√ 8 Bahaya Bermain Handphone Sambil Tiduran, Bisa Berakibat Fatal

Bermain handphone pada zaman sekarang ini, mungkin sudah menjadi kebiasaan dari kebanyakan orang, misalnya seperti sambil berjalan, berdiri, bahkan seringkali dilakukan pada saat tiduran.

Sebenarnya kegiatan bermain handphone sambil tiduran sangat berpotensi berbahaya dan bisa menimbulkan dampak yang cukup serius pada kesehatan tubuh dan mata anda.


8 Bahaya Bermain Hp Sambil Tiduran
Dibawah ini akan saya jelaskan 8 efek berbahaya bagi kesehatan anda ketika bermain handphone sambil berbaring atau tiduran.

1. Terkena Paparan sinar blue light dan Radiasi
Mata yang lelah dan dalam posisi tidur akan menjadikan sinar blue light lebih mudah menimbulkan efek negatif dan juga bisa mempengaruhi sistem kerja saraf secara langsung, apalagi jika dalam keadaan lampu gelap dan hanya sinar handphone saja yang menyala maka jauh lebih berbahaya lagi dengan kesehatan mata anda secara langsung.

2. Bisa menimbulkan kebutaan
Dimuat dalam new england journal of medicine telah menegaskan bahwa bermain handphone dalam posisi berbaring atau tiduran bisa menimbulkan resiko transient smartphones blindless yang cukup serius.

Transient smartphone blindless merupakan sindrom yang memiliki potensi mata tidak bisa melihat sesaat setelah melihat dan focus dengan cahaya layar smartphone dalam waktu yang lama, sehingga pada saat anda menengok kekiri atau ke kanan bisa mengakibatkan mata menjadi gelap sesaat.

Jika hal ini dilakukan secara terus menerus bisa mengakibatkan dampak buruk pada kesehatan mata anda.

3. Kanker Mata
Bermain handphone atau smartphone dalam kondisi berbaring/tiduran memang dirasa sangat cukup nyaman, bahkan banyak orang yang lebih suka bermain handphone sambil tiduran.

Tahukah anda? 
Ternyata kebiasaan tersebut bisa menyebabkan mata menjadi merah dan mengalami peradangan yang serius pada bagian kelopak mata anda. Jika hal ini sering dilakukan, maka mata bisa mengalami sedikit nyeri dan bisa menjadi lebih parah apabila terus dilakukan.

4. Mata menjadi mudah lelah
Kebiasaan bermain handphone juga bisa berpotensi mata menjadi cepat lelah, bahkan dalam study pernah mengatakan jika bermain handphone dalam keadaan berbaring bisa menyebabkan mata mudah lelah dan pandangan menjadi lebih buruk.

5. Berpotensi Katarak
Ilmuan telah menegaskan jika bermain handphone dalam keadaan tiduran bisa meningkatkan resiko katarak pada bagian mata, sebab pencahayaan yang tidak diterima baik oleh sistem syaraf mata, sehingga bisa menimbulkan pegal dan cukup berbahaya bagi kesehatan mata anda jika berlangsung lama.

6. Potensi insomnia
Pada saat malam hari banyak dari kita yang lebih suka bermain handphone sambil tiduran karena kita merasa nyaman bermain dalam kondisi berbaring, ternyata kita tidak pernah memperhatikan kesehatan mata untuk istirahat dalam kondisi seperti ini.

Selain itu, Banyak juga dari kita yang bermain handphone dimalam hari yang mampu menghabiskan waktu sampai berjam-jam didepan layar handphone. Sudah jelas hal ini bisa mengakibatkan kinerja mata dan kesehatan akan semakin terganggu.

7. Kualitas Tidur menjadi Buruk
Percaya tidak, pada saat kita bermain handphone dimalam hari membuat kualitas tidur menjadi lebih Buruk. Sebab, karena pengaruh dari insomnia yang terus menerus bermain handphone pada saat malam hari membuat tidur menjadi berkurang. Efeknya kesehatan akan terus menurun dan juga mudah lelah.

Idealnya tidur adalah 8 jam sampai dengan 9 jam setiap harinya, namun ketika anda sering melakukan main handphone dalam keadaan berbaring/tiduran dimalam hari, maka bisa menyebabkan insomnia dan kualitas tidur yang buruk.

Secara tidak langsung jika hal ini terus dilakukan akan mengganggu kesehatan dan juga menurunya kondisi badan.

8. Mata Menjadi Mudah Nyeri dan memerah
Kebiasaan main handphone dengan tiduran juga bisa mengakibatkan mata menjadi mudah nyeri, bahkan bisa menimbulkan sakit mata yang serius dan menjadi minus.

Jika tidak dihentikan maka bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan mata anda.

Itulah 8 efek buruk dan bahaya yang bisa mengganggu kesehatan anda.
Semoga informasi ini bermanfaat.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2