√ Cara Berharap Pada Anak Agar Tidak Menggangu Perkembanganya ...

Setiap orang tua pasti mempunyai harapan tersendiri dari tiap anak-anaknya. Akan tetapi ketika kita sebagai orang tua berharap terlalu banyak kepada anak, mereka akan merasa tertekan dan berhenti untuk berusaha memenuhi harapan orang tuanya.

Selain itu, harapan orang tua yang terlalu banyak dan memaksa akan memberikan dampak bagi anak, bahwa mereka akan merasa tertekan dan tidak mampu, pada umumnya, mereka tidak bisa menggapainya yang akhirnya mereka akan berhenti melakukan hal untuk memenuhi harapan orang tuanya.


Bagaimanakah cara kita berharap pada anak? Marilah pelajari hal-hal berikut :
1. Sesuai Usianya
Sejak anak anda lahir hingga dia dewasa, maka anda tidak akan pernah lepas dari harapan yang dapat membanggakan bagi diri anda yang sebagai orang tuanya.

Akan tetapi, harapan yang tidak sesuai dengan perkembangannya akan membuat anak menjadi tertekan, mereka harus mampu menguasainya, bisa dikatakan seperti anda meminta mereka bisa berlari sebelum mereka bisa berjalan yang pada akhirnya akan merusak keyakinan mereka.

Berdasarkan pengalaman yang saya alami, saya melihat para orang tua menekankan anak untuk bisa membaca, menulis bahkan berhitung di umur yang masih dini.

Jika dilihat Berdasarkan usia perkembangan anak, diusia yang masih duduk di pendidikan anak usia dini mereka harusnya hanya mengenal dan belajar dengan benda-benda yang konkret terlebih dahulu, karena kita sebagai guru meskipun tidak mengajarkan anak belajar membaca, menulis dan berhitung secara lansung tetapi banyak metode dan media yang dapat dilakukan untuk menunjang itu semua.

2. Ketertarikan Anak
Anak mempunyai daya ketertarikan tersendiri dalam hidupnya, kita sebagai orang tua tidaklah bisa memaksakan mereka untuk melakuan apa yang mereka tidak sukai.

Ketertarikan anak terhadap sesuatu hal akan memberikan kesan positif pada anak untuk kedepannya, karena mereka mempunyai harapan untuk mereka gapai dan dengan serius serta bertahap, pada saatnya mereka juga akan berusaha untuk menggapainya.

Pemaksaan akan hal yang tidak disukai pada anak akan berdampak buruk pada perkembanganya, mereka akan menyepelekan kegiatan tersebut dan berangan-angan akan impian mereka sendiri.

3. Realistis
Sebagai orang tua hendaklah tidak membuat harapan diluar kemampuan diri anak. Buatlah harapan yang adil, jelas dan realistis sesuai dengan perkembangannya serta tidak membuat standar-standar yang harus mereka capai.

Harapan yang dibuat sesuai dengan perkembangan anak, mereka akan menjalankannya dan membuat anda bangga akan hasil yang dicapai anak.

4. Kepercayaan Diri
Bangunlah sebuah kepercayaan diri pada anak anda untuk bisa meraih keberhasilan. Dari harapan yang anda buat terlepas seperti apapun hasilnya nanti kita harus memberikan sebuah dorongan dan meningkatkan keyakinan pada diri anak agar dia bisa percaya dan ia mampu melakukannya dan tidak menyerah dengan mudah.

5. Pendekatan dengan anak
Dengan adanya pendekatan dengan anak kita akan memahami kepribadian, impian dan tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh anak.

Komunikasi yang terjalin antara orang tua dan anak akan membuat harapan-harapan yang ingin dicapai anak, dan tak lupa kita sebagai orang tua mendukung serta membantu mereka untuk meraih potensi yang maksimal pada dirinya.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2