√ 5 Alat Komunikasi JaduL Yang Telah Di Lupakan

Teknologi komunikasi pada saat ini sangat berkembang pesat dari waktu ke waktu.

Alat komunikasi yang diciptakan untuk mempermudah manusia, membuat beberapa alat komunikasi dulu lebih cepat dilupakan, sebab untuk mempermudah diakses dan juga lebih efisien.

Inilah yang membuat beberapa alat komunikasi yang dulu pernah populer namun sekarang telah hilang ditelan oleh zaman. Beberapa perangkat komunikasi inilah dahulunya paling berjasa membantu proses komunikasi manusia. Namun sekarang keberadaanya telah dilupakan, dan bahkan susah untuk ditemukan.

Alat Komunikasi Jadul Yang Telah Di Lupakan

1. Telegram 



Telegram adalah salah satu alat komunikasi untuk mengantarkan pesan yang mengandung kode-kode. Pesan yang berupa kode ini harus ditransmisikan dengan suatu alat yang dinamakan dengan telegraf.

Kode-kode sederhana itu disebut dengan kode Morse, cocok dengan nama penemunya. Walaupun ini sudah tidak dipakai lagi dalam komunikasi sehari-hari, kode morse masih tetap dipakai di dunia pelayaran, militer, dan juga kondisi sulit untuk meminta bantuan

2. Merpati 



Merpati ialah salah satu alat komunikasi yang sudah dipakai pada sejak zaman sejarah, terutama pada saat zaman Romawi kuno. Bangsa ini dahulunya memakai utusan merpati untuk membantu militer mereka semenjak lebih dari 2000 tahun yang lalu.

Burung ini dahulu sangat efektif sebagai utusan penyampai pesan, sebab kemampuan homing alami dari burung merpati.

Untuk bisa mengirim pesan, merpati harus dilatih terlebih dahulu agar bisa menjalankan tugasnya. Pada Saat ini burung merpati telah pensiun menjalankan tugasnya dalam mengantarkan pesan. Mereka sekarang telah di gantikan oleh 'burung biru' alias twitter yang dapat menyampaikan pesan begitu cepat.

3. Pager 



Dahulu memiliki sebuah pager ialah sebuah kebanggaan. Namun perangkat ini semakin menghilang seiring kemunculan handphone.

Pager sebenarnya bukanlah perangkat komunikasi antar dua arah layaknya sms. Untuk bisa mengirim pesan ke tujuan, maka anda harus menghubungi operator, dan harus menyampaikan pesan untuk operator yang akan diteruskan ke nomor pager yang dituju.
Sangat ribet bukan?

Tidak terbayang bagaimana numpuknya kegiatan operator dalam sehari jika semua orang pada saat itu mempunyai pager.

Kehadiran handphone dengan berbagai macam aplikasi untuk mengirimkan pesan membuat pager semakin dilupakan.

4. Telepon Umum 



Saat ini sangat sulit untuk menemukan telepon umum. Padahal dahulu perangkat komunikasi ini adalah salah satu primadona yang sering dipakai untuk berkomunikasi.
Untuk Menggunakannya cukup lumayan murah dengan koin pecahan 50, 100, dan 500 atau memakai kartu telepon magnetik atau chip.

Kini keberadaannya telah digantikan dengan handphone yang pastinya bisa dibawa kemana-mana dan bisa digunakan kapan saja dan dimanapun.

5. Surat Bis



Coba ingat-ingat lagi, kapankah terakhir kali anda membuat surat ucapan selamat, atau menulis surat untuk sahabat?

Mungkin sudah sangat lama, atau bahkan diantara kalian ada yang tidak pernah membuat hal seperti ini.

Saat ini orang lebih memilih mengirimkan surat atau undangan lewat sms, facebook, twitter atau sosial media yang telah berkembang sangat pesat.

Nah jadi ingat lagi kan apa saja alat komunikasi yang dulu pernah kalian gunakan dan yang kini kalian lupakan juga? Saat ini akan sangat sulit menemukan alat-alat di atas, sebab keberadaaannya telah tergantikan. Akankah perangkat komunikasi yang ada saat ini nantinya juga akan tergantikan?

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ 5 Alat Komunikasi JaduL Yang Telah Di Lupakan"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2