√ Destinasi 34 Wisata Populer Di Brebes Yang Lagi Hits Dan Instagramable

Pada saat Anda Mendengar kata "Brebes", apa yang terbayang  difikiran Anda Yang Pertama kali? Apakah kota Penghasil Bawangnya? Ataukah Kota Penghasil telur asin-nya?

Yupzz, Brebes memang tidak bisa dipisahkan dari 2 kata tersebut. Padahal, di samping 2 kata tersebut, Brebes mempunyai banyak hal tentang Destinasi dan keindahan Alamnya yang tidak kalah Menariknya dari Kota Lain.

Ternyata di kota Brebes juga sudah mempunyai tempat wisata yang sangat lengkap dan juga Populer. Dari mulai objek wisata pantai, objek wisata religi, objek wisata sejarah, hingga objek wisata alam pegunungan dan air terjun-nya, semuanya itu bisa anda nikmati di kota brebes yang merupakan kota penghasil bawang dan juga telur Asin-nya.

Perlu kita ketahui, Semua daftar Lengkap objek wisata di wilayah Brebes tidaklah lepas dari luas wilayahnya yang menjangkau hingga 1.902 km persegi dari letak geografisnya yang menghampar dari tengah ke arah pinggir bagian utara Pulau Jawa.

34 Tempat Wisata Di Brebes Paling Hits Dan Populer
Untuk Anda yang merupakan Asli penduduk Brebes, atau Anda yang dalam Waktu dekat ini akan berencana berkunjung dan berlibur ke Kota Brebes, inilah beberapa Tempat Daftar objek wisata di Brebes yang perlu anda coba untuk di kunjungi.

1. RANTO CANYON BREBES


Lokasi Objek Wisata Air Terjun Ranto Canyon ini tepatnya di lereng pegunungan sebelah selatan wilayah Brebes.

Air terjun ini menawarkan nuansa keindahan Alam yang sangat mempesona dan juga eksotis yaitu berupa panorama keindahan alam berbentuk air terjun dan juga  area pemandian yang mengajak adrenalin anda.

Untuk bisa sampai ke tempat lokasi air terjun ini, Maka Anda harus menyusurinya dengan jalan kaki atau trackking mengarungi alam terbuka kurang lebih sekitar 750 meter.

Agar anda tidak tersesat, maka disarankan untuk memakai jasa pembimbing (pemandu) wisata yang sudah disediakan di tempat wisata ini.

Untuk Biaya jasa pemandu ini juga terbilang cukup murah, yaitu sekitar Rp40.000 per orang dan sudah termasuk penyewaan alat safety berupa helm dan juga baju pelampung.

Selanjutnya, pada saat anda tiba dilokasi akan diberikan beberapa panduan khusus untuk menyusuri aliran sungai.

Jika anda mau, kita juga bisa mencoba beberapa kegiatan wisata lain yang lebih menantang adrenalin anda, seperti snorkelling di areal bawah air terjun serta cliff climbing.


Bagaimana menurut anda ? Sangat unik dan Menarik bukan?

Untuk Lokasi objek wisata Air Terjun Ranto Canyon ini tepatnya yaitu ada di Desa Windusari. Kecamatan-Salem. Kabupaten Brebes.

Jika anda start berangkat dari Kota Brebes, tempat objek wisata ini bisa Anda tempuh dalam jarak kurun waktu kurang lebih 2,5 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan  seperda motor.

Sedangkan Untuk masuk ke tempat air terjun ranto canyon setinggi 25 meter ini, maka kita hanya membayar tiket Rp.5.000/orang.

2. HUTAN MANGROVE KALIWLINGI


Untuk Lokasi dan Tempat Hutan Mangrove Kaliwlingi yaitu beralamat di Desa. Pandansari-Kaliwlingi. Kec.-Brebes. Kabupaten-Brebes. Jawa-Tengah.

Hutan mangrove ini merupakan salah satu hutan bakau pemilik pemerintah yang memang sengaja dibuat hanya untuk keperluan pencegahan abrasi di area pesisir utara Kabupaten Brebes.

Sedangkan untuk destinasi pendirian area hutan bakau mangrove ini bukanlah semata-mata sengaja untuk kepentingan objek wisata, melainkan hutan mangrove ini bertujuan untuk melindungi faktor pengikisan tanah yang di sebabkan oleh desiran Ombak.

Seiring berjalanya waktu, ternyata hutan bakau ini sering dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah. Dengan Melihat hal itu, akhirnya pihak pemerintah setempat  mulai mengelola konsep area hutan mangrove ini, sehingga fungsinya tidak hanya sekedar untuk pencegahan abrasi saja melainkan juga sebagai objek wisata.

Sedangkan Untuk mendukung semua kegiatan pariwisata dilokasi ini, pemerintah setempat sudah menyediakan sekian banyak macam fasilitas alat pendukung. Dari mulai fasilitas berbentuk jembatan papan yang difungsikan sebagai tracking dan area jalan pengunjung, fasilitas tempat parkir, hingga dengan fasilitas warung makan, semuanya sudah tersedia di tempat mangrove ini.

Nantinya, pada saat anda berkunjung ke objek wisata ini, maka kita bisa menikmati dan merasakan indahnya area hutan mangrove dan juga berbagai macam biota laut yang dibudidayakan di hutan mangrove ini.

Di samping itu, kita juga bisa berkeliling di areal hutan mangrove dengan memakai jasa perahu kecil yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Sedangkan Untuk bisa menikmati keindahan alam di hutan mangrove ini, maka kita tidak usah mengeluarkan uang dalam – dalam. Cukup hanya uang sebesar Rp20.000 saja, kita sudah bisa masuk dan berkeliling objek wisata ini.

