√ 14 Dampak Buruk Jika Anak Keseringan Bermain Handphone / Smartphone

Bahaya dan dampak Buruk Handphone atau Smartphone Bagi anak-anak sebenarnya cukup banyak, bahkan penyebab dan dampak ini sangat Riskan jika Bunda membiarkannya begitu saja.

Namun sayangnya, Para bunda tidak mengetahui dampak buruk dan bahaya yang disebabkan oleh Handphone atau smartphone tersebut. Mungkin karena rasa sayangnya pada anak hingga memberikan Handphone yang seharusnya belum saatnya untuk diberikan.

Ada juga Bunda yang memberikan handphone pada anak karena dianggapnya sudah trends dan terbilang sudah cukup umum. namun tahukah bunda? Apa saja dampak buruk yang akan diterima oleh si kecil?


Dampak Buruk Anak Keseringan Bermain Handphone (HP)

Dibawah ini ada 14 dampak buruk yang akan terjadi  pada anak-anak jika keseringan bermain handphone, yaitu :

1. Gangguan Pada Mata
Dampak buruk yang pertama dari smartphone ialah bisa menyebabkan Gangguan mata pada anak.

Seringnya menatap layar Handphone membuat anak bunda lebih cenderung fokus pada penglihatan layar. Hal ini bisa menyebabkan mata anak menjadi kering, bahkan penglihatan mata anak menjadi terlihat Buram.

Dampak yang sering terjadi pada anak ialah akan mengalami sakit mata, bahkan mata minus di usia dini.

2. Terkena Radiasi
Telpon seluler, handphone ataupun teknologi lainya memiliki radiasi yang bisa membahayakan kesehatan dan juga pada perkembangan anak.

Anak-anak yang suka bermain dengan gadget/handphone bisa terkena oleh dampak radiasi yang dikeluarkan oleh Handpone tersebut, sehingga akan menyebabkan perkembangan dan pertumbuhannya menjadi terhambat.

3. Perilaku Menjadi Agresif
Perlu bunda ketahui, ponsel sekarang sudah di berikan fitur dan kecanggihan berupa media sosial dan juga Game yang bisa di tonton maupun di mainkan oleh anak-anak. Bahkan Game ataupun media sosial sekarang sudah bagian dari aktifitas orang untuk membagikan suatu kejadian.

Apa jadinya jika Game yang dimainkan oleh anak bunda adalah Game perang? Action ? Bahkan perilaku pertarungan??
Maka dalam hal ini bisa menjadikan perilaku anak bunda bisa bersikap menjadi agresif.

Selain itu, media sosial sekarang ataupun media internet sudah menyuguhkan berbagai macam tontonan yang tidak pantas dan belum saatnya anak usia dini untuk melihatnya.

Jika semua hal ini terjadi, Maka sudah dipastikan perilaku anak bunda akan menjadi nakal, agresif dan bandel karena disebabkan pengaruh dari bermain game handphone ataupun media sosial.

4. Menjadi susah tidur
Smartphone, ataupun Gadget semuanya menggunakan Sinar blue light yang menyerupai sinar pada siang hari.

Jika bunda Membiarkan anak-anak yang terlalu sering bermain handphone, maka bisa menyebabkan anak bunda menjadi susah untuk tidur karena disebabkan oleh sinar blue light yang dihasilkan dari layar smartphone tersebut, dan tentunya sinar tersebut bisa merekayasa kinerja otak anak, serta dampaknya bisa membingungkan fungsi otak karena sinar yang dikirimkan oleh handphone ke syaraf otak.

5. Menjadi Kurang Gerak
Masa-masa anak yang wajar dan umum ialah suka bermain dengan anak-anak lainya dilapangan, berlari, bernyanyi bahkan aktifitas gerak yang lainnya.

Namun apa jadinya jika anak bunda yang terus menerus fokus dengan handphone-nya?,
maka hal ini bisa dipastikan jika anak bunda akan kehilangan gerak dan juga kegembiraan dimasa kecilnya. Bahkan dampak dari handphone ini bisa menjadikan perkembangan anak menjadi terhambat karena kurangnya aktifitas bergerak.
.
6. Nyeri dan mudah sakit
Anak-anak yang sering fokus dengan handphone-Nya seringkali bagian tubuh akan mudah sakit, seperti bagian bahu, tangan, pergelangan tangan, leher, punggung dan jari-jarinya.

