√ 9 Fakta unik Tentang Kerokan Pada Saat Anda Masuk Angin

Kerokan ialah salah satu cara metode yang sering dilakukan oleh orang dulu hingga sampai saat ini, untuk menyembuhkan gejala masuk angin pada tubuh manusia.

kerokan juga dipercaya untuk menyegarkan tubuh disaat usai perjalanan jauh yang menggunakan kendaraan bermotor.

tidak heran, jika orang dulu sering menggunakan metode penyembuhan masuk angin dengan cara kerokan. karena obat pada masa dulu masih sangat alami.

orang pada saat dulu juga sering menggunakan kerokan dengan menggunakan bawang merah, yang di gosok-gosokan pada badan seseorang yang mengalami gejala masuk angin.


apa saja fakta tentang kerokan tersebut?
berikut dibawah ini akan saya bahas terkait fakta unik tentang kerokan yang harus kamu ketahui:

Fakta Menarik Tentang Kerokan Ketika Anda Masuk Angin

1. Kerokan bukti nyata teori dari Einsten
Anda tentu sudah tahukan tentang rumus relativitas Albert Einsten yang sangat terkenal dengan rumus E=MC2 ?

Yups, sebenaranya kerokan tidak berbeda jauh dengan mempraktekan rumus ini, yaitu energi yang dimunculkan dari gesekan-gesekan diantara dua permukaan benda tersebut.

Sama halnya pada saat anda sedang kerokan, maka anda akan menggosokan uang logam berulang-ulang, sehingga akan menimbulkan energi panas ketika dirasakan.

Meskipun tradisi kerokan adalah tradisi dari nenek moyang, ternyata kegiatan ini merupakan suatu cara yang dapat menghangatkan tubuh manusia pada saat masuk angin.

2. Sebenarnya kerokan tidak bisa mengusir masuk angin
Banyak orang yang menganggap bahwa kerokan bisa mengusir masuk angin, Padahal fakta yang sebenarnya angin udara atau angin tersebut hanya membuat pembuluh darah pada kulit menjadi menyempit sehingga otot kekurangan oksigen dan tidak ada udara yang masuk.

Nahh, otot yang tidak bernafas inilah yang mengakibatkan rasa nyeri otot (mialga) dan pegal-pegal yang biasa dirasakan sebagai gejala masuk angin.

Jadi sebenarnya kegiatan kerokan dengan menggesekan uang logam ini hanya bermanfaat untuk memperlebar pembuluh darah yang menyempit.

3. Bekas merah pekat sehabis kerokan tidak berarti sakitmu itu parah
percakapan orang pada saat kerokan yang sering dikatakan:
"Tuh kan merah banget ni, untung cepet dikerokin, bila enggak tentu tambah parah,"

mungkin anda sering mendengar perkataan seperti komentar tersebut pas ngerokin terus warnanya merah banget. Padahal warna merah yang pekat ini tidak disebabkan karena penyakitnya semakin parah. akan tetapi bekas merah tersebut adalah jejak pembuluh darah yang terbuka atau pecah seiring gesekan koin tersebut. sehingga pada bagian yang dikerok tersebut akan terisi dengan aliran darah yang sebelumnya tertutup.

4. Biasanya agar cepat sembuh, seluruh bagian dikeroki, padahal itu tidak perlu
Biasanya kalau ingin cepat sembuh, kebanyakan orang-orang akan mengerok seluruh bagian tubuhnya. sebenaranya Itu gak perlu, pasalnya kerokan idealnya hanya dilakukan di punggung saja. pada bagian inilah pusat syaraf terpadu dengan pembuluh darah yang sangat panjang dan menyebar kemana-mana.

5. Kerokan Layaknya yang Bikin Tenang dan juga Menyegarkan.
Kerokan Itu Memicu Peningkatan Produksi beta endorfn dalam Tubuh. di samping untuk melancarkan aliran darah yang bisa mengurangi nyeri otot dan juga pegal-pegal, kerokan ternyata juga bisa membuat anda tenang dan juga segar.

Ini disebabkan karena adanya 'beta endorfn' yang diProduksi oleh hormon ini ditata oleh jaringan endotel, yakni bagian yang terdalam dari pembuluh darah kita.

Tekanan yang dihasilkan oleh gerakan kerokan tersebut ternyata bisa mencapai pada jaringan itu, sehingga buatan beta endorfn dalam tubuh anda menjadi meningkat.

Konsep ini tak jauh berbeda ketika anda sedang dipijat. Maka dari itu banyak orang yang merasa  ketagihan dengan rasa tenang dan segar sesudah dipijat atau dikerok.

Tapi ingat, jika melakukannya secara berlebihan maka itu bisa jadi buruk. Jadi walaupun kerokan tersebut tidak berbahaya, tapi jika berlebihan akan membuat pori pori semakin melebar.

6. Sebenarnya kesembuhan dari cara kerokan tergantung pada kepercayaan masing-masing
Sebelumnya sudah dibahas pada poin pertama mengapa kerokan bisa menghangatkan, yaitu untuk meminimalisir pegal-pegal, menenangkan, dan juga menyegarkan, namun apakah kerokan benar-benar bisa menyembuhkan masuk angin? Lagi-lagi hal tersebut tergantung definisimu atas gejala dari masuk angin tersebut.