3. WADUK PENJALIN


Tempat Objek wisata di Brebes yang selanjutnya ialah Waduk Penjalin. Waduk Penjalin ini lokasinya bertempat di Desa Winduaji. Kecamatan-paguyangan. Kabupaten-Brebes. Jawa-Tengah.

Objek wisata Waduk Penjalin ini pertama kali didirikan tepatnya pada Tahun 1930 silam, dan masih tetap dipakai hingga sekarang ini.

Secara keseluruhan, objek wisata waduk penjalin ini mempunyai luas kurang lebih 1,5 km dan khususnya difungsikan sebagai tempat penampungan air sekaligus untuk objek wisata.

Di waduk penjalin ini Anda juga bisa bersantai sembari menikmati dan merasakan sensasi pemandangan alam sekitar. Khususnya bagi anda yang suka memancing, Anda bisa memanfaatkan areal waduk ini sebagai spot pemancingan gratis sepuasnya.

Sedangkan untuk Anda yang suka dengan berfoto selfie, di waduk penjalin ini Anda juga bisa berfoto selfie dibeberapa spot foto yang unik dan menarik yang sudah disediakan oleh pengelola.

Untuk bisa menikmati indahnya panorama alam di sekitar Waduk Penjalin, maka anda tidak usah mengeluarkan ongkos untuk tiket masuk sama sekali. Sebab, tempat ini gratisss untuk anda bersantai. Hanya saja, kita diminta untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak boleh membuang sampah sembarangan di sekitar waduk penjalin ini.

4. WADUK MALAHAYU


Lokasi Objek wisata Waduk Malahayu ini terletak di Desa Malahayu. Kecamatan-Banjarharjo. Kabupaten-Brebes. Jawa-Tengah.

Waduk ini adalah sebuah penampungan air atau waduk irigasi yang juga  difungsikan sebagai tempat khusus untuk rekreasi di Brebes.  Tempat jalan–jalan di Brebes yang satu ini menawarkan keindahan dan  pesona utama berupa pemandangan alam yang cukup spektakuler.

Dari objek wisata waduk ini, kita juga dapat menyaksikan indahnya area perbukitan yang ada di sekitarnya.

Di samping itu, sebagai lokasi objek wisata khusus, waduk malahayu ini juga seringkali dijadikan sebagai tempat untuk berkemah. Selain itu, Beberapa wisatawan yang datang ke waduk malahayu ini seringkali menjadikannya sebagai spot pemancingan lhooo!..
Bagaimana? Anda Tertarik untuk mengunjunginya??

Jika iya, maka Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp6.000 saja sebagai ongkos tiket masuk.
Sangat murah bukan???

5. KALIBAYA PARK


Tempat objek wisata di Brebes yang selanjutnya yang tak kalah menariknya ialah objek wisata Kalibaya Park.

Untuk Lokasi Kalibaya Park ini terletak di Desa Pasir Panjang. Kecamatan-Salem. Kabupaten-Brebes. Jawa Tengah.

Untuk Lokasi tempat objek wisata ini terletak di dataran tinggi, tepatnya di Puncak gunung Malio yang memberikan nuansa udara yang sangat sejuk dan juga pemandangan alam yang sangat luar biasa dan indah.

Dari tempat taman kalibaya park ini, Anda juga bisa melihat  secara langsung Lokasi Waduk Malahayu dari atas ketinggian.

Bisa dikatakan, pada saat ini objek wisata Kalibaya Park merupakan  salah satu lokasi objek wisata paling indah di Brebes. Sedangkan Untuk Akses tempatnya juga sangat mudah, dan fasilitasnya pun cukup lengkap.

Untuk menambah keseruan dari kegiatan anda selama di objek wisata ini, pihak pengelola sudah menyediakan berbagai macam wahana permainan dan fasilitas yang menarik seperti:
Area outbond, area padang savana, area ATV Track, Flying Fox, tempat Gardu Pandang, dll.

Bagaimana? Anda Tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini?

Jika iya, Anda mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp3.000 (khusus di hari biasa) dan Rp5.000 (khusus di hari libur dan akhir pekan).

6.  PUNCAK GUNUNG LIO


Khusus untuk Anda yang menyukai dengan tempat untuk berkemah, di Brebes juga ada objek wisata Puncak Gunung Lio yang paling pas dan Cocok untuk dijadikan sebagai spot berkemah.

Puncak gunung ini juga menawarkan nuansa pemandangan alam yang sangat luar biasa estetis dan juga indah dengan udara yang sangat bersih dan sejuk.

Sedangkan untuk Lokasi Puncak Gunung Lio ini terletak di perbatasan wilayah Salem dan Banjarharjo. Dari Tempat objek wisata Kalibaya Park,

Untuk menuju ke puncak gunung ini hanya ditempuh dalam jarak waktu kurang lebih beberapa menit saja.

Bagaimana menurut anda? Apakah Anda tertarik untuk berkemah di puncak gunung ini?

Jika iya, jangan lupa untuk membawa perlengkapan  yang cukup yahhh... Pasalnya fasilitas di puncak gunung ini benar- benar sangat minim sekali.

Oh iyaa, untuk biaya tiket masuk, kita tidak usah khawatir. Pasalnya puncak gunung ini bisa dinikmati secara cuma-cuma alias Gratisss tanpa mengeluarkan ongkos tiket masuk sama sekali.

7. BUKIT PANENJOAN


Tempat Objek wisata di Brebes yang menarik selanjutnya ialah Bukit Panenjoan. Lokasi Bukit Panenjoan ini bertempat di Desa Wanoja. Kecamatan-Salem. Kabupaten-brebes. Jawa-Tengah.

