√ 7 Tanda Jika Tubuhmu ingin di perhatikan

Ruangdiary.com - Usia yang masih muda, membuat anda menjadi berfikir bahwa tubuh anda harus jauh dari kata sakit. Gejala-gejala sakit yang seringkali terjadi sering diabaikan ialah karena anda menganggap masih dalam batas wajar. Namun bagaimana jika gejala tersebut menjadi tanda bahwa anda sedang menderita suatu penyakit tertentu dan bisa diobati semenjak dini. Bukankah masa muda menjadi saat yang tepat untuk menjaga tubuh supaya sehat dimasa tua nanti.

Kalimat “lebih baik mencegah daripada mengobati” lebih sering diabaikan pada saat tubuh masih sehat. Kita sering lupa untuk menjaga kesehatan tubuh sendiri, dan juga mengabaikan olahraga, kurang  minum air putih, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, dan juga masih banyak lagi kegiatan yang merusak tubuh lainnya.

Kalau belum terkena suatu penyakit, maka kita sering lalai untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan sesudah sembuh dari sakit, anda sering kembali melakukan rutinitas untuk mengabaikan kesehatan tubuh sampai akhirnya sakit lagi.

Kondisi tubuh yang prima sebenarnya tidak hanya di perlihatkan saat kita terbaring lemah. Tubuh terkadang memberikan peringatan bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan anda.


Berikut dibawah ini 7 Gejala Bahwa Tubuhmu Tidak Sehat untuk mendeteksi ada yang salah atau tidak dengan kesehatan tubuh.

1. Tubuhmu bukan tambah tinggi, justeru malah membungkuk 
Pernahkah anda mendengar dengan kata orang yang mengalami penurunan tinggi badan ? atau anda pernah mengalaminya sendiri?

Jika pada bulan kemarin tinggi badannya 167 cm, enam bulan kemudian tingginya menurun menjadi 163 cm. Padahal sejatinya manusia semakin tinggi dan bukan semakin memendek.

Benar bahwa tubuh manusia tidak menjadi memendek. akan tetapi Menurunnya tinggi badan ini ditandai karena tubuh anda mulai membungkuk. Hal ini adalah tanda-tanda bahwa tulang mengalami pengeroposan ringan.

Jika mengalami gangguan ini, rutinlah untuk mengkonsumsi susu berkalsium tinggi dan makanan yang banyak mengandung vitamin D. Di samping untuk mengkonsumsi makanan, anda juga harus melengkapinya dengan olahraga supaya kekuatan tulang dapat terjaga dan postur tubuh bisa kembali seperti semula dan tidak membungkuk.

2. Perut dan pinggang dikelilingi oleh lemak, awas anda rentan terkena penyakit jantung 
Biasanya pada saat tingkat nasfsu makan menjadi meningkat, maka akan sangat berpengaruh terhadap penambahan berat badan.

Bagian tubuh yang biasa menjadi timbunan lemaknya ialah pada bagian perut dan juga pinggang. Hal ini dianggap sepele oleh banyak kalangan, padahal situasi ini perlu anda khawatirkan.
.
Perut buncit dan lemak di pinggang tidak bisa kita abaikan sebagai suatu hal yang wajar, sebab kita memang sedang nafsu makan. Hal Ini justru tanda bahwa anda rentan terhadap penyakit jantung.

Untuk mencegah hal tersebut anda harus menerapkan pola hidup sehat dengan mengurangi makanan tinggi lemak, perbanyak minum air putih, meminimalisir konsumsi gula, dan tentunya harus olahraga secara rutin.

3. Urinmu Berubah Menjadi Lebih Gelap
Jika urin anda berubah menjadi warna yang lebih gelap, hal ini pertanda bahwa anda sedang mengalami dehidrasi.

Urin sebenarnya memiliki banyak warna, dan juga warna urin tergantung bagaimana kesehatan tubuh anda sendiri.

Urin yang normal ialah berwarna kuning pucat dan juga transparan, Warna ini hanya bisa anda dapatkan pada saat anda minum air putih sebanyak 8 gelas perhari. Apabila kurang dari itu, maka urinmu akan mempunyai warna kuning yang gelap sampai hampir coklat.

Untuk itu, biasakanlah meminum air putih sebanyak 8 gelas per-harinya. Tanamkanlah bahwa meminum air putih tidak hanya untuk menghilangkan dahaga saat panas saja, namun dibutuhkan tubuh agar lebih sehat dan juga seimbang.

4. Badan Terasa Lelah Ketika Bangun Pagi 
Jika anda merasa lelah pada saat bangun pagi, maka harus ada yang anda ubah dari pola istirahat anda.

seharusnya pada saat tubuh anda setelah beristirahat menjadi kembali fit, dan bukan justeru menjadi lelah. Hal ini bukan tanpa alasan, banyak hal-hal yang bisa menyebabkan anda menjadi lelah pada saat bangun tidur diantaranya ialah sedang stres, banyak beban fikiran, pola hidup yang buruk, atau terlalu banyak begadang.

Untuk menghindari hal ini, usahakanlah untuk banyak selalu berfikir positif dan pola hidup sehat. Setiap fikiran negatif muncul, maka hiruplah nafas panjang, tahan dan lepaskan. Ingat untuk selalu berolahraga dan menjaga jadwal tidurmu.

5. Mendengkur ialah gangguan kesehatan 
Mungkin anda sering berfikir bahwa mendengkur ialah sebuah kebiasaan atau tanda bahwa tidur orang yang mendengkur paling nyenyak.

Padahal mendengkur adalah suatu gangguan kesehatan yang menjadi tanda-tanda awal anda menderita sleep apnea, yakni gangguan tidur yang ditandai dengan tersumbatnya saluran pada pernafasan.

Ini sangat riskan sekali karena jika dibiarkan begitu saja justru akan menambah resiko hipertensi pulmonal dan juga gagal jantung.

Tetapi anda masih tetap bisa mencegah gangguan ini, Salah satunya yaitu rajin berolahraga, kurangi kebiasaan mer0kok dan tidurlah secara miring ke kanan. Dengan cara tersebut maka pernafasan akan jauh lebih lancar.

6. Kulit jadi lebih kasar dan juga sering berjerawat 
Kulit anda jadi lebih kasar?, terasa lebih kering?, bersisik?, sampai muncul jerawat yang tidak terkontrol?.

Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, sebab hal ini merupakan suatu tanda bahwa ada yang salah dengan sistem saraf yang sedang berada pada kondisi respon stres.

untuk menghindarinya, usahakanlah untuk lebih tenang pada saat menghadapi permasalahan, sebab Cara ini akan membuat sistem saraf lebih relaks.

7. Sering Merasa Cemas Tanpa Sebab 
Jangan anggap ini suatu hal manusiawi dan membiarkannya begitu saja. akan tetapi Ini adalah suatu tanda bahwa ada yang salah dengan tubuh kita.

Berdasarkan keterangan dari Dr. Lissa Rankin dalam bukunya Mind Over Medicine menjelaskan, kegelisahan merupakan perasaan dalam fikiran yang dapat menerjemahkan kondisi badan tubuhmu sebenarnya, Bisa berupa stres berat ataupun tanda awal penyakit jantung.

Tidak hanya itu saja, kegelisahan atau kecemasan yang berlebihan didapatkan dari ketidakseimbangan hormon, hipertioidissme, dan juga tummor adrennal.

Untuk mengatasinya, mari kita memulai semua hal dengan santai dan perlu dengan persiapan. Tidak usah mencemaskan bagaimana masa yang akan datang nanti, namun berbuat baiklah hari ini dengan sebaik-baiknya.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2