Tapi secara umum, kerokan tersebut memang bisa meningkatkan kekebalan tubuh lhoo. Pelebaran atau pembesaran diameter pembuluh darah sebagai dampak dari kerokan secara tidak langsung juga menyediakan ruang lebih untuk pergerakan sel darah putih yang adalah agen kekebalan tubuh utama.

Nah, sel-sel darah putih inilah jadi semakin reaktif untuk menjaga tubuh kita pada saat ribuan ujung pembuluh darah tepi pecah layaknya terbentur atau dipukul.
Pecahnya pembuluh darah pada tepi yang juga bisa disebut dengan peradangan ini juga memicu reaksi zat anti-peradangan yang dinamakan dengan 'cytokines'.

Nah ilusi seolah-olah tubuh anda terserang radang dan terluka dalam kerokan tersebut ternyata merangsang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda sendiri.

7. Walaupun Kerokan Pada Dasarnya Tergolong Aman, Tapi Khusus  Ibu-Ibu Hamil Kerokan Bisa Menyebabkan Kelahiran Prematur.
Banyak juga orang yang meragukan tentang keabsahan dari kerokan tersebut, sebab masih meragukan manfaatnya dan rasa khawatir dengan banyaknya efek samping negatif yang secara medis malah membahayakan.

namun apakah benar jika kerokan malah bisa membahayakan kesehatan? Kekhawatiran seringkali terpusat antara penipisan kulit, peradangan, dan juga masuknya bakteri pada saat pori-pori kulit terbuka.

Disamping hal tersebut belum benar-benar terbukti secara ilmiah, daya regenarasi kulit manusia yang cukup cepat menjadikan ketakutan ini tidak begitu signifikan. Asalkan tidak berlebihan atau ketagihan, sebab kerokan tidak akan membahayakan kesehatanmu.

namun khusus untuk ibu-ibu hamil, kerokan itu bisa jadi berbahaya. Tidak secara langsung menakut-nakuti ibu atau janin, tapi memicu kelahiran prematur.
Zat anti-peradangan ‘cytokines‘ yang pada tubuh orang biasa menambah kekebalan tubuh, pada ibu hamil malah akan mengakibatkan munculnya zat ‘prostaglandin’. Zat ini dapat memicu kontraksi dini pada kehamilan sehingga beresiko mengakibatkan kelahiran prematur.

Maka dari itu, ibu-ibu hamil harus menghindari kerokan tersebut.

8. Ternyata Tidak Hanya di Indonesia saja loh, kerokan juga sudah menyebar ke negera-negara lain
Menggesekkan koin ke permukaan kulit secara berulang kali untuk ‘mengusir angin’ bukanlah cara penyembuhan tradisional yang hanya ada di Indonesia.

Jika di Indonesia koin yang sering digunakan untuk kerokan ialah uang logam, namun di negara-negara lain seperti Cina, Vietnam, Kamboja, atau Laos koin yang dipakai cukup berbeda-beda.

Kerokan ala Cina yang dinamakan ‘gua sha‘ dengan cara memakai sejenis batu giok dan minyak untuk menghindari iritasi kulit. Walaupun jenis koin dan juga minyak yang dipakai untuk mengerok punggung berbeda-beda, akan tetapi uniknya kearifan lokal yang mengilhami praktik penyembuhan tradisional tersebut justru serupa dengan di negara indonesia.

Seperti halnya ‘gua sha‘, kerokan di Vietnam yang dinamakan dengan ‘cao gio’ ternyata dengan kata lain juga ‘mengusir’ atau menggeser angin.

Di beberapa kebudayaan Timur ini tampaknya angin melambangkan kejelekan atau kesakitan yang harus dihilangkan. Jadi mungkin ‘masuk angin’ atau ‘mengusir angin’ tersebut sebenarnya lebih banyak dengan nilai kebudayaan jika dibandingkan dengan benar-benar berarti angin dalam tubuh. 

9. Kerokan memang belum terbukti secara empiris dapat menyembuhkan secara medis, akan tetapi tradisi ini patut dijaga mengingat sudah dilakukan sejak beribu-ribu tahun yang lalu.
Budaya kerokan yang sekarang sudah mulai hilang di kalangan anak muda sebenarnya tetap perlu dilestrikan.
Penelitian ilmiah pasti saja menjadi di antara jembatan untuk meluruskan kesalahpahaman dan mitos yang tidak benar mengenai kerokan.

Ya meskipun anda yang saat ini membaca tulisan ini tidak percaya dengan khasiat kerokan,akan  tetapi tidak serta-merta tidak peduli dengan kekayaan tradisi Indonesia yang satu ini.

Mana tau jika ada riset ilmiah, kerokan bisa jadi salah satu di antara pengobatan pilihan yang mendunia.

semoga informasi ini bermanfaat.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ 9 Fakta unik Tentang Kerokan Pada Saat Anda Masuk Angin"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2