Objek wisata Bukit ini menawarkan keindahan dan juga pesona utama berupa pemandangan alam khas wilayah dataran tinggi diBrebes. Di sini, Anda juga bisa bersantai sembari menikmati dan merasakan sensai pemandangan sejuknya udara khas dataran tinggi.

Di samping itu, kita juga bisa menikmati indahnya sunset disenja hari. Untuk menunjang semua kegiatan objek wisata di sini, maka pengelola lokasi ini sudah menyediakan berbagai macam fasilitas yang cukup  mendukung yaitu Dari mulai kursi yang digunakan untuk bersantai, tempat gardu pandang, hingga warung makan, semuanya telah tersedia di sini.

Khusus untuk warung makan, mayoritas pedagang menyuguhkan olahan kuliner khas daerah brebes, maka dari itu, untuk Anda yang berasal dari luar Brebes dan ingin berkunjung kelokasi objek wisata kuliner di Brebes, tidak ada salahnya jika Anda juga mengupayakan makanan yang disediakan di warung–warung yang ada di bukit panenjoan ini.

Jika anda tertarik untuk mengunjunginya, bukit panenjoan ini dibuka setiap hari  24 jam non-stop.

Sedangkan Untuk biaya Tiket masuknya ke bukit Panenjoan ini tergolong cukup murah meriah yaitu hanya Rp5.000 saja per-orang.

8. PULAU CEMARA SAWOJAJAR BREBES


Tempat Objek wisata Brebes yang selanjutnya ialah Pulau Cemara Sawojajar Brebes. Untuk lokasi Pulau Cemara Sawojajar ini terletak di Jl. Baruna Indah Sawojajar. Kec.-Wanasari. Kab-Brebes, Jawa Tengah.

Pulau ini dinamai dengan Pulau Cemara karena di sekitarnya ada beberapa pohon cemara yang memang sengaja ditanami oleh pihak pengelola untuk kebutuhan pariwisata. Secara total, pulau ini mempunyai panjang sekitar 5 km dengan lebar 150 meter.

Dipulau cemara ini, Anda juga bisa bersantai di bawah pohon cemara sembari menikmati dan merasakan sensasi panorama alam berupa nuansa pantai.


Jika Anda mau, Anda juga bisa menikmati berbagai macam olahan makanan kuliner seafood yang sudah disediakan di warung makan di dekat pulau ini, seperti: kuliner kerang ingser, tiram, dan juga kerang hijau.

Untuk bisa sampai ke Pulau Cemara ini, maka kita bisa memakai alat penyeberangan berupa perahu yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Di hari biasanya, untuk biaya angkutan dengan kapal perahu ini dipatok sebesar Rp15.000 per orang (pp).

Sedangkan Untuk masuk ke tempat pulau cemara ini, pengunjung tidak dikenai ongkos tiket masuk sama sekali alias Gratiss.

9. PULAU HANTU SIGEMPOL BREBES


Objek Wisata Pulau Hantu Sigempol ini merupakan salah satu objek wisata baru di Brebes yang sedang hits di kalangan masyarakat lokal brebes.

Seperti nama yang dimilikinya, objek wisata ini menawarkan pesona dan suasana berupa “pulau hantu” yang menyeramkan.

Namun anda Tidak perlu takut, pulau hantu yang dinamakan di sini hanyalah pulau hantu buatan, meskipun terlihat seram, tetapi sangat aman untuk anda kunjungi.

Khusus untuk Anda yang menyukai dengan hobi memancing, objek wisata Pulau Hantu ini juga mempunyai spot pemancingan yang baguss dan juga lebar.

Untuk hal fasilitasnya, meskipun objek wisata ini masih termasuk baru, akan tetapi fasilitasnya sudah tergolong cukup lengkap yaitu Dari mulai tempat untuk berteduh, moda transportasi, tempat warung makan, hingga dengan fasilitas musholla, semuanya sudah tersedia disini.

Sedangkan Untuk Lokasi Pulau Hantu ini yaitu ada di Dusun Sawah. Desa-Randusanga Kulon. Kecamatan-Brebes. Kabupaten-Brebes, Jawa Tengah.

Sedangkan Untuk bisa sampai ke pulau ini Anda bisa memanfaatkan perahu motor dengan tarif Rp10.000 per orang sekali jalan yang sudah disediakan oleh pengelola.

10. AGROWISATA KEBUN TEH KALIGUA


Objek wisata Agrowisata Kebun Teh Kaligua merupakan salah satu area tempatnya “Puncak” nya Brebes. Pasalnya, objek wisata agrowisata ini mempunyai pemandangan alam yang sangat mirip dengan pemandangan alam yang ada di area Puncak Bogor.

Di objek wisata ini, kita juga bisa menikmati dan merasakan sensasi sejuknya udara khas dataran tinggi sembari memanjakan mata menyaksikan hijaunya alam di sekitar kebun teh.

Jika anda mau, tidak jauh dari lokasi area agrowisata ini kita bisa berkunjung  ke sejumlah objek wisata yang lainnya, seperti wisata Mata Air Tuk Bening, wisata Goa Jepang, dan juga wisata Telaga Ranjeng.

Dalam rangka untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pengunjung, pihak pengelola agrowisata ini sudah menyediakan beberapa fasilitas objek wisata yang cukup lengkap yaitu Dari mulai tempat cafe, tempat warung makan, villa dan tempat penginapan, areal eksklusif untuk kegiatan perkemahan, tempat musholla, hingga dengan lapangan olahraga dan juga tempat khusus yang digunakan untuk outbond, semuanya sudah tersedia di sini.

Di hari-hari biasa, objek wisata Agrowisata yang dikelola oleh PTPN IX Jawa-Tengah ini dibuka untuk umum setiap harinya 24 jam non stop.