Oleh sebab itu, anak akan mudah sekali untuk rewel dan menangis karena bagian tersebut merasa tidak enak atau nyeri karena disebabkan aktifitas bermain handphone.

7. Konsentrasi jadi Pendek
Anak-anak yang seringkali bermain handphone ternyata bisa berdampak buruk pada daya konsentrasinya menjadi pendek. Seperti Tidak bisa fokus dengan belajar, tidak bisa mengingat mata pelajaran yang sudah diajarkan di sekolah.

Apalagi jika dalam masa pertumbuhanya, dampak buruk handphone bisa mempengaruhi kinerja otak si anak.

8. Sulit bersosialisasi
Anak-anak yang suka bermain handphone juga bisa mempengaruhi kepribadian anak untuk bersosialisasi.

Biasanya anak-anak yang fokus dan suka bermain handphone menjadi suka berdiam diri, atau lebih memilih menyendiri, bahkan dampak buruk ini bisa menjadikan anak kurang mampu bersosialisasi dengan sekitarnya. Selain itu bisa menyebabkan anak menjadi egois dan cuek terhadap lingkungan.


9. Bisa menyebabkan Gangguan Kejiwaan dan Mental
mungkin bunda tidak percaya jika anak-anak yang masih berusia dini bisa mengalami gangguan kejiwaan.

Perlu diperhatikan, sejumlah study telah menyimpulkan bahwa penggunaan handphone yang berlebihan bisa berpotensi menjadi penyebab tingkat depresi pada anak-anak, daya konsentrasi berkurang, kecemasan yang berlebihan, menjadi autisme, bipolar, serta perilaku bermasalah yang lainnya.

10. Menjadi Pelupa
Anak-anak yang sering bermain handphone cenderung lebih konsentrasi dengan gadgetnya, jika berlebihan maka akan menguras konsentrasi anak pada daya ingatanya. Pada akhirnya anak-anak akan menjadi pelupa dan susah untuk konsentrasi.

11. Pendidikan anak dirumah diabaikan
Orang tua yang sudah kec4nduan/ketergantungan dengan smartphone seringkali perkembangan anak-anak tidak diperhatikan, bahkan orangtua menjadi lebih sibuk dengan gadgetnya sendiri sehingga kasih sayang dan perhatian orangtua ke anak menjadi terbatas, akibatnya anak-anak akan tumbuh menjadi egois, bandel, nakal dan juga sulit diatur.

12. Rasa cemas menjadi berlebihan
Anak-anak yang terbiasa dengan smartphone-nya bisa menjadi anak yang sulit untuk tenang, bahkan menjadikan anak mempunyai perilaku cemas yang berlebihan karena terbiasa melihat berbagai aktifitas gadgetnya selama bermain.

13. Bisa berdampak berkelanjutan
Anak-anak yang sudah terbiasa dengan handphone akan mempunyai dampak yang sangat tinggi, pada usia dewasa nanti perilaku bermain gedget setiap hari bisa dilakukan hingga tidak kenal waktu. Pada akhirnya malas bersosialisasi, egois, mengabaikan lingkungan, malas dll.

14. Mudah Marah dan tersinggung (tempramental)
Dampak terakhir yang sering terjadi dan sangat buruk ialah perilaku anak menjadi tempramental, mudah marah dan tersinggung. Bahkan tidak segan-segan anak-anak akan melakukan diluar nalar. Sebab ia hanya fokus dan tidak peduli dengan lingkungan sosialnya.

Itulah 14 bahaya dan dampak buruk smartphone yang perlu bunda ketahui. Mulai saat ini hindarilah smartphone didepan anak-anak.

mulai saat ini juga, biarkanlah anak-anak berkembang dan tumbuh dengan baik. Bunda bisa mengajarkanya membaca buku, membacakan buku dongeng ataupun mengajarkannya secara langsung tanpa melibatkan handphone/smartphone.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ 14 Dampak Buruk Jika Anak Keseringan Bermain Handphone / Smartphone"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2