√ Sikap Penting Untuk Membantu Perkembangan Anak

Banyak hal penting yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menunjang perkembangan pada anak. Sebab, Hal ini akan membuat kepribadian, karakter, sikap dan hal lainnya berkembang dengan maksimal dari mulai anak berusia dini hingga ia dewasa.

Kita sebagai orang tua perlu mengambil tindakan yang tepat untuk membangun perkembangan anak kearah positif yang akan tertanam dalam diri dan perilaku anak.

Sikap seperti apakah yang bisa menunjang perkembangan seorang anak? Mari kita simak beberapa tindakan yang harus dilakukan berikut ini:


1. Evaluasi Dan Jangan Membandingkan
Sebagai orang tua memang lebih baik kita tidak membanding-bandingkan anak kita dengan saudara-saudaranya ataupun dengan anak-anak lain yang sebaya dengannya. Akan lebih baiknya lagi jika kita membandingkan perkembangan yang sedang ia jalani sekarang dengan perkembangan sebelumnya.

Hal yang saya alami ketika murid-murid saya diajarkan untuk melatih fisik motorik anak ketika kegiatan diluar kelas ialah ada murid yang bisa meloncat dari ketinggian 10 cm ada juga yang 20 cm begitupun 30 cm.
Kita yang sebagai guru hanya dapat memberi dorongan yang positif bahwa ia akan mampu melalukan hal yang lebih di percobaan setelahnya. Dan dipercobaan kedua bahkan ketiga anak dapat meloncat lebih tinggi dari pada saat ia mencoba pertama kali.

Hal ini menjadi kebanggaan bagi saya melihat anak didik saya berkembang perlahan dari yang dia lakukan sekarang dengan apa yang ia lakukan sebelumnya.

2. Menghindari perbandingan dan memberikan kesempatan pada anak
Dari pada kita membanding-bandingkan anak kita dengan anak yang lainnya, lebih baik kita memberikan kesempatan kepada mereka untuk jadi diri sendiri.

Berikanlah kesempatan apa yang mereka inginkan, apa yang mereka ingin lakukan selama itu tidak membahayakan bagi mereka.

Yang saya alami ketika pembelajaran di kelas terkadang ada anak yang tidak ingin mengikuti kegitan yang ada, yang ada mereka malah asyik dengan dunia mereka sendiri. Hal yang harus kita lakukan ialah mendampingi mereka dan membujuk perlahan agar mereka mau mengikuti kegitan yang telah direncanakan. Alternatif lainnya ialah ketika mereka menyukai suatu hal mari kita arahkan agar hal tersebut dapat bermanfaat hingga mereka dewasa.

3. Hentikanlah paksaan kepada anak
Semua orang tua pasti mempunyai banyak harapan dari anaknya hingga memaksa anak untuk mengikuti kemauannya.

Dengan Melihat orang tua yang memaksa anaknya untuk dapat melakukan hal itu, maka bisa membuat mereka menangis terkadang hatiku tidak tega untuk melihatnya.

Dengan sebuah paksaan atas keinginan anak, maka akan terhambat perkembangannya karena minat dan bakat mereka tertahan.

Maka selaku orang tua hendaklah memberikan kesempatan kepada anak-anaknya untuk mengejar apa yang mereka inginkan dan membiarkan mereka hidup dalam kehidupan mereka sendiri, tentunya dengan pengawasan dan tidak membahayakan anak-anak kita.

Dengan adanya sebuah dorongan dari orang tua, kelak kita akan melihat hasil dari yang dikerjakan oleh anak.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Sikap Penting Untuk Membantu Perkembangan Anak"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2