Apabila anda tertarik untuk mengunjunginya, tempatnya yaitu beralamat di Desa Pandansari. Kecamatan-Paguyangan. Kabupaten-Brebes

Untuk tarif Tiket masuknya juga sangat murah, yaitu hanya Rp8.000 per orang saja.

11. CANDI PANGKUAN


Tempat wisata di Brebes yang unik selanjutnya ialah di Candi Pangkuan. Untuk lokasinya bertempat di Desa Cilibur. Kecamatan-Paguyangan. Kabupaten-Brebes.

Candi ini telah ditemukan pertama kalinya oleh masyarakat sekitar pada Tahun 1965 silam. Sedangkan Untuk Lokasi candi pangkuan ini ada tengah-tengah area hutan yang banyak ditemukan pepohonan besar.

Di sekitar candi pangkuan juga ada banyak sekali kawanan monyet yang berkeliaran secara bebas.

Pada Saat anda berkunjung ke candi pangkuan, Anda juga bisa berfoto selfie dengan latar belakang candi sekaligus bisa berinteraksi langsung dengan kawanan monyet yang ada di sekitarnya.

Jika anda mau, Anda juga bisa memberikan makanan ke kawanan monyet tersebut dengan kacang ataupun pisang (namun harus membawa makanan sendiri).

Untuk bisa menikmati keindahan objek wisata cagar alam dilokasi ini, kita tidak dikenakan tarif tiket masuk sama sekali.

Di samping itu, waktu untuk berkunjung ke objek wisata ini juga tidak dibatasi, sehingga Anda bisa mengunjunginya kapanpun yang Anda mau.

12. AGROWISATA BESARAN


Lokasi Objek wisata Agrowisata Besaran ini bertempat di Daerah Jatibarang Lor. kec.-atibarang. Kabupaten-Brebes. Jawa Tengah.

Objek wisata Agrowisata ini menawarkan keindahan  pesona utama yang berupa objek wisata air seperti kolam renang, terapi ikan, dan juga perahu hotel.

Di samping itu, ada juga wahana bermain kereta wisata dan wahana flying fox yang tidak kalah uniknya untuk anda coba.

Di bagian dalam objek wisata agrowisata ini, ada juga suatu bangunan yang didirikan dengan bentuk arsitektur klasik. Bangunan tersebut paling pas dan cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang berfoto selfie.

Untuk mempermudah para wisatawan yang datang, pihak pengelola agrowisata juga sudah menyediakan berbagai macam fasilitas wisata yang super lengkap. Dari mulai lahan parkir, tempat khusus berteduh, toilet, hingga dengan musholla dan tempat warung makan, semuanya sudah tersedia disini.

Hebatnya lagi, meskipun sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, pihak pengelola objek wisata agrowisata ini berani mematok biaya tiket masuk yang sangat murah, yaitu hanya Rp3.000 saja per orang.

Bagaimana??? anda sudah bersiap-siap untuk berkunjung??

13. CURUG PUTRI BREBES


Lokasi Objek wisata di Brebes yang selanjutnya ialah Curug Putri. Curug Putri ini terletak di Kab. Brebes, tepatnya yaitu di Desa Mandala. Kecamatan-Sirampog. kabupaten-Brebes.

Curug ini hanya memiliki ketinggian kurang lebih hanya 35 meter dengan debit aliran air yang cukup deras.

Secara keseluruhan, untuk situasi dan kondisi lingkungan di dekat curug ini masih tergolong sangat asri, bersih, dan juga nyaman untuk  dikunjungi.

Sedangkan Untuk Aliran air yang mengalir dari air terjun ini masih cukup jernih dan cocok sekali untuk dipakai mandi dan bermain air.

Sedangkan untuk menuju ke Lokasi air terjun ini masih cukup sulit untuk diakses. Untuk bisa sampai ke tempat objek wisata ini, pengunjung harus berjalan kaki melewati medan perjalanan yang lumayan menantang dan menguji adrenalin anda.

Perjalanan yang cukup Melelahkan memang, tetapi begitu anda sampai ketempat air terjun ini, maka rasa lelah tentunya akan langsung terbayarkan lunas dengan keindahan yang sangat luar biasa.

Sampai tulisan ini ditulis, curug putri ini masih sangat minim dengan fasilitas. Sedangkan untuk tiket masuknya sendiri masih digratiskan dan jam kunjungannya juga tidak dibatasi.

14. CURUG AWU


Untuk Lokasi Objek wisata di Brebes yang selanjutnya ialah Curug Awu. Curug Awu ini terletak di Desa Wanarejo. Kecamatan-Sirampog.Kabupaten Brebes.

Curung ini memiliki elevasi ketinggian sekitar 100 meter. Meskipun cukup tinggi, debit aliran air yang mengalir dari curug ini tidak terlalu deras.

Sedangkan Air yang mengalir dari Curug Awu ini benar-benar masih sangat bening, jernih dan juga segar. Di samping itu, lokasi di dekat curug ini juga masih masih cukup bersih dan alami. Namun Sayangnya, tempat ini belum dikelola sebagai objek wisata yang resmi, sehingga curug ini masih sangat minim fasilitasnya.

Untuk itu, jika Anda ingin berkunjung ke lokasi curug ini, maka anda disarankan untuk membawa perlengkapan dan bekal yang cukup. Karena tempat ini belum dikelola sebagai objek wisata.

akan tetapi Curug Awu ini bisa anda kunjungi kapan saja tanpa membayar biaya masuk sama sekali.

15.  PEMANDIAN AIR PANAS TIRTA HUSADA


Di Kecamatan Bantarkawung. Kabupaten-Brebes. tepatnya di Desa Kedungoleng. Juga ada objek wisata pemandian air panas yang mempunyai nama Pemandian Air Panas Tirta Husada.

