√ Alasan Nyamuk suka terbang di atas Telinga Manusia, inilah sebabnya..

Ruangdiary.com - Mungkin anda ingin tahu sekilas tentang nyamuk yang suka terbang diatas telinga, kenapa nyamuk paling suka terbang diatas telinga?

Nyamuk memang seringkali terlihat suka terbang di bagian tubuh disekitar telinga. Bagian ini memang dinilai lebih panas jika dibandingkan dengan bagian tubuh yang lainnya, sehingga keadaan ini sangat disukai oleh kawanan nyamuk.

Pada Bagian telinga mempunyai suhu yang hampir mendekati dengan suhu inti tubuh, dan nyamuk mendeteksi suhu panas tersebut, sehingga nyamuk tertarik dengan suhu panas disekitar telinga.


Telinga adalah salah satu panca indra manusia yang berfungsi sebagai mendengarkan suara yang berasal dari luar tubuh. Bagian ini akan terus bekerja bahkan ketika kita tidur, namun pada saat sedang tidur, otak mematikan suara itu, sehingga anda tidak mendengar suara-suara yang dihasilkan oleh nyamuk.

Berikut ini beberapa fakta tentang telinga yang harus anda ketahui.

Fakta Menarik Tentang Telinga Yang Jarang Diketahui

1. Telinga merupakan bagian yang paling mandiri.
pada bagian telinga ini bisa membersihkan dirinya sendiri jika ada benda-benda asing yang masuk ke dalam bagian telinga.

sebab, bagian Telinga mempunyai pori-pori yang bisa menghasilkan cerumen (ear wax). Sedangkan rambut-rambut kecil yang berada didalam telinga berfungsi untuk mendorong benda asing yang masuk ke saluran (drainase) telinga.

2. Ternyata telinga memiliki fungsi yang lain di samping sebagai alat pendengaran.
Bagian ini berfungsi sebagai penyeimbang tubuh. Mengapa hal demikian?
sebab, bagian telinga mempunyai semicircular canals yang bisa menghasilkan cairan dan yang biasa dinamakan dengan endolymph.

Cairan ini berfungsi untuk menentukan arah rotasi, akselerasi, dan juga gerakan kepala. Makanya anda akan merasakan pusing jika berputar sangat cepat meskipun hanya dalam beberapa menit saja. Pasalnya pada saat berputar tersebut, fungsi dari cairan endolymph sedang terganggu.

3. Ketika anda tidur, telinga anda masih tetap bisa mendengarkan suara.
namun Sayangnya otak telah mematikan suara yang dihasilkan dari luar ketika anda sedang tidur. Hal ini tentu merupakan keuntungan, bayangkan saja jika kita telah lelah dan hendak tidur tetapi masih harus terganggu dengan suara-suara malam disekitar kita.

4. Suara yang bisa menyebabkan gangguan telinga atau yang disebut noise-induced hearing loss (NIHL).
ialah suara yang sangat keras hingga bisa mencapai 85 desibel atau lebih tinggi. Padahal manusia normalnya hanya mampu mendengar suara sekitar 60 desibel saja. Angka itulah yang seringkali terjadi ketika kita sedang berbincang-bincang.

5. Ternyata rambut cambang di dalam telinga tidak bisa tumbuh kembali jika sudah rusak.
Bagian rambut ini sangat bermanfaat untuk mendeteksi gelombang suara dan mengantarkan sinyalnya ke saraf dan juga sangat penting manfaatnya untuk pendengaran.

6. Pernahkah anda mengalami sensasi seperti suara mendenging pada saat anda sedang dalam ketinggian?
Yups suara mendenging  tersebut adalah efek dari tabung eustachio tidak bisa menjaga ekuilibrium tekanan tubuh.

Tabung eustachio sendiri adalah suatu saluran yang menghubungkan rongga telinga tengah dengan nasofaring.

7. Anda tentunya pernah merasakan bahwa telinga anda berbunyi “pop” saat kamu sedang menguap?
perlu diketahui, Saat kamu menguap, tabung Eustachio tersingkap terbuka untuk menstabilkan desakan dari telinga bagian tengah dengan tekanan udara dari luar.

nah itulah beberapa penjelasan terkait fakta tentang telinga..
semoga bermanfaat..

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Alasan Nyamuk suka terbang di atas Telinga Manusia, inilah sebabnya.."

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2