala hingga si kecil mau memakannya. Atau, bunda juga bisa menghidangkanya dengan cara yang berbeda yang di sukai oleh anak.

Untuk cara amannya, sebaiknya segera bunda batasi konsumsi camilan yang tidak sehat yang ada dirumah, dan gantilah dengan camilan bernutrisi seperti sayur-sayuran, buah-buahan atau pun dengan jenis serealia.

Bagaimanapun juga yang harus diingat ialah, camilan seperti manisan, biskuit-biskuit kemasan dan juga permen, lebih banyak mengandung kalori dan gula tinggi, tentunya makanan tersebut bisa berpengaruh pada kesehatan anak di masa depan.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ 3 Cara Mengatasi Anak Hanya Makan Camilan Saja"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2