Pemandian air panas ini terletak di tengah-tengah hutan pinus yang sangat asri. Sama seperti halnya kebanyakan dari pemandian air panas yang lainnya. pemandian air panas ini informasinya juga bisa menyembuhkan sekian banyak macam penyakit kulit karena adanya sumber dari belerang.

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal untuk  para pengunjung, pihak pengelola pemandian air panas ini sudah mendirikan berbagai macam kebutuhan fasilitas khusus para wisata, yaitu seperti kolam air panas khusus untuk anak-anak, tempat kamar mandi VIP, ruang karaoke khusus untuk keluarga, warung makan, dll.

Di hari biasa, pemandian air panas ini dibuka setiap hari dari pagi sampai dengan malam. Untuk bisa menikmati di pemandian air panas ini. maka pengunjung harus membayar ongkos tiket masuk sebesar Rp6.000 per orang. Cukup murah bukan?

16. CIBLON WATERBOOM


Objek wisata Ciblon Waterboom adalah salah satu objek wisata family di kota Brebes yang seringkali ramai dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya di hari libur dan juga akhir pekan.

Objek wisata Waterboom ini bertempat di Jl. Yos Sudarso, Kota Brebes. Di tempat ini, Anda bisa menikmati berbagai macam wahana bermain yang sangat menarik. seperti: kolam renang, ember tumpahh, area berseluncuran, dan silinder setinggi 12 meter.

Sedangkan Untuk fasilitasnya, pihak pengelola tempat ini sudah menyediakan berbagai macam fasilitas yang cukup lengkap. Dari mulai tempat parkir, toilet, hingga dengan musholla, semuanya telah tersedia disini.

Meskipun sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang lengkap, pihak pengelola waterboom ini tidak serta merta menetapkan ongkos tiket masuk yang mahal. Cukup hanya sediakan uang sebesar Rp13.000 saja per orang. Maka kita sudah bisa menikmati seluruh wahana dan fasilitas  di tempat ini sepuasnya.

17. PANTAI RANDUSANGA INDAH BREBES


Saat mendengar nama pantai ini, apa yang ada di fikiran Anda pertama kali?  pohon randu berjumlah 9 ?

Mengenai sejarahnya, Penulis individu langsung terkenang dengan nama-nama Walisongo yang sudah berjasa menyebarkan agama Islam diberbagai penjuru Pulau Jawa.

Pantai Randusanga merupakan salah satu destinasi alam pantai yang cukup indah  di Brebes. Pantai ini menawarkan keindahan pesona utama berupa pemandangan sunset di senja hari yang sangat spektakuler dan juga eksotis.

Konon, karena indahnya panorama sunset di pantai ini, seringkali dijadikan sebagai tempat tongkrongan di Brebes oleh Para kalangan anak muda dan mudi sekitarnya.

Untuk menarik perhatian wisatawan, pihak pengelola pantai ini sudah menyediakan berbagai macam fasilitas yang cukup menarik. Sebut saja seperti arena pacu motor, restoran kuliner seafood, tempat khusus perkemahan, dan juga warung  makan kuliner khas ala brebes.

Seluruh fasilitas tersebut sengaja disediakan oleh pengelola pantai ini untuk menarik minat para wisatawan, khususnya yaitu yang berasal dari luar daerah.

Di samping dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang lengkap, Pantai Randusanga indah ini juga mempunyai areal pantai pasir yang cukup luas dengan desiran ombak yang sangat tenang.

Karena ombaknya yang cukup tenang, pantai ini aman untuk dijadikan sebagai spot berenang, untuk bermain air, dan juga bermain pasir di pinggiran pantai.

Oh iya,  di pantai ini Anda juga bisa berkunjung ke tempat budidaya rumput laut dan ikan bandeng lhooo!.

Tempat Pantai Randusanga indah ini tepatnya ada di Daerah Randusanga Kulon. Kecamatan-Brebes. Kabupaten-Brebes, Jata-tengah.

Sedangkan Untuk biaya masuk ke pantai ini Anda cukup membayar uang tiket masuk sebesar Rp5.000 di hari biasa dan Rp10.000 di hari libur dan akhir pekan, dan untuk membayar ongkos parkir kendaraannya sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor, dan Rp5.000 untuk mobil pribadi.

18. CAGAR ALAM TELAGA RANJENG


Tempat objek wisata di Brebes yang menarik selanjutnya ialah Cagar Alam Telaga Ranjeng. Cagar Alam Telaga Renjeng ini tepatnya di kaki Gunung Slamet, yaitu di Desa Pandansari. Kecamatan-Paguyangan. Kabupaten Brebes.

Berdasarkan keterangan dan penuturan masyarakat sekitar, danau ini dulunya adalah tempat bermukim ribuan ikan lele dan ikan nila raksasa. Namun Sayangnya, saat ini kawanan ikan lele dan nila raksasa tersebut sudah tidak ada lagi.

Hingga Sampai saat ini belum diketahui pasti yang bisa menjelaskan tentang menghilangnya kawanan ikan lele dan juga ikan nila Raksasa itu pergi.

Secara letak keseluruhannya, tidak banyak kegiatan wisata yang dapat dilakukan di danau ini. Biasanya beberapa besar wisatawan datang ke lokasi ini hanya untuk sebatas bersantai merasakan sejuknya udara khas pegunungan saja.

Selain hal tersebut ada juga yang sengaja datang ke danau ini hanya untuk kebutuhan hunting foto saja.
Sampai tulisan ini ditulis, danau ini bisa dikunjungi kapan saja tanpa perlu membayar tiket masuk sama sekali.

