√ Membangun Karakter Dan Keyakinan Positif Pada Anak

Saya merupakan seorang pendidik di salah satu lembaga pendidikan dan telah bertemu dengan berbagai macam karakter pada diri anak-anak.

Saya juga bertemu dan memahami dengan anak yang sudah pecaya diri, berbicara dengan sopan, baik dan juga mudah tersenyum, namun saya juga bertemu dengan anak yang sangat pendiam dan juga pemalu.

Melihat perkembangan mereka yang mungkin kurang, rasanya keyakinan pada diri mereka untuk memulai suatu hal menjadi terhambat.

Apakah mereka kurang percaya diri?
Apakah keyakinan diri tak ada dalam dirinya?
Apakah keyakinan diri itu?
Keyakian diri merupakan suatu keyakinan yang kita tanamkan dalam diri kita sendiri. Seberapa besarkah kita bisa menyukai dan dapat menghormati diri sendiri dalam sebuah keyakinan.

Seberapa berharganya-kah diri kita sendiri ketika kita dapat merasakan nyaman ketika mengucapkan kalimat “Saya suka dan bersyukur kepada diri sendiri”, ataupun “ Saya yakin saya bisa, dan saya yakin akan kemampuan yang ada dalam diri saya sendiri”.
.
Beberapa anak-anak yang telah saya temui, mereka selalu bersembunyi dan tak mau jauh dari orang tuanya. Mereka bagaikan kura-kura yang bersembunyi dalam tempurungnya dan sesekali mengeluarkan kepalanya menatap sekitarnya kemudian bersembunyi kembali.

Mereka yang tak ingin jauh dengan orang tuanya merasa tidak aman akan lingkungan baru yang mereka hadapi.

Percayalah, ketika anak anda tidak ingin jauh dari orang tua, maka mereka tidak akan mau belajar untuk bertanya, beradaptasi, berinteraksi ataupun bereksplorasi dengan aktif.

Maka berilah pemahaman sedikit demi sedikit kepada diri mereka dengan hal-hal yang positif yang dapat membuat mereka menjadi yakin dan juga bisa lepas dari anda yang sebagai orang tuanya. Hingga mereka dapat memulai melangkahkan kaki untuk perjalanan hidup yang akan mereka tempuh.

Anak yang mempunyai keyakinan diri yang positif akan selalu berpikir baik akan kehidupan mereka. Dengan pikiran yang positif, maka mereka akan menghadapi berbagai macam tantangan-tantangan yang ada dalam hidup mereka.

Mereka dapat mengendalikan diri mereka agar hasil yang telah mereka lakukan tidak mengecewakan. Karena mereka adalah pemenang dari semua keadaan yang mereka hadapi dan tidak memilih untuk menjadi lari maupun takut.

Jika Anda merupakan sebagai orang tua, maka janganlah pernah bosan untuk memberikan perhatian kepada anak anda, dan buatlah mereka merasa bahwa diri mereka begitu berharga. Kesan inilah yang akan menjadi dinding yang kuat bagi anak anda untuk meyakinkan dirinya.

Tanpa adanya suatu perhatian khusus dari kita yang sebagai orang tua, maka mereka akan mengalami terhambatnya perkembangan-nya, dan mereka menjadi tidak dapat mendukung dirinya sendiri serta tidak dapat mengekspresikan hal yang ada dalam diri mereka.

Ingatlah dimasa sekarang ini, anak yang merasa minder tak ada keyakinan pada diri mereka, maka akan terasa sulit untuk menghadapi dunia dan lingkungan yang akan di hadapi hingga dewasa kelak.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Membangun Karakter Dan Keyakinan Positif Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2