√ Tips Dan Tindakan Untuk Membangun Kepercayaan Diri

Sudah banyak orang yang tidak percaya pada dirinya sendiri. Terkadang Seringkali mereka mampu melakukan sesuatu hal, akan tetapi tidak berani untuk melakukannya.

Orang yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi dapat memperoleh kepercayaan dari orang lain dan dapat sukses dikemudian hari dibandingkan dengan mereka yang mempunyai kepercayaan diri yang rendah. Sebab, dengan kepercayaan diri yang tinggi maka mereka berani mencoba berbagai hal tanpa takut gagal, berbeda dengan mereka yang kepercayaan dirinya rendah. Maka mereka ingin mencoba tapi takut akan kegagalan yang menghampiri mereka hingga mereka memutuskan untuk tidak mencobanya sama sekali.

Dibawah ini ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk membangun kepercayaan pada diri sendiri.

1. Cobalah terima keadaan diri sendiri
Pahamilah diri anda sendiri karena seorang individu tidaklah sempurna, mereka tetap memerlukan dorongan dan juga keinginan untuk selalu berubah dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Terimalah apapun yang menjadi kelebihan dan juga kekurangan yang ada dalam diri anda.

2. Berikanlah pemikiran yang positif ketika berbicara pada diri sendiri maupun orang lain.
Setiap ucapan yang telah kita katakan tidak hanya akan tertanam dalam diri orang lain, akan tetapi, bisa tertanam juga dalam diri kita sendiri.

Misalnya, Ketika kita mengucapkan kalimat “Saya tidak bisa,” “Saya tidak akan mampu,” “Saya akan gagal.” Hal ini akan tertanam dalam diri kita dan membuat kita akan menjadi orang yang pesimis.

Maka dari itu, gunakanlah kalimat yang positif dengan tidak merendahkan diri sendiri. Gunakanlah kalimat yang dapat mendorong pemikiranmu. misalnya “Saya bisa,” “Saya yakin saya mampu,” “Saya bisa melakukannya.” dan hal-hal positif lainnya yang dapat memberikan semangat bukan hanya kepada orang lain tetapi juga kepada diri sendiri.
.
3. Berbicaralah dengan tatapan mata dan Senyuman
Kontak mata dan senyuman kepada lawan bicara merupakan hal penting dari sebuah kepercayaan diri. Sebab, dengan hal tersebut membuat meningkatkan sifat disukainya kita oleh orang lain.

Selain itu, Berbicaralah dengan orang lain dengan berkonsentrasi dengan tatapan kepada matanya secara langsung namun dengan ramah, serta berilah sebuah senyuman agar dapat mengungkapkan bahwa kita mempunyai sifat yang baik.

4. Kenali kekurangan dan kelebihan dalam diri kita sendiri.
Setiap individu pasti mempunyai kekurangan dan juga kelebihan di dalam dirinya, tenntunya tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Ketika kita sudah tahu kekurangan apa yang ada dalam diri kita maka lakukanlah berbagai hal agar kekurangan itu tidak menjadi bummerang di kemudia hari.

Lakukanlah berbagai macam hal dengan perlahan agar dapat mengasah kekurangan kita sendiri. Jangan lupa dengan kelebihan yang ada dalam diri anda, tunjukkanlah kepada dunia bahwa kamu mempunyai suatu bakat.

Percayalah dan yakin akan diri anda sendiri, tidak harus banyak orang yang mengakui kelebihan anda, tetapi mulailah yakin bahwa orang-orang terdekat dengan anda yang memberi dukungan kepada anda dapat membuat anda yakin akan kemampuan pada diri anda sendiri.

5. Mulai fokus pada hal yang disukai.
Jangan terlalu terpuruk akan hal-hal yang membuat anda down dan juga stress. Mulailah dengan hal yang anda suka agar kepercayaan dalam diri anda terbangun dengan mencoba lebih fokus pada hal yang disukai.

Lupakanlah beban dalam pikiran anda yang membuatmu down, membuatmu stress, membuatmu tak bahagia maupun terpuruk. mulailah mengejar apa yang telah kamu targetkan apa yang telah kamu impikan selama ini.

6. Maafkanlah diri sendiri dan juga orang lain.
Setiap individu tidak akan pernah luput dengan apa yang namanya kesalahan. Akan tetapi, setiap individu juga mempunyai cara tersendiri untuk menghadapinya. ada yang kuat dan ada juga yang tegar, bahkan ada yang begitu menyesalinya dan tidak ingin bangun kembali memulai hal baru.

Ketika anda merasa tersakiti, sebaiknya mulailah belajar untuk memaafkan diri anda sendiri ataupun memaafkan orang lain, agar dapat memulai masa depan dengan penuh rasa percaya diri.

Maka percayalah pada diri anda sendiri karena diatas semua masalahmu kamu adalah KAMU…

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2