19. BUKIT AADT


Lokasi Objek wisata di Brebes yang unik dan menarik selanjutnya ialah bukit Tukung, dimana tempat ini terkenal dengan sebutannya Yaitu bukit Ada Apa Dengan Tukung (AADT). Hehehe

Bukit tukung ini menawarkan keindahan  panorama utama yang sangat menawan. Disini para wisatawan juga bisa menikmati keindahan ciptaan Tuhan dari beberapa gardu pandang yang sudah tersedia disana.

Untuk anda yang sedang mencari lokasi area spot foto yang instagrammable di Brebes, maka bukit tukung ini ialah salah satu yang perlu anda coba. Lokasinya ialah di: Desa Batursari. Kecamatan-Sirampog. Kabupaten-Brebes, Jawa Tengah.

20. BUKIT BAPER


Kamu orangnya baperan ya??? Ciaaa Hehehe.

Jadi, di Brebes ini juga ada lhoohh yang namanya bukit Baper, Bukit ini Tergolong salah satu destinasi alam wisata teranyar di Brebes yang sangat  kece abis zob. Perpaduan keindahan alama di Brebes berupa pemukiman warga, yang diwarnai dengan aliran sungai, hutan pinus dan juga pemandangan persawahan yang mampu membuat mata anda terbelalak dengan keindahannya.

Jika dilihat Dari ketinggian atas bukit, Bukit Baper Batursari. Maka kamu bisa menikmati kecantikan alam yang paling eksotis dan juga indah. selain itu di dekat bukit ini juga  diselimuti oleh kabut yang cukup tebal. Sehingga Pemandangan yang tersaji di bukit baper ini akan semakin rapi dan cantik.

Untuk anda yang ingin berkunjung ke bukit Baper, sebaiknya datang  pada sore hari saja, tentunya untuk mendapatkan momen terbaik dari ketinggian bukit baper ini. Sebab pada saat sore hri kamu akan melihat dan akan disuguhkan oleh pemandangan sunset sampai city light yang cukup indah, menawan dan juga mempesona.

Untuk lokasi bukit baper yaitu di: desa Batursari. Kecamatan-Sirampog. Kabupaten-Brebes, Jawa Tengah.

21. WISATA CURUG BENTAR


Objek wisata di Brebes yang selanjutnya ialah di curug bentar. Curug alami yang modern ini terletak di desa Bentar, Brebes, Jawa Tengah.

Meskipun namanya curug bentar. Akan tapi anda pasti ingin berlama-lama ditempat ini. Pasalnya di samping mempunyai keindahan alam yang cukup menawan dan memikat. curug ini juga sangat seru untuk di jadikan tempat basah-basahan lhooo... Hehe

Jadi sayang sekali rasanya jikalau anda hanya mampir ke curug bentar ini, syukur-syukur kalau bisa berlama-lama sambil membawa pakaian ganti dan jajanan untuk bersantai.

22. BUKIT BINTANG CAPAR


Objek wisata di Brebes yang unik dan menarik selanjutnya ialah bukit bintang capar yang menawarkan keindahan nuansa alam yang eksotis untuk para wisatawan.

Bukit ini menjadi spot foto paling kece buat anda yang hendak menikmati keindahan alam di Brebes dari atas bukit ini. Apalagi pada saat ada kabut. Dengan adanya kabut yang menyelimuti akan membuat anda seolah-olah sedang dalam di atas awan lhoo..

Destinasi alam yang satu ini sangat kece dan sesuai sekali buat anda untuk di jadikan spot berfoto selfie.

Untuk Lokasinya ialah di desa Capar. Kecamatan-Salem. Kabupaten-Brebes, Jawa Tengah.

23. DADABLANGAN MALAHAYU



Sebelumnya kita sudah membicarakan tentang objek wisata Waduk Malahayu bukan? Nah, tidak jauh dari tempat objek wisata waduk malahayu itu ada objek wisata yang mempunyai nama Bukit Dadablangan Malahayu yang tidak kalah uniknya untuk anda kunjungi.

Objek wisata ini menawarkan keindahan pesona utama berupa jejeran saung/gubuk yang di dirikan dengan konsep tradisional.

Selain hal tersebut ada juga gardu pandang yang bisa digunakan untuk menikmati indahnya pemandangan alam (termasuk salah satunya Waduk Malahayu).

Di hari biasa, Bukit Dadablangan Malahayu ini dibuka setiap hari dari mulai pagi sampai dengan sore hari, dengan biaya tiket masuknya sebesar Rp.5.000 per orang saja.

24.  CURUG RAMBUKASANG


Objek wisata brebes yang menarik selanjutnya ialah Curug rambukasang. curug yang satu ini bisa dikatakan paling tersembunyi dan masih sepi oleh para wisatawan, sebab memang akses untuk menuju ke tempat ini sangat ekstrim dan juga menantang.

Akan tetapi, untuk soal keindahan jangan ditanya deh zob! Sebab, Warga Brebes sendiri masih banyak yang belum tahu dengan eksistensi atau keberadaan dari curug yang kece ini.

Curug Rambukasang ini mempunyai debit air yang cukup deras dan memiliki kolam yang lebar untuk anda bisa berenang.

Di tempat ini, anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang eksotis, dan rapi yang masih alami plus udaranya juga masih segar sampai bisa membuat anda betah berlama-lama disini seraya berendam.

Jadi, buat anda yang ingin berlibur sambil basah-basahan di curug ini. Maka anda bisa menjadikan pilihan yang tepat lhoo zob!

Untuk Lokasinya yaitu beralamat di dekat SDN 02 Desa. Ciseureuh. kec.-Ketanggungan Selatan-Brebes. Jawa-Tengah.

25.  GUNUNG NYAPA


Objek wisata di Brebes yang selanjutnya ialah Gunung Nyapa. Gunung Nyapa ini bertempat di Desa Karangbale. Kecamatan-Larangan. Kabupaten-Brebes. Jawa Tengah.

Gunung ini merupakan salah satu objek wisata baru di wilayah Brebes yang menawarkan keindahan pesona utama berupa pemandangan alam khas wilayah pegunungan dan juga 6 buah goa yakni Goa Macam, Goa Putri, Goa Kelelawar, Goa Kuda, dan juga Goa Antaboga.

Di tempat ini, Anda juga bisa bersantai sembari menikmati dan merasakan sejuknya udara segar khas wilayah pegunungan. Di samping itu, Anda juga bisa berkunjung ke goa–goa yang ada di gunung ini, baik itu untuk sekedar mengisi kegiatan ataupun rasa ingin tahu, maupun untuk berfoto selfie saja.

Untuk hal fasilitasnya, sampai tulisan ini ditulis, fasilitas dari objek wisata yang ada di gunung ini masih termasuk minim. Satu-satunya fasilitas objek wisata yang tersedia hanyalah gubuk singgah yang dapat difungsikan sebagai tempat berteduh saja.

Oh iya,, untuk Anda yang suka dengan berkemah, gunung ini juga sangat pas dan cocok sekali untuk dijadikan sebagai spot berkemah.

26. DANAU BEKO


Objek wisata Danau Beko merupakan salah satu danau buatan yang terbentuk karena sisa-sisa pertambangan oleh alat berat berbentuk beko.

Dulunya telaga ini merupakan salah satu tempat hasil dari proyek perusahaan swasta. Setelah proyeknya selesai, sisa dari hasil kerukanya tersebut ditinggalkan begitu saja.

Nahh, lubang bekas dari kerukan beko itulah lama-kelamaan terisi oleh air dan menjadi danau.

Sedangkan Untuk ukuran danau itu sendiri, luas Danau Beko termasuk paling sempit. Bahkan jika merujuk pada lebar ukurannya, danau ini sebenarnya lebih sesuai dengan sebutan telaga atau waduk kecil.

Hebatnya lagi, meskipun ukurannya yang sempit, danau ini mempunyai pemandangan alam yang cukup spektakuler dan juga indah. Sebab Di danau beko ini ada banyak sekali batu karang putih yang membuatnya menjadi terlihat lebih eksotis.

Di samping itu, kondisi udara di sekitarnya juga cukup masih sangat bersih dan juga segar, sehingga sangat wajar sekali bila danau ini sukses menjadi di antara tempat wisata populer di Brebes.

Sampai tulisaan ini ditulis, Danau Beko ini masih belum dikelola sebagai tempat objek wisata yang resmi. sehingga anda bisa mengunjunginya kapan saja tanpa harus membayar ongkos apapun sama sekali.

27. DESA WISATA CISEUREUH


Bagi Anda yang ingin mengenal lebih dekat sekaligus mempelajari tradisi dari desa ciseureuh Brebes, kita juga bisa berkunjung ke Desa Wisata Ciseureuh ini yang terletak di Lereng Gunung Kumbang. Kecamatan-ketanggungan. Kabupaten Brebes.

Di desa ini, kita juga bisa melihat secara langsung tradisi masyarakat yang paling menarik dan juga unik. Salah satu tradisi tersebut ialah upacara adat “Ngaso” yang dilaksanakan secara rutin setiap  hari selasa kliwon. Upacara ini digelar oleh masyarakat setempat sebagai rasa syukurnya mereka kepada Tuhan atas semua berkah yang sudah mereka dapatkan.

Di samping upacara Ngaso tersebut, di desa ini kita juga dapat melihat hal menarik lainnya seperti di area atap bangunan, dan juga lantai bangunan rumah disekitar desa ini. Sebab, Di desa ciseureuh terdapat tradisi yang tidak mengizinkan masyarakatnya menggunakan atap dari genteng dan tembok serta lantai dari semen ataupun  keramik.

Karena larangan hal tersebut, nyaris seluruh rumah di desa ini dibangun dengan menggunakan atap seng, berupa dinding kayu, dan juga lantai kayu.
Sangat menarik bukan?

Jika kita ingin berkunjung ke desa ini, waktu yang paling terbaik untuk mengunjunginya ialah pada hari selasa kliwon, yakni hari dimana upacara adat “Ngaso” diadakan.

28. CURUG PANYUSUHAN


Lokasi Objek wisata Curug Panyusuhan ini bertempat di Desa Tembongraja dan Windusakti.

Curug ini berbeda dengan curug-curug yang lainnya. Jika curug-curug yang sudah kita kupas sebelumnya hanya mempunyai satu tingkat air terjun saja. akan tetapi di curug ini mempunyai 7 tingkatan air terjun sekaligus.

Di samping itu, curug ini juga menawarkan pesona keindahan utama berupa curug bertingkat. Selain itu, objek wisata ini juga turut menawarkan pesona keindahan yang lainnya berupa area trakking yang cukup menantang.

Pasalnya, untuk bisa sampai ke tempat curug panyusuhan ini, maka pengunjung harus berjalan kaki selama kurang lebih 1,5 jam untuk melewati medan perjalanan yang cukup terjal di tengah-tengah hutan.

Jika anda adalah seorang pecinta kegiatan trakking, curug ini adalah objek wisata yang paling  cocok dan sesuai untuk Anda.

29. PEMANDIAN AIR PANAS CIPANAS BUARAN


Melompat ke Desa Pengebatan. Kecamatan-Bantarkawung. Kabupaten-Brebes. ada satu lagi objek wisata yang  berbentuk pemandian air panas yang tidak kalah uniknya untuk anda kunjungi.

Pemandian air panas ini mempunyai nama Pemandian Air Panas Cipanas Buaran. Sama halnya dengan Pemandian Air Panas Tirta Husada. Pemandian Air Panas Cipanas Buaran ini terletak di tengah area hutan pinus yang cukup rindang. Di tempat ini, Anda juga bisa berendam di air panas sembari menikmati dan merasakan segarnya udara khas wilayah pegunungan.

Air panas di pemandian ini juga mempunyai kandungan belerang yang lumayan tinggi. Berkat kandungan belerang tersebut, air panas di tempat ini dipercayai bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit kulit.

Untuk bisa menikmati fasilitas dari kolam air panas ini, kita tidak usah merogoh uang dalam-dalam. Cukup sediakan saja uang sebesar Rp 5.000. kita sudah bisa berendam di kolam air panas ini sepuasnya.

30. ALUN – ALUN BREBES


Alun-Alun Brebes merupakan salah satu tempat wisata populer di Kota Brebes yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Bahkan Setiap harinya, tempat ini seringkali ramai dan dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya wisatawan lokal untuk sebatas nongkrong dan berkumpul bareng bersama teman dan kerabatnya.

Di sekitarnya tempat alun–alun juga ada berbagai macam pedagang kaki lima yang menjajakan makanan khas Kabupaten Brebes.

Di samping itu, ada juga tugu kebanggaan Kabupaten Brebes yang dapat dimanfaatkan sebagai latar belakang untuk berfoto selfie.

Alun-Alun Brebes ini terletak di pusat Kabupaten Brebes. Berstatus sebagai fasilitas umum, dan lokasi ini bisa anda kunjungi kapan saja.

31. MASJID AGUNG BREBES


Masjid Agung Brebes mrupakan salah satu masjid tertua di Kabupaten Brebes.

Menurut daftar sejarah, masjid ini mulai didirikan tepatnya pada Tahun 1836 silam, di masa pemerintahan Kyai Sura yang pada saat itu berstatus sebagai Bupati Kabupaten Brebes.

Saat pertama kali didirikan, Masjid Agung Brebes ini di bangun dengan memakai gaya arsitektur khas Jawa Kuno. Ciri-cirinya juga sangat menonjol pada bagian kubahnya yang tidak berbentuk bundar melainkan  berbentuk limas segi empat.

Belakangan ini, setelah mengalami pemugaran dan juga renovasi beberapa kali, masjid ini tidak lagi mengangkat konsep arsitektur khas Jawa. Meskipun begitu, bentuknya tergolong cukup indah dan sedikit berbeda dengan berbagai bentuk masjid yang lainnya. Sebab, Jika kebanyakan dari bangunan masjid lainnya dilengkapi dengan satu kubah dan dua menara, tetapi pada masjid Agung ini justeru sebaliknya, yakni hanya dilengkapi dengan dua kubah dan satu menara.

Lokasi Masjid Agung Brebes ini terdapat di pusat Kota Brebes, tepatnya di sebelah bagian barat Alun-Alun Kota Brebes.

Masjid ini Berstatus sebagai lokasi dan tempat ibadah, masjid ini juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang mampir ke pusat kota brebes, dan bisa juga anda kunjungi kapan saja.

32. PABRIK GULA JATIBARANG (PG)


Jatibarang bisa anda jadikan sebagai tempat tujuan liburan di kota Brebes selanjutnya. Pabrik gula yang ini telah berusia lebih dari 175 tahun.

Tempat ini juga cukup eksotis dan rapi untuk dijadikan sebagai lokasi dan tempat berfoto selfie.

Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang/background kereta pengangkut gula atau bangunan yang instagrammable, khususnya untuk anda yang gemar dengan nuansa vintage.

Pabrik gula yang telah lama berdiri ini pada saat masa penjajahan Belanda masih tetap eksis sampai saat ini. Yang menariknya lagi ialah banyaknya spot asyik dan menarik untuk dijadikan background foto selfie anda.

Untuk Lokasinya ialah di: Jalan Raya Jatibarang – Slawi. Kecamatan Jatibarang. Kabupaten Brebes. Provinsi Jawa Tengah.

33. TAMAN JUANG 45 BREBES


Kota Brebes saat ini mempunyai banyak sekali wahana taman bermain, salah satunya ialah taman juang 45 yang sampai saat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk bersantai.

Taman juang 45 ini terletak di Kota Baru Brebes. Taman ini juga memiliki ukuran yang cukup luas dan nyaman untuk nongkrong, dan juga banyak macam taman bermain untuk anak-anak, sehingga tempat ini sangat sesuai sekali buat anda yang ingin mengajak anak untuk Bermain Di Taman Juang 45 Kota Baru Brebes.

Jika anda ingin bermain di taman juang 45 ini sebaiknya pada sore hari saja, sebab, akan banyak sekali arena permainan yang membuat anak-anak senang dan terhibur.

Lokasi Taman Monumen juang 45 ini terletak di kelurahan Kota Baru, Kec. Brebes Kabupaten Brebes.

Untuk alamatnya yaitu berada di Jalan Cendana, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

34. Taman Edukasi Gandasuli


Objek wisata taman yang tak kalah menariknya ialah Taman Edukasi yang terletak di Gandasuli brebes.

Taman ini cukup ramai dikunjungi untuk bersantai dan nongkrong bersama teman-teman.
Kalau saya pulang sehabis kuliah pasti nongkrong di tempat ini untuk bercengkrama bersama teman-teman sambil meluangkan waktu untuk bersantai.

Untuk lokasinya ialah di desa gandasuli kecamatan brebes, kabupaten Brebes-jawa tengah.


Nah itulah beberapa tempat objek wisata yang ada di brebes yang perlu anda kunjungi. Jika ada nama Objek Wisata yang belum tercantum, sekiranya anda mau memberikan informasi dikolom komentar bawah.

Semoga bermanfaat.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2